Xiaomi Mi Mix Alpha, Ketika Smartphone Layar Semua

0

Xiaomi merilis sebuah smartphone yang cukup spektakuler, Xiaomi Mi Mix Alpha. Smartphone ini merupakan yang pertama dengan layar yang memiliki rasio hingga 180%. Ya, smartphone ini memiliki layar yang penuh dari depan ke bodi belakang.

Ketika pengguna memegang smartphone ini, maka ia hanya akan memegang layar. Sebab satu-satunya bodi yang bukan merupakan layar hanyalah segaris bodi keramik yang menjadi tempat bagi kamera, antena, dan modul konektivitas di bagian belakang. Untuk melindungi kamera ini sudah terpasang sebuah kaca safir yang membuatnya tahan goresan apapun.

Xiaomi Mi Mix Alpha
Xiaomi Mi Mix Alpha / Gambar: Xiaomi

Layar ini sebetulnya masih memiliki bezel di bagian atas dan bawah. Namun lebar bezel tersebut hanyalah 2,15 mm. Hal ini dimungkinkan karena panel layar itu tidak memiliki ujung di sisi kiri dan kanan. Sebab ia langsung melengkung ke sisi belakang untuk mengapit bodi keramik tadi.

Konsep ini diambil dari smartphone foldable Xiaomi yang pernah dikenalkan pada bulan Maret lalu. Melihat beberapa pabrikan yang memiliki akhir yang kurang baik dalam mengeksekusi layar lipat, membuat Xiaomi akhirnya memilih layar seperti ini. Meskipun tidak bisa dilipat, tapi tetap terkesan sangat canggih.

Tombol fisik di samping kiri dan kanan yang biasanya ditempati oleh tombol power dan volume diganti oleh tombol sensitif yang menggantikan keduanya. Panel samping ini pun ditambah pula dengan deretan penanda baterai dan sinyal yang biasanya ditempatkan di bagian atas layar. Dengan begini, layar bagian depan memiliki ruang yang lebih lega.

Apabila ada yang mengkhawatirkan salah menekan tombol, Xiaomi menjawabnya dengan baik. Pabrikan ini memberikan jawaban dengan menempatkan algoritma yang mampu membaca kebiasaan pengguna ketika memakai smartphone. Jadi layar ini hanya akan lebih sensitif ketika di bagian yang sering dipakai oleh pengguna secara normal. Dan bagian layar yang sensitif terhadap sentuhan hanya ada di bagian depan secara default.

Spesifikasi dan Harga

Xiaomi mengonfirmasi kalau Mi Mix Alpha memakai chipset Qualcomm Snapdragon 855+ dengan dukungan 5G dan dual SIM. Kabarnya lagi, Xiaomi Mi Mix Alpha ini hanya akan tersedia dalam satu versi saja, yakni RAM 12 GB dan memori 512 GB UFS 3.0. Baterainya 4050 mAh dengan dukungan fitur pengisian cepat berdaya 40 W layaknya Xiaomi Mi9 Pro 5G.

Kamera Mi Mix Alpha sendiri terdiri dari konfigurasi tiga kamera belakang. Kamera utamanya memiliki sensor dari Samsung ISOCELL Bright HMX 108 MP. Pengembangan sensor ini memang sudah merupakan kolaborasi antara Samsung dengan Xiaomi. Sehingga tidak mengherankan apabila Mi Mix Alpha memakai sensor ini.

Sensor ini memiliki ukuran 1/1.33″ dengan hasil jepretan mencapai ukuran 12032 x 9024 piksel. Jadi hanya bermodal sebuah smartphone, pengguna bisa membuat potret sedetail mungkin yang bisa dicetak hingga berukuran reklame jumbo di jalan raya. Namun risikonya sebuah foto bisa memiliki ukuran puluhan MB. Contoh fotonya bisa dilihat dibawah ini.

Hasil jepretan Xiaomi Mi Mix Alpha di kota Shanghai
Hasil jepretan Xiaomi Mi Mix Alpha di kota Shanghai.

Dua kamera lagi memakai sensor dengan resolusi 12 MP yang dipakai buat telefoto dengan 2x pembesaran optik. Sementara satunya lagi memiliki sensor 20 MP yang berguna sebagai ultra-wide-angle dengan sudut pandang 117°.

Buat yang sedari tadi mencari kamera depan dari smartphone ini, anda tak akan menemukannya. Sebab ya tidak ada kamera depan di smartphone ini. Untuk selfie, pengguna bisa mengandalkan kamera belakang dengan resolusi jumbo tadi, dan viewfinder-nya menggunakan layar di bagian belakang. Praktis.

Layar bagian belakang inipun banyak gunanya selain untuk selfie tadi. Pengguna bisa memakainya untuk menelepon, memesan taksi, dan sebagai widget smart home. Dan yang menarik perhatian adalah efek menakjubkan dari keseluruhan layar ini ketika baterainya diisi ulang. Ia mirip sebuah ember yang diisi oleh air bercahaya. Well done, Xiaomi.

Kabar kurang mengenakkannya, smartphone ini baru prototype dan bakal dipajang di seluruh gerai MiStore di seluruh China. Ketika sukses dan banyak yang meminang, kemungkinan produksi massalnya bakal dilakukan. Dan tentu ketika itu direalisasikan, smartphone ini bakal hadir ke pasar global.

Buat yang ingin meminangnya sekarang, Xiaomi membuka diri. Cuma smartphone ini dihargai cukup tinggi. Xiaomi Mi Mix Alpha dibanderol 19,999 Yuang atau setara dengan Rp40 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here