Xiaomi Mi Note 10: Kamera 108 MP Pertama Di Pasar Global

0

Citra Xiaomi sebagai pabrikan dengan smartphone yang memiliki spesifikasi tinggi dengan harga rendah terus berlanjut. Setelah menghadirkan Mi CC9 Pro di pasar China, kini mereka merilis ‘kembarannya’ di pasar global yakni Xiaomi Mi Note 10.

Mi Note 10 bukan suksesor dari Redmi Note 8 yang tempo hari dirilis (kemudian gaib) di Indonesia. Mi Note 10 merupakan seri Mi, dimana lini ini sudah dipisahkan dari seri Redmi. Namun kalau Xiaomi menggabungkannya lagi, ya suka-suka Xiaomi lah.

Desain

Xiaomi Mi Note 10 merupakan smartphone dengan build quality yang baik. Bodi padat aluminumnya diselimuti oleh kaca lengkung yang mengkilap. Sayangnya desainnya sangat biasa. Penempatan beberapa komponennya tidak original. Kalau diseksamai lebih mirip smartphone Honor. Tapi itu bukanlah rahasia umum ‘kan?

Pada bagian sisi kanan terpasang tombol-tombol, yakni volume, power, dan SIM card tray. Untuk lubang kartu SIM tadi, smartphone ini hanya menyimpan dua kartu tanpa menyediakan slot untuk penambahan microSD.

Di bagian bawah ada port USB Type C, speaker, mikrofon, dan 3,5 mm headphone jack. Sementara itu di bagian atas terdapat mikrofon kedua berdampingan dengan IR Blaster. Fitur infra merah ini menjadi fitur langganan bagi mayoritas smartphone Xiaomi, dan pada smartphone ini mereka mempertahankannya juga.

Pada bagian belakang terdapat desain polos yang simpel dan elegan. Sayangnya buat yang tidak suka bodi mengkilap, sepertinya bakal tak suka juga dengan bodi smartphone ini. Apalagi dengan bodi semacam ini sangat rentan dengan bekas sidik jari. Namun tentu bisa diakali dengan pemakaian casing ataupun skin.

Layar

Mi Note 10 memiliki layar dengan lebar 6,47 inci Full HD+. Layar ini terbuat dari panel AMOLED yang memiliki rasio kontras 400.000:1. Meski begitu layar ini tidak begitu ‘gonjreng’ seperti kompetitor, sebab hanya memiliki tingkat kecerahan sebesar 422 nits.

Pemindai sidik jari pun berada di layar. Xiaomi sudah menambah ketebalan sensor optik dari 7x7mm menjadi 7x9mm sehingga menciptakan pemindai yang lebih akurat dan responsif.

Dapur Pacu

Banyak yang kecewa soal penggunaan chipset Mi Note 10. Mengapa bukan chipset flagship? Perlu diketahui Snapdragon 730G yang dipakai smartphone ini merupakan peningkatan dari Snapdragon 730. Sehingga memiliki kemampuan grafis yang lebih baik dari sebelumnya.

Pada penggunaan sehari-hari, chipset tersebut tidak mengecewakan. Apalagi ditunjang dengan RAM 6GB dan memori 128GB, sehingga penggunaan smartphone tetap nyaman dan bertenaga.

Buat yang butuh bukti benchmarking, Mi Note 10 sudah dites dengan skor 259.773 pada AnTuTu, sementara pada 3DMark mendapat skor 2.384, dan 2.240 pada OpenGL. Sekadar informasi, skor tersebut melewati milik Mi 9T yang mendapatkan AnTuTu di angka 211.963.

Kamera

Sekali lagi, pada bagian kameralah fitur utama Mi Note 10 berada. Dengan lima kamera belakang yang memiliki variasi focal length, smartphone ini berupaya memenuhi ekspektasi para pecinta fotografi.

Kamera utamanya memiliki resolusi 108 MP dengan ukuran sensor 1/1,33 inci dan ukuran piksel 0,8μm. Sensor ini melakukan pixel binning serupa sensor IMX586 yang memiliki resolusi 48MP. Sehingga kamera ini mampu membuat pilihan antara 27MP pada low-light atau menggunakan 108 MP secara penuh.

Kamera selanjutnya memiliki resolusi 12 MP yang dipergunakan sebagai telefoto. Lensa ini tidak memiliki optical image stabilization. Namun kamera selanjutnya yang memiliki 5 MP justru memilikinya. Kamera ini juga berfungsi sebagai telefoto. Dua kamera terakhir memiliki resolusi 20 MP sebagai kamera ultra wide dan 2 MP sebagai kamera makro.

Kamera depannya memiliki resolusi 32 MP dan terletak di poni waterdrop. Kamera ini semakin baik dibanding kamera selfie pada smartphone Xiaomi secara umum, sebab menghasilkan foto yang alami.

Harga

Di pasar Eropa, Xiaomi membanderolnya dengan harga €550 untuk RAM 6GB dan memori 128 GB atau sekitar Rp8,5 juta. Tapi harga Eropa memang cukup mahal sebab pajaknya tinggi.

Menurut kabar yang beredar, Xiaomi sudah mendapatkan sertifikat TKDN untuk smartphone ini. Sehingga besar kemungkinan dalam waktu dekat smartphone ini bakal hadir di Indonesia. Berapa harganya? Kita nantikan saja.

KeteranganSpesifikasi
Layar6.47 inches-inch AMOLED, 19.5:9 aspect ratio,
Waterdrop notch,
Full HD+ (1,080 x 2,340) resolution,
81.7% screen-to-body ratio
Gorilla Glass 5
Chipset Qualcomm Snapdragon 730G
(Kryo 470)
Adreno 618
RAM + Memori6GB + 128GB
Tidak ada slot microSD
KameraKamera belakang:
108MP 1/1.33″, OIS
12MP 2x telephoto
5MP 5x telephoto
20MP Ultra-wide
2MP macro
Baterai5,260mAh
30W charging
USB-C
Dimensi 157.9 x 74.2 x 9.67 mm, 208g
WarnaMidnight Black
Glacier White
Aurora Green
Pemindai Sidik JariIn-Display fingerprint scanner
Face unlock
Harga €550 (Eropa)

Sumber: GSM Arena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here