BerandaPonselXiaomi Mi 11 Dirilis, Ponsel Pertama dengan Chipset Snapdragon 888

Xiaomi Mi 11 Dirilis, Ponsel Pertama dengan Chipset Snapdragon 888

Saat Qualcomm merilis chipset Snapdragon 888, Xiaomi berjanji bahwa mereka akan merilis ponsel pertama dengan chipset paling kuat tersebut. Dan hari ini (28/12/2020) pabrikan China tersebut mewujudkannya. Mereka merilis flagship Xiaomi Mi 11 dengan dapur pacu chipset tersebut yang saat ini segera beredar di pasar China.

Xiaomi memang pernah merilis seri Mi 10 dengan versi standar dan pro. Namun tampaknya eksistensi varian lain untuk Mi 11 ini tak akan ditemukan. Xiaomi betul-betul membuatnya eksklusif sebagai sosok flagship.

Dapur Pacu dan Layar

Xiaomi Mi 11 memakai Snapdragon 888 dan menjadi ponsel pertama dengan chipset terkuat di ranah ponsel Android tersebut. Untuk menemaninya, ada dua varian RAM dan memori internal yang bisa kamu pilih. Ada RAM 8GB dan 12GB dengan jenis LPDDR5, dan memori internal 128GB atau 256GB dengan jenis UFS 3.1. Untuk menjaga agar mesin tetap dingin, Xiaomi membenamkan ‘vapor chamber’ sebagai sistem pendinginan.

Bagian layarnya sendiri terpasang panel OLED dengan lebar 6,81 inci dengan resolusi QHD+ (3.200×1.440). Rasanya ini menjadi yang pertama bagi line-up flagship Mi sejak dirilis pertama kali pada 2015. Layar Mi 11 juga semakin memanjakan penggunanya berkat refresh rate 120Hz dan touch response rate 240Hz. Buat yang khawatir akan goresan dan sedikit benturan pada layar, Xiaomi melapisinya dengan Gorilla Glass Victus.

Baterai dan Charger

Dapur pacu dan layar yang gemilang ternyata ditopang oleh baterai 4.600mAh saja. Namun Xiaomi menjamin kalau dengan daya sebesar itu bakal mampu menjalankan perangkat untuk seharian dengan pemakaian normal. Apalagi baterai ini tidak membuat Mi 11 jadi berat, sebab bobotnya hanya sebesar 8,06mm.

Untuk sistem pengisian dayanya, Xiaomi memberikan fitur Mi Charge Turbo yang mampu membuat baterai itu bisa diisi secara kilat. Daya pengisiannya sebesar 55W sehingga bisa mengisi baterai hingga penuh dalam 45 menit saja. Kalau 50W bisa hingga 53 menit.

Cuma yang perlu kamu ketahui, saat ini dengan alasan lingkungan, Xiaomi tidak memberikan charger dalam paket penjualan. Sehingga kamu harus membeli sendiri atau memanfaatkan charger Mi 10 atau selainnya yang mampu memberikan arus daya yang sama.

Fitur Lain Xiaomi Mi 11

xiaomi mi 11

Kamera belakang Mi 11 memiliki kamera utama dengan resolusi 108MP dengan bukaan f/1.85 dengan ukuran sensor 1/1,33, kedua 13 MP dengan fitur ultra-wide 123 derajat yang memiliki bukaan f/2.4, dan ketiga kamera telefoto makro dengan resolusi 5MP. Sementara di bagian depan ada kamera selfie dengan resolusi 20MP yang ditempatkan di punch hole layar.

Sistem operasi Mi 11 memakai MIUI 12.5 yang membawa aneka ragam fitur seperti opsi wallpaper yang baru, namun mengurangi penggunaan memori dan daya dengan penggunaan wallpaper tersebut, serta 125 suara notifikasi yang diambil dari alam.

Dalam MIUI 12.5 ini Xiaomi juga membawa fitur privasi yang lebih baik seperti proteksi clipboard untuk mencegah aplikasi yang tidak diinginkan mengaksesnya, mencegah aplikasi mengakses penyimpanan, dan perlindungan terhadap riwayat selancar internet.

Xiaomi juga mengenalkan MIUI Plus versi beta yang mampu menyambungkan antara platform Android yang dimiliki ponsel dengan Windows. Jadi bisa menampilkan dan melakukan beragam aktivitas ponsel di komputer secara langsung. Ini cukup berguna buat kamu yang harus melakukan multitasking antara komputer dan ponsel.

Ada satu lagi yang cukup menjadi pertimbangan kamu untuk membeli Mi 11, apalagi buat pemerhati sound system. Ponsel ini dibekali dengan sound ari Harman Kardon. Fitur lainnya yang tak kalah menarik juga ada deteksi denyut nadi lewat aplikasi Goodix, sensor in-display fingerprint, NFC, IR blaster, Wi-Fi 6E, dan Bluetooth 5.2.

Harga Xiaomi Mi 11

Xiaomi Mi 11 hadir dengan varian warna putih, biru, dan hitam. Varian lainnya juga disediakan untuk penyuka sentuhan kulit, yakni varian Smoke Purple dan Khaki. Untuk harga Mi 11 sendiri dimulai pada banderol 3,999 Yuan atau sekitar Rp8,6 juta untuk varian 8GB/128GB, 4.299 Yuan atau setara Rp9,3 juta untuk varian 12GB/256GB.

Buat kamu yang punya budget lebih, Xiaomi juga merilis Mi 11 edisi khusus bertanda tangan sang CEO, Lei Jun. Sehingga edisi khusus ini diberi nama Mi 11 Lei Jun Signature Edition. Ponsel ini dibekali dengan 3D textured glass dengan tanda tangan Lei Jun dibelakangnya. Varian ini hanya ada tersedia untuk varian 12GB/256GB dengan kemasan spesial. Sayangnya Xiaomi tidak merilis harganya.

Xiaomi pun dalam perilisan Mi 11 ini tidak menyebut kapan flagship ini akan dipasarkan secara global.

Artikel Lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru