Xiaomi Mi Band 5: Fitur Bertambah Harga Semakin Murah

0
xiaomi mi band 5

Xiaomi telah merilis Xiaomi Mi Band 5 sebagai gelang pintar penerus Xiaomi Mi Band 4 yang telah dirilis pada tahun kemarin. Sama seperti pendahulunya itu, Mi Band 5 ini menawarkan banyak fitur dengan harga yang tetap terjangkau.

Peningkatan Mi Band 5 mulai dari desain, display, sensor, hingga prosesor, dan menjadikannya lebih kaya fitur dari sebelumnya. Sekarang mari kita lihat apa saja yang baru di Mi Band 5 ini dan perbedaannya dari Mi Band 4.

Pertama ada layar AMOLED yang sedikit lebih besar daripada Mi Band 4. Ukurannya 1,1 inci, dimana layar Mi Band 4 hanya berukuran 0,95 inci. Memang tidak banyak perbedaannya, tetapi layar Mi Band 5 memiliki bezel yang lebih kecil dan area yang lebih besar untuk menampilkan lebih banyak informasi.

Resolusi dari layar 1,1 inci tersebut memiliki 126 x 294 piksel dan mendukung 100% color gamut P3. Layar ini juga dilengkapi coating panel tempered glass 2.5D yang melindungi layar dari goresan dan lecet.

Ada lebih dari 100 pilihan tema baru yang bisa dipilih, termasuk 54 tema unggulan seperti Spongebob Squarepants, Neon Genesis Evangelion, Hatsune Miku, dan Detective Conan.

Xiaomi menambahkan 11 mode olahraga baru pada Mi Band 5. Sebaliknya, Mi Band 4 hanya menawarkan enam mode olahraga. Untungnya, disaat banyak orang tidak banyak keluar rumah, Mi Band 5 juga cukup banyak mendukung olahraga dalam ruang.

Ya, ada 11 fitur olahraga yang bisa Anda dapatkan ketika memakai Mi Band 5, diantaranya Outdoor running, Treadmill, Cycling, Walking, Freestyle, Pool swimming, Elliptical (baru), Rowing machine (baru), Jump rope (baru), Indoor cycling (baru), Yoga (baru).

Selain mode olahraga tambahan, Mi Band 5 juga mendapat banyak fitur serta peningkatan pelacakan baru. Beberapa ulasan lain juga berpendapat bahwa fitur ini jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Peningkatan Sleep Tracking

Mi Band 5 sekarang telah meningkatkan sleep tracking alias pemantauan tidur. Yakni dengan pelacakan detak jantung terus menerus saat Anda tertidur. Xiaomi mengklaim ini akan membantu untuk mengidentifikasi masalah tidur yang mungkin dialami oleh penggunanya. Seperti pola tidur yang tidak teratur serta pergerakan mata yang cepat. Berdasarkan data yang dikumpulkan, aplikasi pada Mi Band 5 akan memberi Anda saran tentang cara meningkatkan kualitas tidur Anda.

Pelacakan oksigen dalam darah

Mi Band 5 juga mendapat SpO2 built-in atau pelacak oksigen darah yang sudah terintegrasi dalam perangkat. Alat ini tidak ada di Mi Band 4. Pelacak tampaknya dapat mendeteksi tingkat saturasi oksigen darah Anda setiap detik, selama delapan jam berturut-turut. Totalnya ada 28.800 bacaan dalam rentang delapan jam. Pemantauan SpO2 secara terus menerus ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas tidur. Cara ini akan bekerja bersama-sama dengan fungsi pelacakan tidur Mi Band 5 untuk memberikan umpan balik kualitas tidur yang lebih komprehensif.

Kesehatan Wanita dan PAI Scoring System

Fitur baru lainnya yakni pelacakan siklus menstruasi, latihan pernapasan, remote control untuk kamera ponsel Anda, dan Indeks Vitalitas PAI yang baru. PAI adalah singkatan dari Personal Activity Intelligence, yakni merupakan fitur yang dipinjam dari perangkat wearable Amazfit Huami. Sistem ini pada dasarnya mengubah pelacakan kesehatan dengan memberi Anda skor antara 1-100 berdasarkan aktivitas harian dan detak jantung Anda.

Pengisian daya magnetis

Terlepas dari mode olahraga dan fitur pelacakan baru, Mi Band 5 juga menghadirkan perubahan desain utama. Pada umumnya, semua Mi Band harus dikeluarkan dari tali silikon untuk mengisi daya. Pada Mi Band 5 ini hal tersebut dihilangkan sehingga memudahkan pengguna dalam mengisi daya.

xiaomi mi band 5

Mi Band 5 memiliki baterai 100mAh dengan durasi pengisian daya hanya 2 jam saja. Baterai ini juga diklaim Xiaomi dapat bertahan hingga 14 hari meskipun lampu dalam kondisi menyala.

NFC dan asisten suara

Di China, Mi Band 5 memiliki NFC dan asisten suara XiaoAI. Varian Rusia dari Mi Band 5 diluncurkan dengan NFC, tetapi model global tidak memiliki opsi ini. Bahkan, ia tidak memiliki NFC, pelacakan SpO2, dan asisten suara. Ya, paket lengkap hanya di China saja.

Harga dan Ketersediaan

Xiaomi Mi Band 5 juga sudah bisa didapatkan di Indonesia. Anda bisa mendapatkannya secara online di Online Mi Store maupun gerai Mi Store di seluruh Indonesia. Harganya cukup terjangkau, yakni hanya Rp499.000 saja. Namun ya itu tadi, karena masuk dalam versi global, maka fitur unggulan seperti pelacakan darah, NFC, dan asisten suara, tidak ada.

Spesifikasi Xiaomi Mi Band 5

Inilah spesifikasi lengkap Xiaomi Mi Band 5

SpesifikasiXIAOMI MI BAND 5
Display1.1-inch AMOLED color touchscreen
126 x 294 resolution
450 nits
2.5D reinforced glass and AF coating
Dimensi dan Berat46.95 × 18.15 × 12.45mm
155–219mm adjustable length
11.9g
Warna dan BahanPC plastic case
TPU strap
Aluminum alloy wristband buckle

Black, blue, pink, orange, purple, yellow, green, gray
Ketahanan Air5ATM
Memori512KB of RAM
16MB of flash memory
SensorHeart rate sensor
SpO2 sensor
NFC
Connected GPS
Accelerometer
Gyroscope
Barometer
Proximity sensor
Digital MEMS microphone
Baterai125mAh
14-day battery life (advertised)
KonektivitasBluetooth 5.0
KompatibilitasAndroid 5.0 and above
iOS 10.0 and above
Tabel spesifikasi Mi Band 5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here