Saturday, December 4, 2021

Inilah Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro di Indonesia

Kopitekno.com – Xiaomi akhirnya membawa line-up flagship ke Indonesia sebagai smartphone penutup akhir tahun 2021 secara resmi pada Kamis (4/11) malam. Dengan tagline “Work Your Magic”, Xiaomi mengenalkan Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro yang di China sudah dirilis sejak 15 September 2021 lalu.

Seri Xiaomi 11T ini memiliki beragam keunggulan. Salah satunya adalah kemampuan fotografi dan videografi sinematiknya yang bisa diandalkan untuk mengambil gambar dan video yang menawan. Ditambah lagi dapur pacunya yang menggunakan chipset kelas atas membuat smartphone ini mampu melibas berbagai tasking.

Antara Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T pro sebetulnya memiliki banyak kesamaan. Namun bedanya juga lumayan banyak dan cukup signifikan. Nah, sekarang kita simak persamaannya dulu.

Desain

Buat yang memperhatikan seri Xiaomi dan Redmi, seri Xiaomi 11T ini merupakan pengulangan saja. Belum ada yang dikatakan unik. Betapa tidak, desainnya yang itu-itu lagi membuat desain yang sebetulnya bagus terkesan menjemukan.

Berbagai gimmick seperti slim and sleek, tapered edges, quad curved back, dan symmetrical design, merupakan penebal keyakinan bahwa desain ini membutuhkan nama baru untuk menutupi desain yang sebetulnya sudah dipakai. Tapi desain ini hanya soal pilihan.

Kamera

Sebab jika ditilik lebih dalam, kita akan melihat kamera belakang dengan aneka ragam kemampuannya yang menawan.

Ada tiga kamera belakang yang menjadi jualan unggulan dari Xiaomi 11T ini. Yang pertama ada kamera utama dengan resolusi 108MP, bukaan f/1.8, yang mampu membuat hasil foto dan video menjadi lebih sinematik.

Kamera tersebut mampu membuat sembilan karya sinematik yang menawan. Seperti Pto-Time-lapse, Slow-motion, Cinematic filters, Telemacro recording, One-click AI-cinema, Kaleidoscope, Freeze frame, Audio zoom, dan Video clone.

Kemudian ada modul kamera ultrawide 120˚ dengan resolusi 8MP, berbukaan f/2.2 yang mampu menghasilkan foto dengan sudut lebar. Serta kamera makro dengan resolusi 5MP yang mampu membuat foto objek-objek yang kecil.

Sementara itu di bagian depan ada kamera selfie yang memiliki resolusi 16 MP, dengan bukaan f/2.5. Kamera ini terletak pada punch-hole yang berada di tengah-atas layar.

Layar

Layar seri Xiaomi 11T memiliki lebar 6,67 inchi dengan desain flat berpanel AMOLED. Layar ini memiliki AdaptiveSync alias refresh rate hingga 120Hz dan touch sampling rate hingga 480Hz.

Layar ini juga memiliki fitur True Display dengan Reading mode 3.0 dan Sunlight mode 3.0. Untuk memberikan ketahanan terhadap benturan dan goresan, Xiaomi membenamkan coating Corning Gorilla Glass Victus.

Sekarang kita lihat perbedaan Xiaomi 11T dengan Xiaomi 11T Pro pada ranah spesifikasi berikut ini.

Chipset

Xiaomi 11T memakai chipset MediaTek Dimensity 1200-Ultra yang merupakan varian tertinggi dari MediaTek. Chipset ini diklaim setara dengan Snapdragon 865. Sementara itu, Xiaomi 11T Pro menggunakan chipset kelas atas dari Qualcomm, yakni Snapdragon 888.

Varian RAM dan memori kedua smartphone ini dimulai dari RAM 8GB dan memori 256GB. Mari kita simak perbedaannya yang lain.

Catu Daya

Keduanya memang sama-sama memiliki baterai dengan kapasitas 5000mAh. Namun yang menjadi pembeda adalah Xiaomi 11T ‘hanya’ mampu menjalankan Turbo charging 67W yang mampu mengisi baterai hingga 100% dalam waktu 36 menit saja.

Sementara itu Xiaomi 11T Pro mampu mengisi daya hingga 100% hanya dalam waktu 17 menit saja! Hal ini berkat bantuan charger 120W dengan fitur HyperCharge.

Fitur Pro

Ada lagi fitur yang tidak ada pada Xiaomi 11T dan hanya ada pada Xiaomi 11T Pro saja. Fitur tersebut adalah True-to-life on every frame yang merupakan penambahan HDR10+ pada hasil foto.

Pada pembuatan video juga, Xiaomi 11T Pro mampu membuat video dengan resolusi 8K yang membuat video jadi lebih jernih, suaranya jelas, sinematik, realistik, imersif, dan lainnya. Juga bisa dicek lewat speaker internal yang dipasangi dengan speaker Harman Kardon.

Harga

Xiaomi hanya merilis satu versi saja untuk Xiaomi 11T, yakni varian RAM 8GB dan memori 256GB yang dibanderol Rp5.999.000.

Sementara itu Xiaomi 11T Pro memiliki dua versi yakni RAM 8GB dan memori 256GB yang dibanderol Rp6.999.000, dan varian RAM 12GB dan memori 256GB yang dibanderol Rp7.499.000.

Xiaomi membuka pra-pemesanan untuk ketiga varian tersebut. Silakan cek tautan dari Shopee ini untuk mendapatkan penawaran yang menarik senilai Rp2,5 juta.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini