Update MIUI 12: Fitur Baru, Jadwal Rilis, dan Ponsel Xiaomi yang Mendapatkannya

1
miui 12

Xiaomi telah merilis versi baru tampilan antar muka berbasis Android mereka, MIUI. Sebagai suksesor MIUI 11, tampilan MIUI 12 terbaru ini membawa sejumlah user interface dan perbaikan visual untuk ponsel Xiaomi yang mendapat pembaruan tersebut.

MIUI 12 menampilan fitur-fitur baru seperti mode gelap yang dimodifikasi, peningkatan privasi dan alat keamanan, animasi baru, wallpaper baru, dan masih banyak lagi.

Tampilan kostumisasi dari Android ini sekarang memiliki pengguna aktif bulanan sebanyak 310 juta. Nah, sekarang mari kita uraikan semua fitur baru dari MIUI 12 berikut ini.

miui 12

1. Sensory Visual Design

Pada pembaruan kali ini, pengguna bakal ditampilkan sekilas tentang pengaturan. Dimana sebelumnya pengguna mesti masuk ke menu pengaturan untuk mengetahui sisa memori dan lain sebagainya.

Xiaomi menyebut ini sebagai Sensory Visual Design. Sebuah fitur yang akan menghadirkan informasi pengaturan dalam bentuk grafis yang cantik dan mudah dipahami.

2. Efek animasi yang baru

Xiaomi cukup fokus dalam melakukan desain visual di MIUI 12. Hasilnya tampilan informasi cuaca dengan bentuk yang cukup realistis dan real-time mampu ditampilkan dengan cantik di layar pengguna.

Animasi ikon aplikasi juga mendapat pembaruan. Sekarang perubahan arah dan kecepatan gerakan akan menyebabkan ikon aplikasi memberikan reaksi yang berbeda. Misalnya, ketika Anda menghapus aplikasi, animasi riak juga akan memengaruhi ikon aplikasi di sekitarnya. Dan masih banyak lagi.

3. Dark Mode 2.0

Sebelumnya, tampilan antarmuka Xiaomi ini sudah memiliki fitur dark mode alias mode gelap. Cuma pada pembaruan kali ini ada yang sedikit berbeda. Layar akan diredupkan ketika waktu sudah memasuki malam hari atau posisi ruangan cukup gelap.

Pembaruan selanjutnya adalah di sisi huruf dimana ketebalannya akan disesuaikan apabila pengguna berada di ruangan gelap. Huruf yang tebal pada mode gelap bakal sedikit menyilaukan mata sehingga Xiaomi mengubahnya menjadi lebih tipis.

4. Super Wallpaper

Xiaomi juga memperkenalkan “Super Wallpaper” pada MIUI 12. Pabrikan asal China ini telah menciptakan model 3D animasi Mars dan Bumi dengan presisi tinggi berdasarkan data eksplorasi ruang yang tersedia.

Pengguna bisa memasang wallpaper ini di layar ponsel yang terkunci maupun tidak terkunci. Ketika mode gelap dihidupkan, planet yang dipilih untuk wallpaper juga akan memasuki waktu malam, sehingga meningkatkan pengalaman visual penggunanya.

5. Xiao AI

Xiao AI merupakan kecerdasan buatan yang telah dikembangkan Xiaomi sejak tahun kemarin. AI ini dibuat untuk menjawab panggilan bagi penggunayang mirip dengan fitur filter panggilan Google yang diperkenalkan di Pixel 3.

Setelah setengah tahun pengujian, asisten telepon Xiao AI ini telah menjawab 4 juta panggilan untuk pengguna beta. Dengan fitur ini pengguna Xiaomi nanti bisa menjawab secara otomatis panggilan yang masuk dari berbagai bahasa. Sayangnya belu diketahui jelas apakah fitur ini bisa hadir diluar China.

6. Fitur gesture baru

Ini model gesture baru, dimana salah satu contohnya pengguna bisa menggeser notifikasi yang muncul tanpa harus mengalihkan aplikasi yang sedang berjalan. Bisa juga panel notifikasi itu diubah ke tab baru yang lebih kecil dari aplikasi yang sedang berjalan. Menarik.

7. Peningkatan Privasi

MIUI 12 juga menghadirkan fitur privasi yang telah ditingkatkan. Sebagai contoh, pengguna dapat memilih untuk memberikan izin ke aplikasi hanya sekali atau hanya saat digunakan saja. Izin akan dicabut setelah aplikasi itu selesai digunakan. Untuk aplikasi yang tidak menjelaskan penggunaan izin, opsi “Selalu Izinkan” tidak akan diberikan.

MIUI 12 juga akan membantu pengguna melacak perilaku aplikasi. Pengguna bisa melihat catatan tentang bagaimana aplikasi berperilaku di dalam ponsel, informasi yang dikumpulkannya, aplikasi lain yang digunakannya, dan lainnya.

Berbagi foto juga akan lebih aman. Xiaomi mengatakan informasi sensitif seperti detail perangkat akan dihapus dari file gambar sebelum pengguna membagikannya dengan siapa pun.

Jadwal Rilis dan Ketersediaan MIUI 12

Saat ini MIUI 12 masih belum stabil. Namun Xiaomi berjanji akan merilis secara bertahap antarmuka berbasis Android ini pada Juni 2020 mendatang. Adapun ponsel Xiaomi yang akan kebagian adalah sebagai berikut:

Tahap pertama

Xiaomi Mi 10 Pro
Xiaomi Mi 10
Xiaomi Mi 10 Youth Edition
Xiaomi Mi 9 Pro
Redmi K30 Pro
Redmi K30
Redmi K20 Pro
Redmi K20

Tahap kedua

Mi Mix 3
Xiaomi Mi 8 series
Redmi Note 8 Pro
Redmi Note 7, 7 Pro

Tahap ketiga

Mi Mix 2
Redmi 8, 8A
Redmi 7, 7A
Mi CC9, CC9 Pro, CC9e

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here