Selasa, Oktober 19, 2021

Cara Menggunakan Twitter Spaces dan Mendapat Penghasilan

Fenomena media sosial dengan konsep percakapan audio tampaknya populer setelah Clubhouse diminati. Hal ini membuat Twitter sejak tahun kemarin akhirnya ikut merilis Spaces, sebuah platform yang sama.

Setelah menjalani fase beta-testing, Spaces kini sudah bisa dipakai oleh siapapun. Syaratnya cuma satu, yakni akun Twitter host atau yang memulai Spaces sudah memiliki lebih dari 600 follower.

Cara Menggunakan Spaces

Jika akun Twitter kamu sudah mencapai lebih dari 600 followers, silakan coba Spaces. Caranya sangat mudah, Twitter sudah mengintegrasikannya di tombol + dimana kamu biasanya membuat twit terbaru.

Klik tombol + atau tambah di aplikasi Twitter

Dalam tombol + di aplikasi Twitter di ponsel kamu, terkandung empat macam tool unggahan. Yang pertama adalah tweet, kemudian Gif, foto, dan terakhir Spaces.

Pilih menu Spaces

Kamu mesti memilih tool Spaces untuk memulai Spaces. Lantas ada pop-up yang berjudul Spaces Anda. Beri nama dulu, lalu klik tombol “Mulai space Anda”.

Rekam suara

Ada pop-up selanjutnya yang memberikan kamu kesempatan untuk merekam suara. Aktifkan microphone terlebih dahulu untuk memulainya. Kemudian kamu juga bisa mengundang orang lain untuk sama-sama bergabung sebagai pembicara.

Undang peserta

Jika sudah selesai, Spaces ini akan tampil dalam kolom Fleet di bagian atas. Ketika seseorang ingin bergabung, maka mereka tinggal mengklik lingkaran dengan frame biru tua diatas, kemudian klik bergabung untuk mendengarkan Spaces tersebut. Kamu juga bisa mengundang peserta secara langsung lewat Tweet maupun DM.

Akhiri jika sudah selesai

Silakan klik tutup atau akhiri jika kamu menganggap Spaces tersebut sudah selesai.

Mendapatkan Penghasilan dari Spaces

Twitter saat ini sedang membuat beberapa fitur menarik untuk Spaces ini. Beberapa diantaranya yakni Co-hosting, Scheduling, peningkatan captions, serta label dan peringatan yang diperbanyak.

Satu lagi yang sedang dibuat Twitter untuk Spaces ini adalah Ticketed Spaces. Sesuai namanya, fitur ini bakal memberikan penghasilan bagi host yang menjadi ‘tuan rumah’ bagi Spaces.

Pasalnya orang-orang yang bergabung dalam Spaces-nya akan dimintai tiket berbayar dengan nominal yang bisa disesuaikan oleh host sendiri. Nah, tinggal tunggu saja semua fitur dari Spaces tersebut bisa dinikmati bersama-sama.

Lantas apakah kamu suka dengan penambahan fitur Spaces di Twitter? Jika suka silakan dicoba. Namun jika tak suka, silakan kemukakan alasannya di kolom komentar.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini