Bisnis  

Pertama Kali Beli Motor? Ikuti 7 Tips Memilihnya Ini

motor suzuki

Sudah berusia 17 tahun dan selesai membuat KTP? Artinya kamu bisa langsung membuat SIM dan mengendarai motor baru. Ada banyak jenis sepeda motor favorit dari Suzuki yang bisa kamu pilih, tapi jangan asal pilih juga.

Memilih kendaraan yang akan kamu gunakan dalam beberapa tahun kedepan sangatlah penting. Kenyamanan dan bagaimana perawatannya jadi bahan pertimbangan yang utama. Apa saja tips untuk memilihnya, bisa kamu simak di sini.

7 Tips Pemilihan Sepeda Motor Pertama Kamu yang Tepat

Sudah memiliki uang yang cukup untuk membeli sepeda motor baru, bukan berarti kamu hanya perlu membeli yang paling mahal. Tentukan sepeda motor yang sesuai dengan kebutuhan kamu sekarang dan masa depan.

Masih banyak pemuda Indonesia yang memilih kendaraan hanya berdasarkan tampilannya saja yang keren. Padahal mungkin saja suku cadang mahal atau sulit didapatkan. Hal ini bisa berdampak pada perawatannya yang sulit.

Menghindari kesalahan beli, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti ketika pertama kali memilih sepeda motor. Berikut ini beberapa tipsnya.

1. Memilih Merk dan Menentukan Dealer

Survei adalah hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan informasi dari merk-merk motor. Anda bisa mengecek beberapa dealer motor terdekat baik itu berbeda merk atau sama.

Kenali jenis motor apa saja yang mereka sediakan lengkap dengan spesifikasinya. Perbedaan spesifikasi ini bisa jadi pembanding. Walaupun Anda tidak mahir dalam hal mesin namun bukan berarti tidak bisa memilihnya.

2. Mengecek Review Pengguna Motor

Saat ini menggali informasi melalui internet sangatlah mudah. Anda bisa mengetahui review-review dari pengguna motor. Misalnya saja Anda ingin membeli Suzuki Nex II, maka Anda bisa cek review orang yang sudah pernah membelinya.

Ada beberapa aspek yang bisa Anda cek seperti kemampuan akselerasinya, apakah motor boros atau bahkan kelebihan lain dari segi aksesorisnya. Mengenali spesifikasi ini akan memudahkan Anda untuk membandingkan dengan motor sejenis lainnya.

3. Melakukan Test Ride

Beberapa dealer motor menyediakan layanan test ride yang tentu saja sangat menguntungkan sebagai calon pembeli. Selama test ride cobalah untuk mengecek motor secara keseluruhan apakah fiturnya berfungsi sesuai dengan kebutuhan.

Namun bagaimana dengan dealer yang tidak menyediakan test ride? Anda bisa mencari kerabat yang sudah menggunakan motor tersebut. Tanyakan dan coba langsung motor, Anda bahkan bisa mendapatkan feedback lengkap dari motor tersebut.

4. Seberapa Tinggi Frekuensi Pemakaian Motor

Anda sebagai pembeli pertama kali juga harus memperhatikan frekuensi penggunaan motor. Apakah ingin menggunakannya setiap hari untuk pulang pergi kuliah atau kerja. Mungkin juga hanya digunakan pada akhir pekan saja.

Semakin sering frekuensinya artinya Anda harus mencari motor dengan spesifikasi irit bbm dan tangguh. Ditambah lagi dengan harga suku cadang yang murah dan mudah ditemukan akan menjadi pilihan paling tepat.

5. Proporsi Bodi dan Kenyamanannya

Hanya dengan mengecek spesifikasi dari tulisan saja tidak cukup jika Anda ingin merasakan kenyamanan motor tersebut. Anda bisa mengecek terlebih dahulu kondisi fisik dari motor usai memperhatikan spesifikasinya.

Kenyamanan akan didapatkan dari motor yang memiliki proporsi bodi pas. Anda harus menyesuaikannya dengan postur tubuh. Apalagi jika Anda berencana menggunakannya setiap hari, maka tubuh harus tetap nyaman saat mengendarainya.

✔️ BACA JUGA:  SEVA Pusat Mobil Murah, Jual-Beli Mobil Jadi Aman dan Nyaman

6. Cara Pembayaran yang Diterima

Anda juga harus tahu cara pembayaran apa saja yang diterima oleh dealer tersebut. Apakah pembayaran secara tunai atau kredit dan cari tahu promo apa saja yang sedang berlaku.

Metode pembayaran yang diterima ini akan menentukan keuangan yang Anda miliki saat ini. Jadi sebaiknya tentukan bagaimana cara membayar yang akan Anda pilih sehingga bisa langsung membawa 1 unit sepeda motor.

7. Jenis Jalan yang Sering Dilewati

Tips terakhir adalah menyesuaikan motor dengan jenis jalan yang akan sering dilalui. Jika Anda sering melalui area jalan bukan aspal atau jalan menanjak maka perlu motor dengan ketangguhan terbaik.

Anda harus mencari tahu kemampuan motor tersebut untuk melalui jalan bukan aspal. Jika tidak perawatan bisa jadi lebih mahal dan mesin mudah rusak karena tidak sanggup melewati jenis jalan yang kerap dilalui.

Ikuti ketujuh tips ini sehingga Anda tidak perlu salah pilih kendaraan. Pastikan motor yang dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
2
Share