Tips  

10 Tips Biar Instagram Reels Viral Banyak Penonton!

reels viral

Banyak yang memberikan testimoni, sejak Reels hadir, video yang mereka masukkan disana mendapatkan banyak penonton. Itulah mengapa makin banyak yang berupaya mengunggah video vertikalnya ke fitur Instagram yang satu ini.

Kabar baiknya, tak hanya sekadar mendapatkan penonton lebih banyak daripada yang tercatat di statistik postingan biasa. Reels juga bisa membuat akun Instagram Anda viral dan menjangkau penonton yang tak terkira banyaknya.

Anda juga bisa mengupayakan Reels yang dibuat itu bisa viral. Untuk itu Kopitekno.com kali ini akan membagikan tips yang sudah dipakai para kreator yang terlebih dahulu viral di Reels.

1. Menghapus Watermarks

Demi profesionalitas karir kreator Anda, hendaknya pakailah editor video yang meskipun gratis tapi tak meninggalkan watermark atau tanda air. Pakailah aplikasi berbayar yang menanggalkan watermark, kalau bisa.

Kalaupun Anda mengunduhnya dari TikTok sendiri, dan watermark dengan nama Anda sendiri, tetap saja keberadaan tanda air itu mengganggu. Unduhlah video itu dari tool yang sekiranya tidak meninggalkan watermark.

2. Menggunakan Musik yang Sedang Trending

Adakalanya sebuah musik terdengar sebagai backsound video. Tak cuma satu video, bahkan setiap video yang viral memakai musik tersebut. Nah, musik itu ternyata memang trending.

Ada baiknya Anda juga memakai musik yang trending itu untuk dijadikan sebagai musik latar belakang. Sehingga orang-orang yang mencari video lewat musik tersebut, akan menemukan video Anda juga.

3. Buatlah Video yang Berkualitas

Kualitas sebuah video tak hanya ditentukan oleh alur cerita maupun teknik pengambilan saja, namun hp atau kamera yang dipakai juga menentukan.

Hp kamera yang bagus tentu bakal menghasilkan video dengan kualitas resolusi yang menarik ketika diunggah. Jangan lupakan juga keberadaan lighting. Para kreator biasanya menggunakan ring light untuk menambah efek cahaya.

BACA JUGA:  Akhirnya Instagram Bisa Unggah Foto Lewat PC, Ini Caranya

4. Buat Caption Menarik

Untuk menghilangkan bias atau ambigu pada video yang diunggah, buatlah caption yang menarik dan memikat. Menarik saja masih belum bagus, sebab kurang memikat mata. Maka buatlah keduanya.

Caption ini juga bisa membantu mereka yang mengalami kesulitan pendengaran. Bahkan yang paling bermanfaat dari caption ini adalah video Anda lebih mudah ditemukan karena relevan dengan pencarian pengguna.

5. Menambahkan Teks Pendukung di Video

Ternyata caption juga bisa jadi tak cukup. Oleh karena itu Anda mesti menambahkan teks di video juga. Hal ini bermanfaat untuk menambah penjelasan dari video yang sudah Anda buat.

Teks ini juga membantu video Anda buat terlihat lebih baik ketika video itu masih berada di beranda dan belum dibuka oleh pengunjung.

6. Pastikan Video Itu Vertikal

Reels memang dibuat untuk menyaingi TikTok, YouTube Short, dan platform sejenisnya. Sehingga Anda memang mesti meluangkan waktu lainnya untuk bisa memproduksi konten Reels, disamping video untuk platform seperti YouTube maupun facebook Watch.

7. Buatlah Transisi yang Bagus

Transisi adalah kunci. Setidaknya hal itulah yang membuat banyak video viral dan menjadi candu bagi yang melihatnya.

Reels memang dibuat sebagai platform video yang menyenangkan. Sehingga Anda tak perlu membawa keseriusan Anda disini. Jika pun serius, silakan ubah keseriusan tersebut kedalam video yang menyenangkan dengan transisi yang apik.

8. Kejarlah Jam Ramai

Anda mesti mengetahui waktu-waktu ramai dimana video maupun postingan Anda secara umum ramai dikunjungi. Kemudian unggah video Reels Anda beberapa saat sebelum waktu ramai tersebut. Lihat hasilnya.

Untuk melihat waktu-waktu ramai, Anda bisa melihat notifikasi yang diberikan oleh platform Meta Business. Namun nasehat berbagai ahli media sosial juga bisa dipakai untuk soal jam ramai ini.

BACA JUGA:  5 Types of Persuasion Techniques Commonly Seen In Social Media

9. Tanggapi Konten yang Viral

Anda bisa menanggapi konten yang viral untuk menumpang viral juga. Silakan tanggapi video selebritis yang biasanya selalu ramai, tanggapi juga konten kreator lainnya, atau tanggapi video yang sedang trending sebagai strategi follow the wave.

10. Patuhi Pedoman Komunitas

Jika videomu viral namun selang beberapa saat malah diturunkan oleh Instagram, ‘kan jadi enggak lucu. Maka patuhi Pedoman Komunitas Instagram, baik sebelum membuat konten, saat membuat konten, hingga setelah konten itu diunggah.

No ratings yet.

Please rate this