internet

Internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang. Apalagi tren belajar dan bekerja di rumah sudah berjalan setahun ini. Namun tak semua orang beruntung memiliki internet yang cepat.

Internet yang cepat dulu hanya dimiliki orang dengan privilege, hanya mereka yang beruntung. Sekarang rasanya internet yang cepat bisa dimiliki oleh berbagai kalangan sebab biaya bulanannya terbilang ringan.

Untuk pengguna layanan seluler pun, seperti Telkomsel yang memiliki jaringan luas, urusan kecepatan internet cukup bisa diandalkan. Bahkan bisa menopang kebutuhan Wi-Fi kamu di rumah. Namun tentu saja adakalanya jaringan nirkabel ini memiliki masalah kecepatan.

Nah, buat kamu yang memiliki masalah kecepatan internet, jangan buru-buru menyalahkan layanan seluler maupun layanan penyedia internet seperti Biznet maupun Indihome.

Kali ini Kopitekno.com akan membagi tips buat meningkatkan kecepatan internet di rumah kamu sebelum berpikir untuk mengganti layanan. Yuk kita simak sama-sama.

1. Pindahkan Router maupun Modem

Agar internet di rumah kamu cepat, coba kamu perhatikan posisi Router maupun modem yang sudah terpasang. Pasalnya dua benda yang memancarkan sinyal internet ini bukanlah makhluk astral yang bisa menembus benda padat.

Sinyal internet bisa terhalang dan bahkan tak akan sampai ke perangkat kamu kalau ada begitu banyak sekat-sekat yang menghalangi. Makanya cara terbaik agar internet kamu lebih cepat adalah pindahkan modem maupun router ke tempat yang bisa menjangkau semua perangkat IoT.

2. Pakai Kabel Ethernet

Meski lebih praktis memakai Wi-Fi, tapi tentu saja kamu perlu ingat bahwa teknologi lama yang bernama kabel masih ada. Maka silakan pakai kabel tersebut jika memungkinkan agar koneksi lebih maksimal.

Bagi banyak kondisi, kabel masih sangat dibutuhkan sebab bisa memangkas latensi jauh lebih banyak dibandingkan jaringan nikabel.

3. Mengubah Saluran

Kamu perlu mengetahui bahwa yang namanya Wi-Fi itu memiliki saluran tersendiri untuk menghantarkan sinyalnya. Ada saluran 2,4 GHz dan ada saluran 5 GHz. Keduanya lazim dipakai oleh pabrikan Wi-Fi saat ini.

Masalah kemudian muncul ketika tetangga kamu memakai saluran yang sama dengan Wi-Fi yang ada di rumah kamu. Sehingga ini menimbulkan kemacetan saluran karena dua sinyal yang sama bisa saling berbenturan. Maka silakan ubah saluran kamu agar berbeda dari saluran Wi-Fi milik tetangga.

4. Beli Router Baru

Ya, sebab terkadang yang namanya penyedia layanan sudah memiliki standar kecepatan masing-masing. Sehingga apa yang terjadi pada internet kamu boleh jadi disebabkan router di rumah kamu yang perlu diganti.

5. Memakai Wi-Fi Extender

Wi-Fi Extender merupakan semacam penguat sinyal maupun perangkat untuk menduplikasi router utama. Jadi ketika kamu memakai alat ini, maka sinyal yang ditangkap sekalipun rendah akan dipancarkan kembali setara dengan router utama.

Saya pernah memakai Xiaomi Wi-Fi Extender seharga Rp150.000, dan hasilnya memang sangat direkomendasikan untuk peningkat sinyal Wi-Fi. Silakan dicoba.

6. Memasang Kata Kunci Wi-Fi

Biarlah kamu dikatakan pelit ketika tidak membuka secara bebas jaringan Wi-Fi di rumah kamu. Sebab jaringan yang terbuka bisa menyebabkan kecepatan internet yang kamu pergunakan bisa menurun drastis.

Makanya pergunakanlah kata kunci alias password agar tidak ada sembarang orang yang mengakses internet di rumah kamu untuk keperluan mereka streaming Drama Korea, misalnya. Sebab itu hanya akan memperlambat internet di rumah kamu.

7. Restart Router atau Modem Kamu

Ini memang menjadi olok-olok pada Indihome. Namun percayalah salah satu cara yang mujarab untuk mengembalikan kecepatan internet sesuai standar adalah melakukan restart pada modem atau router kamu.

8. Mengganti atau Meningkatkan Layanan Internet

Kalau semua cara sudah dilakukan, ya tak ada cara lain selain mengganti atau meningkatkan layanan internet di rumah kamu. Silakan pilih dan banding-bandingkan layanan serta harganya sesuai dengan budget di kantong kamu.

Buat kamu yang mau berlangganan Netflix dan sedang memilih internet yang cocok, penyedia layanan video ini memberikan penilaian berdasarkan penelitian mereka terhadap kecepatan penyedia internet di Indonesia. Hasilnya bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

RankingKecepatanInternet Service Provider (ISP)
13,4 MbpsBiznet, Cyberindo Aditama, GIG by Indosat Ooredoo, MNC Play, MyRepublic
23,2 MbpsLinkNet, XL Home
31 MbpsTelkom

Berdasarkan penelitian Netflix tersebut, silakan pilih penyedia layanan kamu.

Demikianlah tips meningkatkan kecepatan internet di rumah kamu. Semoga bermanfaat ya.

Berita sebelumyaHarga dan Spesifikasi Realme Terbaru 2021
Berita berikutnyaEffects of Social Media on Mental Health You Should Know

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here