Cara Mendapatkan WhatsApp dengan Mode Gelap (Dark Mode)

0
whatsapp-dark-mode

Mode gelap alias dark mode kali ini mampir ke WhatsApp. Tren tampilan yang dipercaya ramah terhadap mata dan daya tahan baterai ini akhirnya dicari banyak orang.

Buat pemakai Android 10, dark mode memang secara default bisa diaktifkan untuk semua aplikasi. Sayangnya sistem operasi Android terbaru ini baru mampir pada ponsel premium saja.

whatsapp dark mode

Untuk itulah para pengguna Android P kebawah biasanya mencari alternatif agar aplikasinya bisa memunculkan mode gelap tadi. Dan kini aplikasi yang bisa memunculkan mode gelap adalah aplikasi chatting sejuta umat, WhatsApp.

Mode Gelap pada WhatsApp

Secara resmi sebetulnya mode gelap belum ada pada WhatsApp. Saat ini versi WhatsApp terbaru ada pada versi 2.20.12 pada Android dan 4.0.3 pada iOS. Sehingga mode tadi belum ada pada pembaruan terakhir. Untuk pengguna iOS sendiri memang tidak ada masalah, sebab secara default sudah bisa menjalankan mode ini.

Hal ini tidak berlaku bagi mereka yang terdaftar sebagai pengguna WhatsApp beta. Early user pada setiap pembaruan ini mendapatkan kesempatan untuk menguji coba terlebih dahulu fitur-fitur tertentu termasuk fitur dark mode.

Cara Menjadi WhatsApp Beta-User

Sayangnya untuk menjadi beta-user bagi aplikasi sebesar WhatsApp rasanya hal yang hampir mustahil. Sebab selain sudah banyak yang mengantre, WhatsApp pun sudah lama hadir di Play Store maupun App Store.

Untuk itulah kalau mendaftar secara resmi rasanya sudah sia-sia. Sehingga Anda bisa menjadi beta-user tanpa terdaftar. Namun risiko ditanggung sendiri.

Untuk pengguna Android, Anda bisa mengunduh WhatsApp versi beta disini untuk mendapatkan fitur dark mode tersebut. Versi aplikasi ini sudah 2.20.16.

Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode

Apabila file .apk sudah diunduh, silakan lakukan pemasangan di ponsel Anda. Jangan lupa untuk menonaktifkan izin sumber instal apabila masih diatur default tidak mengizinkan.

Setelah terpasang, pertama kali WhatsApp akan melakukan unduhan terhadap media, kontak, grup, percakapan, dan pengaturan lainnya. Pastikan koneksi internet Anda baik dan lancar.

whatsapp dark mode

Ketika selesai, silakan masuk ke menu Pengaturan > Chat > Tema. Disini Anda akan ditampilkan menu pop-up yang berisi Setel mengikuti Penghemat Baterai, Terang, dan Gelap. Anda tentu paham mesti memilih yang mana.

Apabila pengaturannya betul, maka tema WhatsApp anda bakal berubah menjadi gelap. Bukan hitam, tapi lebih ke warna abu-abu pekat.

Demikian cara mendapatkan fitur dark mode di WhatsApp terbaru. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here