Tips Cara Memilih Aplikasi Al Quran yang Bagus untuk Smartphone

Cara Memilih Aplikasi Al Quran
Cara Memilih Aplikasi Al Quran

Ibadah bagi umat Islam bukan hanya sholat lima waktu. Membaca kitab suci Al Quran juga termasuk ibadah. Karena melantunkan ayat suci mendapat pahala tersendiri. Terlebih lagi, kamu yang beragama Islam sangat dianjurkan membaca kitab suci ini. Sekarang bentuk kitab turut mengikuti perkembangan zaman. Tersedia software yang bisa diinstall pada smartphone. Namun, cara memilih aplikasi Al Quran yang bagus perlu pertimbangan.

Ya, kitab suci tidak terbatas dalam bentuk buku atau mushaf. Kumpulan ayat-ayat suci Allah SWT ini bisa ditemui berupa aplikasi. Bahkan bisa terpasang pada semua jenis sistem operasi. Cara memilih aplikasi Al Quran yang berkualitas dapat meningkatkan ibadah di mana saja dan kapan saja.

Teknologi memberikan kesempatan meraih pahala melalui gadget. Sehingga tidak perlu repot membawa mushaf yang cukup tebal. Hukum membaca ayat-ayat suci Allah SWT dalam versi digital diperbolehkan oleh ulama. Asalkan tahu cara memilih aplikasi Al Quran yang tepat. Agar tidak salah dalam membaca dan mempelajari setiap ayat. Karena isi dari kitab suci ini sudah paten. Jadi, isinya tidak berubah sejak zaman diturunkannya.

Cara Memilih Aplikasi Al Quran untuk Smartphone

Kemudahan yang tersaji dalam kitab suci digital memang menjanjikan. Terlebih lagi bagi kamu yang sedang dalam perjalanan. Beribadah menjadi lebih mudah dalam genggaman tangan. Tak elak, teknologi di era modern menumbuhkan semangat mencari pahala disela rutinitas. Keberadaan aplikasi ayat suci Allah SWT menjadi perantara penambah keimanan.

Terlepas dari itu, kamu perlu memikirkan software yang akan diinstall. Karena sudah menjadi pedoman, Al Quran adalah kitab suci umat Islam. Apalagi banyak jenis software yang tersedia pada Google PlayStore dan AppStore.

Untuk itu, cara memilih aplikasi Al Quran harus dilakukan secara tepat. Agar tidak salah dalam pelafalan dan pengertian. Sehingga kamu dapat beribadah di mana saja dengan nyaman.

BACA JUGA:  3 Cara Menginstal Aplikasi Al Quran di Laptop dan PC OS Windows  

Jumlah Baris dalam Setiap Halaman

Pada dasarnya, pembuatan software Kitabullah tidak boleh asal Tetap harus berhati-hati dalam menyalinnya. Karena mengandung kalimat yang bermakna. Terlebih lagi, isi dalam mushaf ini sifatnya tetap. Sehingga tidak boleh salah ejaan bahasa arab, peletakan tajwid dan waqaf harus tepat. Sekali ada huruf yang salah, maka pengertiannya akan berbeda.

Begitu pula dengan jumlah baris dalam tiap halaman. Bentuk smartphone tidak seperti kitab yang berbentuk buku. Perangkat keras ini memiliki keterbatasan dari segi resolusi dan lebar layar. Sehingga ukuran ayat akan lebih kecil Al Quran asli. Sementara itu, bacaan harus terlihat jelas. Agar memudahkan orang yang sedang mengaji.

Jumlah baris yang ideal adalah 15 hingga 17 baris per halaman. Aturan ini telah sesuai dengan rujukan mushaf. Kitabullah yang lama berjumlah 17 baris. Ini mengikuti standar Mushaf Bombay. Sementara 15 baris yang sering terlihat belakangan ini menganut standar Mushaf Mesir.

Letak Waqaf dan Ibtida

Penempatan waqaf dan ibtida sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad Saw. Waqaf merupakan tempat berhenti sementara. Letaknya berada di tengah-tengah ayat. Biasanya berada diantara ayat yang cukup panjang. Kegunaan tanda ini untuk membantu mengatur napas. Sehingga bisa melantunkan ayat suci dengan baik dan indah.

Tapi, letak waqaf dalam kitab ini bisa berbeda-beda. Perbedaan ini sebenarnya sudah terjadi sejak zaman sahabat Rasulullah Saw. Setiap tanda sudah disesuaikan dengan sanad penulis Kitabullah ini. Terjadinya perbedaan ini bukanlah masalah besar pada waktu itu.

Indonesia juga menganut pada dua standar. Kamu bisa menemukan standar Kudus dan Madinah. Kedua acuan waqaf ini sama-sama baik. Orang Indonesia biasa menggunakan standar Kudus. Karena mengikuti tarikan napas orang Indonesia yang cenderung pendek. Tapi, kamu juga boleh menginstall aplikasi standar Madinah. Hanya jika memiliki napas panjang.

BACA JUGA:  3 Cara Menginstal Aplikasi Al Quran di Laptop dan PC OS Windows  

Tersedia Fitur yang Lengkap

Cara memilih Aplikasi Al Quran perlu kamu perhatikan fiturnya. Setiap perangkat lunak tidak sama. Ada yang menyediakan fitur terbatas. Tapi, fitur yang lengkap biasanya lebih digemari. Apalagi umat Islam dianjurkan untuk memahami pengertian setiap ayat.

Berikut ini fitur aplikasi yang perlu kamu dapatkan.

  • Fitur Terjemahan dan Tafsir. Jika sudah bisa membaca, maka dianjurkan untuk memahami isinya. Tapi, kamu perlu mengetahui arti dari ayat Kitabullah. Fitur terjemahan dan tafsir akan membuka matamu lebih luas. Sehingga kamu bisa memahami makna ayat secara mendalam.
  • Fitur Audio Murrotal. Fitur dalam aplikasi Al Quran saat ini berkembang pesat. Sudah banyak yang menyediakan fitur audio. Sehingga kamu bisa mendengarkan lantunan ayat suci saat dalam perjalanan. Fitur ini juga membantu untuk membaca kalimat Allah SWT dengan benar. Dengan begitu, kamu bisa segera memperbaiki car abaca.
  • Fitur Penanda Bacaan. Mushaf berupa buku tidak menyediakan penanda bacaan. Kamu mungkin sering mencoret atau memberi tanda dengan alat tertentu. Hal ini bisa saja membuat Al Quran terlihat kotor. Dalam software, kamu bisa menandai ayat terakhir yang sudah dibaca. Sehingga kamu segera tahu melanjutkan surat dan ayat keberapa. Kamu tidak akan lupa atau terlewat satu ayat pun. Karena tersedia fitur bookmark.
  • Fitur Letak Tajwid. Al Quran tersusun atas kalimat berbahasa Arab. Pelafalannya cukup berbeda. Dengan kata lain memiliki aksen tersendiri. Setiap kalimat memiliki tajwid. Inilah yang menjadi pembeda antara kitab suci orang Islam. Aplikasi yang menyediakan fitur penanda tajwid memudahkan orang mengaji sesuai aturan.

Kapasitas Aplikasi

Faktor paling dasar yang perlu pertimbangan adalah kapasitas aplikasi Al Quran. Sebaiknya, periksa dulu berapa kapasitas memori yang tersisa pada smartphone. Ini akan memudahkanmu menentukan jenis aplikasi yang diinstall.

BACA JUGA:  3 Cara Menginstal Aplikasi Al Quran di Laptop dan PC OS Windows  

Karena software yang tersedia di Google PlayStore dan AppStore memiliki ukuran yang berbeda. Semakin lengkap fitur maka semakin besar memori yang dibutuhkan. Jika media penyimpananmu terbatas, pilihlah software dengan fitur yang sesuai kebutuhan.

Cara Memilih Aplikasi Al Quran, tapi Bagaimana Hukumnya Ya?

Keraguan terkadang masih muncul dalam benak. Terlebih lagi, kamu yang terbiasa membaca kitab suci Allah SWT bentuk fisik. Pertanyaan tentang hukum Islam pasti terngiang-ngiang. Hukum dan ganjaran membaca lembaran mushaf telah jelas. Lalu, bagaimana dengan membaca Al Quran digital?

Ternyata membaca ayat suci umat Islam pada smartphone diperbolehkan. Asalkan, isinya sesuai dengan bentuk asli. Baik membaca melalui mushaf maupun gadget memiliki ganjaran pahala yang sama. Rasulullah sendiri tidak menyebutkan sarana apa yang bisa digunakan. Tapi, sudah menjadi anjuran utama agar melafalkan ayat-ayat suci dalam keseharian.

Sudah menjadi kewajiban umat Islam untuk menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT. Salah satu yang sangat dianjurkan adalah melafalkan Kitabullah di keseharian. Keberadaan software ini, jelas menunjukkan semakin mudahnya memperoleh pahala.

Jangankan membaca, mendengar lantunan Al Quran saja Allah SWT menjanjikan kebaikan hidup. Tapi, cara memilih aplikasi Al Quran perlu sesuai dengan kaidah dan kebutuhan. Agar kamu dapat mempelajari pengertiannya secara luas dan menyeluruh.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News