asus chromebook

Beberapa laptop Chromebook memang dirilis di CES 2021, namun tampaknya tidak ada yang lebih menyita perhatian daripada Chromebook yang dirilis oleh ASUS. Sebab pabrikan asal Taiwan ini langsung merilis tiga Chromebook.

ASUS Chromebook CX9

asus-chromebook-cx9

Laptop Chromebook yang pertama merupakan ASUS Chromebook CX9 yang diperuntukkan bagi mereka yang aktif dan energik dalam pekerjaannya. Didesain dengan bentuk yang simpel dan ringkas namun gahar di bagian dalam. Sebab pada dapur pacunya tertanam 11th Gen Intel Core i5 maupun i7 dengan grafis Xe.

Prosesor tersebut ditopang oleh RAM 8GB atau 16 GB dengan jenis LPPDDR4X, dengan memori internal onboard hingga 2 TB. Port untuk menunjang produktivitas juga lengkap. Ada USB 3.2 Gen 2 Type-A, 4 port jenis Thunderbolt, dua Type-C USB 3.2, sebuah audio jack 3.5 mm, dan microSD reader.

Pada bagian layarnya juga terpasang panel FHD LCD 14 inci dengan rasio 16:9. Layar ini tentu membawa ciri khas ASUS yang memakai desain tanpa bingkai yang disebut NanoEdge Display. Sehingga mampu memberikan rasio screen-to-body sebesar 91% hingga 94% tergantung modelnya.

Sebagai laptop Chromebook yang tentu saja harus sering tersambung ke internet, ASUS Chromebook CX9 juga telah dibekali dengan WiFi 6 dengan teknologi penstabil WiFi dari ASUS. Sehingga koneksi internet nirkabel kamu tak akan terganggu.

Beberapa fitur lain dari laptop Chromebook ini adalah adanya keyboard backlit, anti cipratan air, keberadaan pemindai sidik jari, dan speaker dari Harman/Kardon.

ASUS Chromebook Flip CX5

ASUS Chromebook

Laptop Chromebook Flip CX5 sedikit berada dibawah CX9. Hal ini diketahui setelah dapur pacunya ‘hanya’ memakai 11th Gen Core i3 dan grafis UHD. Memori yang dipakai juga lebih rendah, yakni memori onboard dengan kapasitas 512GB. Meski begitu, pilihan RAM tetap di angka 8GB atau 16 GB.

Layarnya memakai 15,6 inci dengan panel touchscreen namun kecerahannya hanya 250 nits, lebih rendah dibanding CX9 yang 400 nits. Namun tentu laptop Chromebook ini lebih menghibur kamu dengan kemampuan engsel layarnya yang bisa dillipat nyaris 360 derajat.

ASUS Chromebook Flip CM5

ASUS Chromebook

Dari ketiganya, yang mungkin menarik perhatian adalah ASUS Chromebook Flip CM5. Sebab laptop ini dipersenjatai dengan AMD Ryzen 3 atau Ryzen 5 dengan Radeon Graphics. Nah, keraguan pengguna Chromebook soal gaming akhirnya diatasi oleh ASUS dengan laptop ini. Sebab ada dukungan untuk Google Stadia dan NVidia GeForce Now.

Laptop ini memiliki 15,6 inci layar sentuh dengan dukungan untuk stylus. Di bagian dalamnya selain AMD Ryzen diatas juga dibekali dengan RAM 16 GB dan memori 512GB.

Harga dan Ketersediaan

Ketiganya sudah mendapat standarisasi MIL-STD 810H. Dengan baterai yang mampu menghidupkan perangkat hingga 10 jam, bahkan CX5 sampai 12 jam.

Dengan spesifikasi tersebut, ASUS mengklaim ketiganya masuk sebagai jajaran laptop Chromebook terbaik di pasaran saat ini.

Sayangnya ASUS tidak menyebutkan kapan ketiga laptop ini bakal dirilis di pasaran, dan tentu saja soal harganya.

Berita sebelumyaASUS Rilis Laptop Gaming ROG Terbaru dari Ajang CES 2021
Berita berikutnyaSeru! Main Game Gopay Juga Terisi, Disini Tempatnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here