Saturday, December 4, 2021

Zoom Ujicoba Iklan untuk Pengguna Gratis

Kopitekno.com – Zoom merupakan salah satu tool digital yang mendapat ‘berkah’ dari kehadiran pandemi. Meski menuai beragam masalah, pengguna Zoom terus bertambah setiap harinya.

Zoom memang menyediakan aplikasi secara gratis. Meski ada opsi berbayar dengan tambahan fitur yang menggiurkan, namun masih banyak penggunanya yang lebih memilih memakai Zoom gratisan.

Oleh karena itu Zoom mulai berpikir untuk memonetisasi pengguna gratis ini dengan memunculkan iklan. Ya, lewat unggahan di blog Zoom pada 1 November kemarin, perusahaan asal Amerika Serikat ini mengumumkannya.

Iklan Zoom

Zoom masih mengujicoba iklan ini untuk pengguna yang memakai Zoom secara gratis. Alasannya adalah demi pengumpulan investasi agar perusahaan mampu menghadirkan platform yang baik bahkan secara gratis.

Peningkatan pengguna Zoom secara eksponen memang disebabkan aplikasi ini menjadi alternatif yang baik pada masa pandemi dari aplikasi sejenis yang sudah mapan.

Video konferensi yang stabil, durasi 40 menit, serta pengaturan yang mudah, bagi pengguna gratis membuat Zoom semakin banyak diminati.

Namun tentu saja itu menuai koneskuensi yang berat. Sebab untuk tetap menyediakan layanan yang bagus kepada pengguna gratis, Zoom harus membuat subsidi silang. Sehingga pilihan iklan ini agaknya menjadi jalan keluar yang perlu dimaklumi.

Cara Kerja Iklan Zoom

Yang perlu dicatat adalah program periklanan ini masih dalam tahap ujicoba di beberapa negara saja. Zoom tidak menyebutnya negara mana yang menjadi wilayah ujicoba ini. Namun, sekali lagi, hanya pengguna gratisan yang menemukan iklan tersebut.

Iklan ini akan ditempatkan pada sesi paling akhir setelah video konferensi selesai. Teknisnya, iklan ini akan muncul pada peramban tersendiri setelah pengguna menghentikan video konferensi tersebut. Namun kedepan Zoom akan mencoba lagi menempatkan iklan ini pada saat pengguna menggunakan Zoom.

Saat ujicoba tersebut, pengguna yang mendapati iklan bisa mengubah pengaturan iklan lewat situs Zoom di menu cookie management tool. Pengguna akan mendapati banner pada situs Zoom yang menyediakan tautan menuju tool tersebut.

Meskipun iklan ini merupakan iklan tertarget, namun Zoom menjamin iklan ini tidak didasari atas percakapan yang terjadi pada akun Zoom pengguna. Bahkan segala macam webinar, konferensi, dan percakapan didalamnya tidak akan digunakan sebagai sarana promosi.

Opsi Zoom Berbayar

Iklan ini suka tidak suka, bakal hadir juga di Indonesia. Maka buat yang kerap tidak nyaman dengan tampilnya iklan di Zoom, silakan berpindah ke opsi berbayar.

Harga Zoom berbayar mulai dari $14,99 perbulan, dan Anda sudah mendapatkan fitur hingga 100 host, maksimal 1.000 peserta, percakapan hingga 30 jam, bisa streaming di media sosial, dan ada penyimpanan awan sebesar 1GB.

Jadi tetap bertahan dengan bertabur iklan, atau bergeser ke pilihan berbayar? Silakan tentukan.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini