Cara Melakukan Upgrade Windows 7 ke Windows 10

3
windows-10

Windows 7 menjadi populer sejak pekan kemarin. Persoalannya tentu perihal berhentinya dukungan Microsoft terhadap sistem operasi yang sudah berjalan 11 tahun tersebut.

upgrade windows 10

Penghentian tersebut disambut dengan beredarnya berbagai meme terkait ‘matinya’ Windows 7. Seperti “RIP Windows 7” dan sejenisnya. Padahal sebetulnya Windows 7 masih bisa dipergunakan.

Risiko Masih Memakai Windows 7

Meski masih ada yang menggunakan Windows 7 hingga saat ini, sebetulnya tidak menjadi masalah. Asal pengguna tersebut memahami segala risiko yang bakal terjadi.

Risiko komputer yang tidak melakukan peningkatan atau upgrade dari Windows 7 ke Windows 10 bakal mengalami masalah pada privasi dan keamanannya. Sebab Microsoft sudah tidak memberikan pembaruan lagi.

Cara Melakukan Upgrade ke Windows 10

Untuk melakukan cara berikut ini, pastikan terlebih dahulu Windows 7 yang dipergunakan terjamin keasliannya alias genuine copy. Sehingga ketika dilakukan upgrade tidak menimbulkan masalah.

Kode aktivasi yang dipergunakan pada Windows 7 akan tetap berfungsi dan tidak diminta untuk aktivasi kembali. Microsoft pun tidak memungut biaya terhadap upgrade ini.

Pastikan juga internet telah terhubung dengan baik. Apabila semuanya sudah siap, berikut caranya.

Kunjungi situs Microsoft

Silakan kunjungi situs Microsoft untuk melakukan pengunduhan Windows 10 yang asli. Ingat, situs resmi Microsoft hanya ada di microsoft.com.

Klik Update Now

Apabila Anda menggunakan Windows 7, maka dalam situs tersebut bakal muncul tombol Update Now. Hal ini berarti Anda bisa mengunduhnya.

Tombol tersebut berguna untuk mengunduh installer tool yang jika diinstal akan mengunduh Windows 10 secara otomatis.

Jalankan installer yang sudah diunduh

Ikuti saja petunjuk yang tertera pada installer tersebut. Alat ini akan mendeteksi sistem operasi yang dipakai dan membantu menyiapkan unduhan Windows 10 secara otomatis.

Mengunduh Windows 10

File unduhan Windows 10 tadi secara otomatis terpasang di sistem sebagai pembaruan. Kecepatan unduh ini tergantung kecepatan internet yang terhubung.

Tekan Restart Now

Apabila unduhan telah selesai, silakan tekan tombol Restart Now untuk meneruskan prosedur instalasi hingga selesai.

Untuk melakukan upgrade pada komputer orang lain, Anda bisa mengunduh file biasa dan atau file .iso pada pilihan yang tersedia. Hanya saja pilihan tombolnya bukan Update now, namun Download tool now.

Demikian cara melakukan upgrade Windows 7 ke Windows 10. Anda bisa melakukannya sendiri sebab ini sangat mudah. Namun apabila mengalami masalah, silakan rujuk ke teknisi setempat atau mengisi kolom komentar dibawah ini.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here