Xiaomi Mi Note 10 Pro: Dapur Pacu Menengah dengan Kamera Superior

0
82
xiaomi-mi-note-10-pro

Xiaomi akhirnya menuntaskan penantian penggemarnya dengan merilis Xiaomi Mi Note 10 Pro di Indonesia. Sebelumnya memang terungkap dari teaser yang dirilis di kanal YouTube Xiaomi. Tampak pula tidak ada varian Xiaomi Mi Note 10 reguler.

Buat Anda yang menelusuri daftar spesifikasi antara Xiaomi Mi Note 10 dan Mi Note 10 Pro, tentu sulit untuk menemukan perbedaan dari kedua ponsel ini. Sebab keduanya sangat identik. Dari mulai desain, layar, bahkan dapur pacu yang terdapat di dalamnya.

Meski begitu, kalau Anda jeli, tentu bakal menemukan perbedaan yang sepertinya tidak terlampau besar. Akan tetapi perbedaan ini cukup signifikan, sehingga keduanya diberi nama yang sedikit berbeda dengan harga yang berbeda juga.

Desain

Sebagaimana diketahui, bodi belakang dan depan Mi Note 10 Pro ini serupa dengan Mi Note 10. Keduanya dibekali dengan bodi kaca yang mengkilap dengan coating dari Gorilla Glass 5.

Ia tidak membawa desain yang terbaru. Di bagian belakang ia hanya berbekal lima kamera yang tersusun vertikal. Bodi kaca ini pun dilapisi pewarnaan yang masih mengikuti tema gradasi yang rupanya belum habis hingga penghujung tahun 2019.

Pada bagian depan terdapat layar 6,47 inci dengan panel AMOLED. Layar ini memiliki resolusi 1080 x 2340 piksel dengan bagian atas terpangkas oleh sebuah poni waterdrop.

Kamera

Poni tadi sebagai wadah kamera depan yang memiliki resolusi 32 MP. kamera depan ini mampu membuat video dengan resolusi maksimal 1080 piksel pada 30 fps.

Hal yang menarik tentu berada di belakang. Sebab selain RAM yang lebih tinggi, disinilah yang paling membedakan antara Xiaomi Mi Note 10 dengan Xiaomi Mi Note 10 Pro.

Ada lima kamera di belakang ponsel ini. Pertama memiliki resolusi terbesar saat ini, yakni 108 MP dengan bukaan f/1.7. Kedua ada kamera dengan resolusi 12 MP, bukaan f/2.0. Ketiga 5 MP bukaan f/2.0. Keempat 20 MP bukaan f/2.2. Dan kelima 2 MP bukaan f/2.4.

Ya, kamera ini pun sama dengan yang dimiliki oleh Mi Note 10. Namun paada Mi Note 10 Pro, kamera 108 MP tersebut dibekali dengan lensa 8P alih-alih Mi Note 10 hanya memakai 7P. Apa bedanya?

Xiaomi Mi Note 10 Pro hanya kalah di kamera selfie dari Huawei Mate 30 Pro. Namun unggul cukup jauh dari Samsung Galaxy Note 10+.

P merupakan simbol dari plastic lenses. Kalau 7P berarti ada tujuh plastik lensa yang menyusun lensa kamera tersebut. Begitupun dengan 8P.

Antara 7P dan 8P ini ternyata bukan persoalan sederhana satu tingkatan saja. Sebab lensa 8P memiliki hasil foto dengan kualitas yang lebih baik.

Hal ini dibuktikan dengan nangkringnya Mi CC9 Pro Premium alias Mi Note 10 Pro khusus China di posisi kedua pada situs DxOMark. Ia hanya kalah di kamera selfie dari Huawei Mate 30 Pro. Namun unggul cukup jauh dari Samsung Galaxy Note 10+.

Dapur Pacu

Banyak yang kecewa ketika Xiaomi harus memakai Snapdragon 730G. Pasalnya sebagai ponsel premium mestinya ia dipasangi chipset versi mutakhir juga, yakni Snapdragon 855.

Pemilihan chipset tersebut akhirnya mengerucutkan klasifikasi ponsel ini di mata pengguna. Mungkin kalau dengan Snapdragon 855 bahkan 855 Plus, ponsel ini bakal mengambil ceruk dari Black Shark yang kini memasuki versi ketiga. Sehingga Xiaomi Mi Note 10 Pro mengambil ceruk fotografi.

Baterainya sendiri cukup besar, yakni 5260 dengan tambahan fitur fast charging 30 Watt. Karena baterai yang besar ini, maka harap maklum jika bodi ponsel sedikit besar.

Harga

Untuk harganya sendiri, Xiaomi membanderol mulai dari $584. Variannya hanya satu yakni memori 128 GB dan RAM 8 GB. Kalau dirupiahkan, harga tersebut kira-kira menyentuh angka Rp8,5 juta.

Harga di Indonesia ternyata tidak sampai menyentuh angka tersebut. Xiaomi membanderolnya dengan harga Rp6.999.000 untuk varian 8 GB dan 256 GB. Dan hanya ada satu varian itu saja yang dijual di tanah air.

Pre-order Mi Note 10 Pro langsung dimulai setelah rilis resmi di Indonesia. Untuk penjualan tersebut, Xiaomi menggandeng Blibli. Sementara penjualan pertama untuk offline baru dimulai pada 8 Januari 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here