fbpx
Rabu, September 29, 2021
BerandaPonselVirtual RAM pada Smartphone: Pengertian dan Cara Kerjanya

Virtual RAM pada Smartphone: Pengertian dan Cara Kerjanya

Kopitekno.com – Saat ini ada fitur baru yang kerap muncul pada kotak kemasan spesifikasi smartphone. Tak lain dan tak bukan adalah virtual RAM.

Virtual RAM memang mulai ramai belakangan ini. Ia menjadi pilihan bagi mereka yang menginginkan RAM tambahan, serta memiliki kelebihan penyimpanan.

- Advertisement -

Lantas apa sebetulnya virtual RAM ini? Apakah dia sama dengan RAM konvensional? Bisakah virtual RAM ini dibuats ecara manual?

Virtual RAM

RAM adalah random access memori yang gunanya menjadi penyimpanan sementara dari seperangkat komputasi. Jika diibaratkan proses komputasi ini jalan tol yang dilewati mobil, maka RAM adalah rest area.

Semakin besar RAM, maka semakin baik pula proses komputasi yang berjalan. Sebab ia bisa menampung lebih banyak memori cadangan yang diperlukan dalam proses komputasi.

Virtual RAM merupakan RAM yang dibuat dari memori internal smartphone. Itulah mengapa disebut dengan β€˜virtual’, sebab secara fisik tidak ada RAM disana.

- Advertisement -

Dalam hal ini, proses pencadangan memori dalam proses komputasi tadi menggunakan sebagian kecil dari memori yang dibuat untuk virtual RAM.

Cara Kerja

Cara kerja virtual RAM sebetulnya sama dengan cara kerja RAM biasa. Namun perbedaannya, pada smartphone yang menggunakan virtual RAM, sebagian kecil memorinya akan dipakai sebagai RAM.

Katakanlah kamu memiliki smartphone dengan RAM 6 GB. Sementara memori internalnya 128 GB. Biasanya yang 128 GB ini hanya tersisa 120 GB atau kurang.

Yang 2 GB kemudian dipakai sebagai virtual RAM. Sehingga memori internal kamu tersisa 118 GB saja.

Dalam sebuah proses komputasi yang padat, misalnya kamu membuka berbagai aplikasi, RAM yang 6 GB tadi penuh. Smartphone kamu dalam kondisi normal akan menutup atau muncul pesan error.

Jika kamu memakai virtual RAM tadi, kepenuhan kapasitas pada RAM itu akan dipindahkan ke RAM cadangan yang dibuat lewat fitur virtual RAM tadi. Jadinya pesan error tadi tak akan muncul. Kamu tetap bisa memakai aplikasi seperti biasa.

Cara Membuat Virtual RAM

Sebelum pabrikan mulai mengenalkan opsi virtual RAM ini, para pengguna Android bisa menambah RAM dengan mengambil kapasitas memori internal maupun dengan memakai memori eksternal.

Keduanya bisa dilakukan dengan aplikasi seperti Swapper, Free Swapper, AMemoryBoost, dan lainnya. Dan ya smartphone kamu mesti dalam kondisi root.

Kamu juga bisa mengecek terlebih dahulu apakah memori pada Android kamu bisa dibuat virtual RAM dengan MemoryInfo & Swapfile Check, misalnya.

Tapi siapa yang mau smartphone-nya di-root?

Oleh sebab itulah dengan seizin pabrikan, maka beberapa smartphone bisa ditambahkan virtual RAM. Kamu tinggal menginstal pembaruan resmi dari pabrikan, dan virtual RAM bisa kamu jalankan.

Kelemahan Virtual RAM

Virtual RAM adalah alternatif dari RAM itu sendiri. Sebagus-bagusnya sebuah alternatif, ia tetaplah hanya menjadi barang substitusi yang sifatnya tak akan bisa menyamai barang yang diganti.

Secara teknis fungsi RAM memang bisa diganti. Namun perbedaan fisik yang mendukung kerjanya tentu tak bisa disamakan.

Virtual RAM bekerja lebih lambat daripada RAM betulan. Sebab RAM yang sebetulnya memang diciptakan untuk menjadi lalu-lintas cadangan sementara. Ini berbeda dengan memori internal yang dibuat bukan untuk memarkir file komputasi secara konstan dan berkelanjutan.

Keuntungan Virtual RAM

Bagi pabrikan, fitur ini tentu saja bisa menambah deretan gimmick. Sebab ketika kamu melihat RAM sebagai 6GB+2GB (virtual)=8 GB dalam kotak kemasan, tentu saja lebih baik daripada hanya ditulis 6 GB saja. Padahal dari sisi konsumen, 8GB itu didapatkan dari pengurangan memori internalnya.

Buat kamu yang memang kepepet untuk memiliki smartphone dengan RAM yang lebih tinggi 2 GB hingga 4 GB, opsi virtual RAM ini layak dipertimbangkan.

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Berita Terkini