Tips  

7 Tips Membeli Laptop Bekas Online yang Bagus & Berkualitas agar Tak Menyesal

tips membeli laptop bekas online berkualitas
tips membeli laptop bekas online berkualitas

Jangan sampai menyesal jika salah beli akibat tertipu, inilah tips membeli laptop bekas online untuk pemula yang berkualitas dan ketentuannya lengkap.

Sedang nencari tips membeli laptop bekas? Maka kamu tepat sekali berada di artikel ini. Jaman sekarang, membeli laptop bekas berkualitas lumayan sulit. Terkadang terjadi, saat membeli laptop dengan murah ternyata ada beberapa komponen yang harus diganti atau bertahan yang tidak lama, sehingga harus dibawa ke tukang servis laptop terdekat untuk diservis kembali.

Oleh karena itu, perlu diketahui tips membeli laptop bekas yang bagus dan berkualitas baik agar tidak menyesal. Dalam keadaan terdesak dana dan kebutuhan yang serba digital, membeli laptop bekas menjadi solusi yang tidak bisa diabaikan baik anak sekolah, kuliah, maupun pekerja.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Layar TV LED untuk Menghindari Kerusakan, Mudah dan Aman

The BalanceMB menjelaskan terkait limbah elektronik yang kian bertambah hingga 50 juta ton. Dengan membeli laptop bekas, setidaknya dapat mengurangi penambahan limbah ini.

Lantas, apa sajakah tips membeli laptop membeli bekas berkualitas dan baik agar tak tertipu? Yuk, simak terus artikel ini sampai habis.

Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas

1. Ketahui Apa yang Menjadi Kebutuhan

Tips pertama adalah melihat dan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan. Di luar sana ada begitu banyak jenis dan spesifikasi laptop yang pastinya sangat diinginkan.

Dengan berbagai kelebihan dan kecanggihannya, tentu akan membuat bingung ingin laptop yang seperti apa. Maka, sesuaikanlah spesifikasi laptop seperti RAM atau prosesor dengan kebutuhan.

Baca juga: 6 Penyebab Hardisk Tidak Terbaca di PC yang Harus Diketahui

2. Pilih Toko yang Terpercaya

Setelah mengetahui laptop apa yang dibutuhkan, tips membeli laptop bekas selanjutnya adalah pilih toko yang dapat dipercaya. Dengan begitu dapat terhindar dari penipuan.

Selain itu, mungkin dapat membeli laptop dengan harga miring dan berkualitas. Jika membeli laptop secara online, cobalah untuk Cash on Delivery (COD) untuk menjaga keamanan barang.

Baca juga: 5 Cara Menambah RAM HP Samsung Tanpa Harus Root

3. Survey Harga Laptop

Dalam membeli barang bekas, menaksir harga wajib diperhatikan. Akan sangat merugikan jika membeli barang bekas dengan harga sama atau lebih mahal dari harga aslinya.

Oleh karena itu, perlu riset atau survey harga terlebih dahulu. Dapat dilakukan dengan mulai membandingkan toko yang satu dengan lainnya sekaligus untuk menghindari berbagai macam penipuan.

Baca juga: 5 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP Android, Mudah!

4. Periksa Keyboard dan Touchpad

Dalam membeli laptop, keyboard dan touchpad menjadi komponen penting yang harus diperhatikan. Keyboard dan touchpad berfungsi sebagai komponen yang memasukkan perintah dalam laptop.

Untuk mengecek keyboard, dapat dilakukan dengan menekan tombol keyboard satu persatu. Sedangkan, mengecek touchpad dapat menyentuhnya di berbagai sisi serta mengklik dua kali untuk melihat respon yang diberikan.

Baca juga: 5 Cara Merekam Telepon WhatsApp Melalui HP Android, Praktis!

5. Periksa RAM dan Prosesor

Tips yang satu ini tidak bisa dilihat secara fisik, tetapi harus mengeceknya di dalam laptop. Seperti, untuk mengecek jenis dan ukuran RAM dapat dilihat di pengaturan laptop.

Sedangkan, untuk mengecek kinerja/performa laptop dapat dilakukan dengan mencoba membuka aplikasi ringan sampai berat dan membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Baca juga: Rekomendasi 5 Aplikasi Rekam Layar iPhone Terbaik, Gratis!

6. Periksa Layar LCD

Layar merupakan bagian penting yang perlu diperhatikan. Karena walaupun spesifikasi lain bagus tapi layar bermasalah, maka aktivitas akan tetap terganggu.

Untuk melihat ada atau tidaknya masalah pada layar laptop, dapat dilihat apakah ada guratan, retakan, ketidakjelasan, dan bintik hitam/putih. Untuk melihat kondisi tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan kecerahan pada layar.

Baca juga: 6 Cara Memperbanyak Followers Instagram Tanpa Aplikasi

7. Periksa Baterai dan Charger

Dalam laptop, ada dua jenis baterai yaitu baterai tanam dan bukan tanam. Baterai bukan tanam cenderung mahal, sedangkan untuk baterai tanam tidak bisa diganti.

Kemudian, charger laptop terkadang sulit mendapatkan yang ori dan cenderung mahal. Untuk mengecek status baterai dapat dilakukan dengan melihat durasi baterai saat digunakan sampai habis.

Itulah tips membeli laptop bekas yang baik dan berkualitas. Selain yang telah disampaikan di atas, perlu diperhatikan juga pada kondisi badan laptopnya. Terkadang, badan laptop mencerminkan kondisi penggunaannya.

Kemudian, perlu diingat, bahwa dalam tips membeli laptop bekas yang bagus yaitu dianjurkan dengan mengecek kondisi masa penggunaannya tidak lebih dari satu tahun atau maksimal tiga tahun.

Not a Popular
tips membeli laptop bekas, tips membeli laptop bekas kaskus, tips membeli laptop bekas berkualitas, membeli laptop bekas tips, tips membeli laptop bekas online, tips membeli laptop gaming bekas, tips membeli laptop bekas agar tidak tertipu, tips sebelum membeli laptop bekas, tips membeli laptop apple bekas

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News