Tips  

Tidak Sulit! Cara Menginstal Aplikasi Android

Cara Menginstal Aplikasi Android
Cara Menginstal Aplikasi Android

Android merupakan sistem operasi yang berisikan beberapa menu yang bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan penggunanya. Sistem operasi android ini telah dikelola oleh Google dengan fasilitas yang dapat terhubung oleh smarthphone, tablet, dan yang lainnya.

Pengguna android tentu saja sudah tidak asing dengan urusan menginstal aplikasi dan juga memperbaruinya. Menginstal aplikasi pada android dapat dikatakan cukup mudah bagi pengguna yang sudah sering melakukannya, namun juga cara menginstal aplikasi android bisa menjadi susah bagi para pengguna baru sistem ini.

Bagaimana Cara Menginstal Aplikasi Android dengan Mudah?

Ada berbagai cara yang dapat digunakan untuk menginstal aplikasi pada android, namun cara yang paling mudah dan sering digunakan adalah mendownload aplikasi dari Playstore, hal ini karena pada setiap Handphone yang berbasis android akan selalu mempunyai aplikasi bawaan untuk mendownload aplikasi yang bernama Playstore.

Apabila akun Google pada smartphone sudah terhubung, Aplikasi Playstore ini sudah dapat dinikmati. Playstore memberikan banyak pilihan layanan aplikasi yang bisa dipilih seperti aplikasi penunjang pengetahuan, hiburan, social media dan aplikasi lainnya. Berikut cara yang dapat digunakan untuk mendownload aplikasi melalui Playstore:

Memastikan Koneksi Internet

Hal yang pertama kali harus disiapkan adalah memastikan koneksi internet yang stabil, karena apabila jaringan internet yang dimiliki lemah akan menghambat proses download aplikasi. Semakin cepat koneksi internet, semakin lancar pula kamu mengaktifkan aplikasi.

Aktifkan Playstore

Setelah memastikan jaringan internet terhubung dan stabil, aktifkan Playstore terlebih dahulu, lalu buka aplikasi tersebut dengan cara klik ikon Google Playstore yang tersedia di android kamu. Seluruh aplikasi di Playstore bisa didownload dengan cepat dan aman.

Menulis Keyword yang Tepat

Kemudian akan masuk pada tampilan menu Google Playstore, setelah itu ketiklah pada pencarian atau search keyword nama aplikasi yang ingin didownload. Selain dengan menuliskan keyword, juga bisa menemukan aplikasi yang diinginkan dengan melakukan penelusuran ke bawah atau mengklik menu APPS, GAMES, atau BOOK. Google Playstore juga biasanya memberikan rekomendasi aplikasi yang sedang memiliki banyak penggemar sehingga hal ini akan membuat update dengan aplikasi-aplikasi yang terbaru.

Menginstal Aplikasi

Apabila sudah menemukan aplikasi sesuai dengan keinginan kamu silakan pilih aplikasi yang muncul. Jika sudah muncul klik instal untuk mengunduh dan mengaktifkan aplikasi.

Berbagai aplikasi bisa diinstal di android kamu asalkan ruangnya cukup. Semakin banyak ruang semakin banyak juga aplikasi yang bisa kamu unduh lho! Tapi jangan sampai diisi terlalu banyak karena akan berdampak pada ruang penyimpanan telepon.

Memastikan Tersedia Ruang Penyimpanan

Ketersediaan ruang penyimpanan yang cukup tentunya menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan sebelum mengunduh aplikasi pada laman Playstore. Apabila ruang penyimpanan yang tersedia kurang dari kebutuhan maka secara otomatis aplikasi tidak dapat terunduh dengan sempurna dan aplikasi juga tidak bisa digunakan.

Menginstal Aplikasi yang Dibutuhkan Saja

Cara terakhir dalam menginstal aplikasi android adalah memilih beberapa aplikasi yang memang dibutuhkan atau penting. Jangan seluruh aplikasi yang ada kamu download karena hal tersebut hanya akan memenuhi RAM android.

Jika RAM android penuh yang ada hanyalah lemot dan berdampak kepada berbagai aplikasi yang tidak bisa digunakan. Download secukupnya dan sisakan ruang pada android kamu!

Cara Instal Aplikasi Android Tanpa Melalui Google Playstore

Menginstal aplikasi android juga dapat dilakukan dengan cara lain, hal ini berlaku bagi beberapa aplikasi yang ingin di instal, tapi tidak terdapat pada menu Playstore. Cara menginstal aplikasi selain dengan Playstore ini dapat dilakukan secara online maupun offline. Namun, apabila kamu ingin melakukannya secara offline, harus memastikan bahwa sudah memiliki catatan file yang akan diunduh.

Bagi yang ingin menginstal aplikasi android tanpa melalui Google Playstore ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan disiapkan. Hal yang perlu disiapkan adalah memastikan settingan pada smarthphone android sudah diubah ke perizinan pemasangan aplikasi berasal dari sumber yang tidak dikenal. Pentingnya melakukan setting ini karena apabila pemasangan masih belum diizinkan maka instal aplikasi juga tidak dapat dilakukan. Caranya:

  • Buka menu settings pada smartphone.
  • Pilih Safety dan Privacy atau Keamanan dan privasi.
  • Setelah itu klik tombol ON atau checklist pada menu Unknown Sources untuk mengizinkan proses instal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.
  • Selanjutnya, bisa mendownload file aplikasi sesuai keinginan. Mendownload file aplikasi ini dapat kamu lakukan di APKPure atau website download aplikasi lain di Google, Chrome, atau browser lainnya.

Bagaimana? Apakah masih bingung? Apabila masih bingung bagaimana cara mendownload aplikasi di luar Google Playstore, berikut beberapa daftar halaman yang dapat digunakan untuk mendownload aplikasi:

APKPure

APKPure menjadi salah satu alternatif toko aplikasi yang bisa dipilih selain di Google Playstore. Situs ini menyediaakan aplikasi shareware atau aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis. Selain itu, juga APKPure mempunyai banyak kategori aplikasi yang bisa dipilih baik berupa aplikasi yang resmi maupun masih pre-register (masih proses peresmian).

Amazon’s Official Appstore

Amazon’s Officiall Appstore atau lebih dikenal dengan Amazon merupakan pusatnya aplikasi juga yang menyediakan aplikasi gratis dan berbayar. Selain itu, kelebihan Amazon adalah tersedianya program promo dan diskon pada beberapa event tertentu.

Melalui program ini pengunjung bisa mendownload aplikasi premium dengan potongan harga bahkan sampai gratis. Amazon’s Official Appstore bisa kamu download melalui Google Playstore.

APK Mirror

Jika ingin mencari aplikasi yang sudah lama dan tidak tersedia lagi di Google Playstore, maka APK Mirror ini adalah solusi yang tepat. APK Miror menyediakan aplikasi resmi dan juga aplikasi yang masih versi beta. Aplikasi yang disediakan juga termasuk yang sudah dan belum tersedia di Indonesia.

Nah, jika tertarik mendownload aplikasi di APK Mirror maka hal yang perlu diperhatikan adalah versi terbitan aplikasi. Usahakan aplikasi yang didownload adalah versi terbaru sehingga hasilnya optimal karena sudah melalui perbaikan. APK Mirror termasuk aman digunakan karena telah terdaftar secara resmi untuk beroperasi.

Aptoide

Situs lainnya adalah Aptoide. Aptoide dapat dikatakan sebagai situs terlengkap karena selain menyediakan layanan untuk android Ia juga menyediakan layanan untuk Aptoide tablet, Aptoide smart TV, Aptoide Kids, dan Aptoide VR. Aptoide sudah tersedia dalam 40 bahasa sehingga akan memudahkan penggunanya dan menjangkau ke banyak negara. Selain itu, situs ini juga memiliki 200 juta pengguna sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Nah, beberapa cara menginstal aplikasi android yang telah dijelaskan diatas merupakan cara terbaik dan mudah untuk dipraktikkan para pemula. Semoga informasi di atas menambah manfaat bagi kamu yang membutuhkan. Pastikan pula aplikasi yang diinstal benar-benar terdaftar agar aman dan terhindar dari berbagai virus. Selamat mencoba ya!

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
6
Share