Peneliti: WeChat Langgar Privasi Demi Kepentingan Sensor China

Sebuah penelitian dari Citizen lab mengungkap kalau Wechat langgar privasi pengguna. Mereka dianggap menggunakan pesan dari pengguna untuk kepentingan algoritma sensor di China.

0
wechat langgar privasi

WeChat merupakan aplikasi yang berasal dari China dan cukup populer. Namun sebagaimana aplikasi dari negeri tirai bambu, kadang-kadang ada dugaan pelanggaran privasi yang dilakukan. Pun kali ini diduga WeChat langgar privasi.

Sebuah penelitian dari Citizen Lab mengungkapkan kalau WeChat melakukan pemantauan terhadap pesan yang dikirimkan oleh pengguna aplikasi ini. Namun pemantauan ini hanya dilakukan untuk nomor-nomor telepon yang berasal dari luar China.

Cara WeChat Langgar Privasi

Aplikasi milik Tencent yang paling populer di China ini diduga sedang membangun basis data guna melakukan sensor. Tindakan ini dilakukan untuk memblokir pesan-pesan tertentu yang dikirimkan oleh pengguna WeChat di China.

Citizen Lab mengambil kesimpulan ini dari percobaan mereka. Lembaga yang berbasis di Universitas Toronto ini mengirim konten politik yang cukup sensitif ke pengguna dengan nomor diluar China. Ini tidak masalah. Namun ketika konten itu dikirim ke pengguna yang terdaftar nomornya di China, konten tersebut disensor.

Ini berarti pesan-pesan yang dipergunakan oleh pengguna WeChat dimanfaatkan untuk memperbaiki algoritma sensor yang sedang dikembangkan oleh aplikasi dengan jumlah pengguna 1 miliar ini.

Tanggapan Tencent

wechat langgar privasi

Meski Citizen Lab tidak menyatakan kalau tindakan WeChat ini berhubungan dengan pemerintah, namun Tencent tetap memberi tanggapannya.

Tencent tetap beranggapan bahwa seringan apapun dugaan dari hasil penelitian Citizen Lab itu, tetap saja pihaknya perlu menanggapi. Sebab hal ini terkait privasi pengguna dan keamanan data yang selama ini dijaga dengan baik.

Untuk itu Tencent mungkin bakal meniru TikTok yang karena tuduhan pelanggaran serupa, akhirnya membuat TikTok Transparency Center. Pusat transparansi ini mempekerjakan para ahli dari luar dan lokasinya pun bukan di China.

Rencana ini harus segera dilakukan Tencent, sebab kalau tidak WeChat terancam dihapus oleh App Store dan Play Store karena tindakan pengumpulan data pengguna ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here