10 Trik Google Chrome Mobile Android yang Jarang Diketahui

0
trik chrome android

Seperti aplikasi peramban internet pada umumnya, Google Chrome mayoritas dipergunakan untuk menjelajahi internet. Dengan mengetikkan alamat situs di tab address-nya, Anda sudah menggunakan aplikasi ini. Padahal ada banyak trik Chrome Mobile Android yang jarang diketahui.

Sampai awal tahun 2020 ini, update terakhir Chrome di Play Store memberikan sedikitnya 15 trik yang tersembunyi. Semuanya akan disebutkan disini satu-persatu. Apabila ada pembaruan, daftar inipun akan ditambah lagi.

trik chrome mobile android

1. Mode Gelap

Saat ini pengguna Android 10 belum merata. Sehingga salah satu fitur, yakni mode gelap, belum banyak dinikmati oleh pengguna Android secara umum.

Untuk itulah Google memberikan pembaruan agar para pengguna Chrome di Android bisa menikmati mode gelap tersebut meski masih memakai Android versi yang lama.

trik chrome mobile android

Untuk mengaktifkannya Anda hanya perlu ke Pengaturan > Tema > pilih Gelap. Sayangnya pengaturan ini tidak akan berfungsi penuh apabila situs yang dikunjungi tidak mendukung mode gelap dari Chrome mobile.

2. Mengunduh Halaman yang Diinginkan

Di negara yang kerap menemui jaringan internet tidak stabil, Anda bisa jadi pernah dibuat frustasi. Sebabnya proses muat halaman situs jadi melambat. Sementara situs itu penting.

Untunglah Chrome memiliki solusinya. Anda bisa memilih tombol ‘Unduh ketika online’. Sehingga ketika internet kembali stabil, Anda tidak kehilangan akses terhadap halaman tersebut.

3. Menyimpan Halaman Situs Sebagai PDF

Setelah bisa mengunduh suatu laman agar bisa dibuka ketika online, Chrome juga memungkinkan mengubah halaman yang diunduh menjadi file PDF.

Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk melakukannya. Cukup menggabungkan fitur share dan fungsi ‘Print as PDF’, Anda sudah mendapatkan satu halaman penuh dari laman situs yang dikunjungi dalam file PDF.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu membuka menu Chrome dan mengklik menu Bagikan / Share. Ketika pilihan pop-up muncul, pilihlah Cetak. Ada dua pilihan pencetakan laman, pertama ke printer, dan kedua simpan sebagai PDF. Pilih yang menjadi PDF.

Kalau opsi menjadi PDF sudah muncul, bakal muncul tombol PDF dengan warna turquoise. Klik saja tombol itu, lalu simpan. Anda bisa membukanya kapanpun dengan aplikasi pembaca file PDF yang sudah terinstal.

4. Klik Kata atau Frase untuk Googling

Salah satu titik paling kuat dari besarnya Google adalah ekosistemnya. Mereka mampu mengintegrasikan dengan baik seluruh aplikasi di sistem operasi Android. Salah satunya Chrome dengan Google Search.

Ya, Anda tinggal mengetikkan google.com atau lainnya untuk mencari kata kunci tertentu. Namun bagaimana kalau dari sebuah laman situs biasa, anda memblok kata tersebut dan laman Google Search muncul dari bawah situs tersebut lengkap dengan hasil pencariannya?

Itulah yang kini bisa dilakukan di Google Chrome Android. Anda dimudahkan untuk terintegrasi dengan layanan Google yang lainnya.

5. Klik Email, Nomor Telepon, dan Alamat untuk Langsung Menggunakannya

Pada Google Chrome, ketika Anda mengunggah sebuah halaman di situs yang berisi alamat lengkap, maka alamat tersebut akan tetap menjadi teks biasa.

Kesan ini membuat Chrome kalah canggih dengan Safari milik Apple. Sebab di peramban tersebut setiap alamat lengkap itu akan berubah menjadi tautan.

Untuk itulah Google memberikan pembaruan agar setiap email bisa diblok dan secara otomatis muncul aplikasi email yang dipergunakan. Nomor telepon yang diblok akan memunculkan aplikasi telepon default. Sementara alamat lengkap akan dibantu dengan kemunculan Google Maps untuk memudahkan pengguna mencari alamat yang dimaksud.

6. Bisa Menambahkan Mesin Pencari Selain Google Search

Chrome memang dibuat oleh Google. Meski sebagai mesin pencari yang dianggap paling baik dan dipergunakan oleh banyak orang, siapa tahu ada yang keberatan memakainya.

Untuk itulah Chrome menambahkan fitur agar penggunanya bisa menggunakan mesin pencari default lainnya selain Google Search.

Anda cukup pergi ke menu Pengaturan > Mesin telusur > dan pilih salah satu mesin pencari yang disediakan. Pilihannya ada Google, Yahoo!, Bing, dan DuckDuckGo.

7. Bisa Melakukan Zoom pada Seluruh Website

Setiap halaman yang secara default sudah responsive jarang yang bisa diperbesar dengan fitur zoom pada Chrome. Namun tetap saja, ada fitur zoom yang bisa memaksa setiap halaman situs agar bisa diperbesar.

Silakan buka menu pengaturan, tekan ‘Aksesibilitas’, dan centang ‘Aktifkan Zoom secara paksa’. Anda sudah bisa melakukan zoom pada seluruh halaman situs yang dikunjungi.

8. Menambahkan atau Menghilangkan Tombol HOME

Pada beberapa perangkat, Chrome menjadi salah satu paket bloatware yang sudah dikostumisasi. Sehingga pada sebagian besar Chrome yang telah diatur tersebut, telah ada tombol home dan bookmark.

Sayangnya tak semua seberuntung itu. Ada saja mereka yang menginstal Chrome dan tak menemukan dua tombol tersebut, terutama tombol home.

Kalau Anda mengalaminya, silakan salin tautan berikut chrome://flags/#force-enable-home-page-button ke kolom alamat di Chrome anda. Lalu pilih tombol ‘on‘ pada menu Aktif.

Sebaliknya, apabila Anda ingin menyingkirkan logo home di samping address tab, silakan ke Pengaturan > Beranda > dan pilih off pada menu Aktif.

9. Mendapat Notifikasi Situs dari Chrome

Situs yang kerap memberikan notifikasi tentu saja situs media sosial seperti Twitter, Instagram, dan Facebook. Namun tak tertutup kemungkinan pengelola situs lainnya juga memberikan pilihan notifikasi serupa.

Lewat Chrome pula seluruh situs yang diatur bisa mengirimkan notifikasi, bakal membuat bising ponsel Anda dengan dering yang berulang-ulang.

Notifikasi ini bisa diatur di menu pengaturan dengan memilih tombol off untuk setiap situs yang telah diatur on notifikasinya. Sebaliknya juga bisa. Terserah Anda.

10. Berpindah Antar Tab Halaman Hanya dengan Menggeser

Saya kurang tahu apakah fitur ini penting buat Anda. Namun Chrome memberikan fitur untuk memindah antar tab halaman hanya dengan digeser.

Anda cukup menggeser ke kiri dari tab halaman yang pertama untuk menuju ke tab halaman yang kedua dan seterusnya. Setelah tab yang terakhir, Anda perlu menggeser ke kanan untuk kembali ke tab yang pertama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here