Awal September ini merupakan debut dari penerus Android 9 atau Android Pie, yakni Android 10. Kali ini sudah tidak ada versi beta lagi dan sudah tidak ada nama makanan sebagai alias dari sistem operasi mobile kebanggaan Google ini.

Seperti biasa, ada beberapa hal unik yang menyertai setiap versi baru dari Android. Kali ini sebagaimana diketahui terkait penamaan, juga ada branding baru, dan tentu saja fitur dan peningkatan yang dibawa oleh versi terbaru ini.

Artikel ini akan mengupas tentang hal apa saja yang dibawa oleh Android terbaru ini, termasuk cerita soal tidak lagi menamainya dengan nama makanan manis, pembaruan fitur yang paling signifikan, dan beberapa informasi tentang smartphone mana saja yang segera mendapatkan pembaruan Android ini.

Penamaan

Dari tahun ke tahun, nama Android versi terbaru selalu menjadi tebak-tebakan seru. Sebab selalu saja banyak usulan dari setiap huruf yang membersamai Android. Misalnya Android P kemarin yang kemudian diberi nama dengan Android Pie. Juga ‘marshmallow’ untuk Android M, dan seterusnya. Kali ini Google hanya memberinya nama Android terbaru ini saja, tanpa embel-embel apapun.

Alasan utama Google tidak lagi memakai nama makanan manis, sebab makanan tersebut cenderung hanya mengerucut pada beberapa tempat saja. Sementara Google sendiri ingin nama Android mengglobal. Misalnya nama ‘nougat’ untuk Android N tentu hanya orang di sekitara Perancis saja yang paham. Dan bisa jadi kue yang sama bakal dinamai berbeda di negara lainnya.

Selain nama, logo Android juga berbeda. Kali ini bukan ‘Bugdroid’ penuh yang muncul, namun hanya kepalanya saja sebagai maskot.

Fitur-Fitur Android 10

Pada Android 9 atau Android Pie yang lalu, fokus peningkatannya pada kemampuan kecerdasan buatan dan inetgrasi dengan Google Assistant. Kali ini Android terbaru ini lebih fokus dalam meningkatkan isu privasi dan keamanan.

Meski fokusnya lebih ke arah tersebut, bukan berarti Android 10 tidak menghadirkan fitur-fitur yang menarik sebagaimana biasanya. Ada beberapa fitur yang menarik yang cukup menonjol pada Android terbaru ini , berikut diantaranya:

  • Kehadiran Dark Mode. Pengguna Android cukup menantikan kehadiran fitur ini. Meski pada beberapa aplikasi sudah bisa menggunakan fitur dark mode, namun secara keseluruhan fitur ini belum default dari sistem operasinya. Fitur ini cukup membantu dalam menambah daya tahan baterai dan pendangan mata.
  • Smart Reply. Buat yang cukup familiar dengan aplikasi besutan Google, mungkin fitur smart reply sudah biasa. Namun kali ini fitur percakapan apapun yang diinstal di smartphone dengan Android 10 bakal bisa menggunakan fitur smart reply.
  • Perbaikan pada fitur sharing. Fitur sharing pada Android 10 dibuat lebih cepat dan efisien.
  • Fitur kontrol gesture yang lebih baik. Pernah merasa kesusahan saat mengendalikan swipe pada Android 9 dan kebawahnya? Google menjamin Android 10 ini bakal lebih baik soal gesture tersebut.
  • Fitur ask-permissions yang lebih baik. Ini salah satu fokus privasi pada Android 10. Contoh perbaikannya, apabila izin lokasi diberikan pada sebuah aplikasi, maka aplikasi tersebut hanya membaca lokasi pengguna apabila dibuka saja. Jadi aplikasi tersebut tidak merekam secara keseluruhan lokasi yang dilewati oleh pengguna.
  • Digital Wellbeing yang lebih baik. Digital Wellbeing akan menyebar pada dua hal: Focus Mode dan Family Link. Dalam Family Link, smartphone lain yang terhubung akan bisa dikendalikan Digital Wellbeing-nya pada Android 10. Sementara Focus Mode bakal memungkinkan aplikasi tertentu bisa dipasangi Digital Wellbeing sehingga aplikasi tersebut tidak akan muncul notifikasinya.

Smartphone yang Segera Mendapat Android 10

Saat ini beberapa smartphone yang sudah mendapatkan Android 10 adalah seluruh tipe Google Pixel, termasuk Google Pixel dan Pixel XL. Beberapa bulan kemudian giliran smartphone yang mengikuti program Android One.

Daftar smartphone selain kedua tipe tersebut juga bakal mendapatkan pembaruan Android terbaru ini . Smartphone yang berpartisipasi dalam program Android 10 beta termasuk ke daftar ini. Artinya smartphone dari OnePlus, LG, Huawei, dan seterusnya bakal mencicipi Android 10 dalam waktu dekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here