Selasa, Oktober 26, 2021

Telkomsel Tingkatkan Cakupan Jangkauan Sinyal Dalam Gedung

Pernahkah kamu merasa bahwa cakupan sinyal di dalam gedung, terutama gedung bertingkat berkurang drastis? Kamu tidak sendirian dalam mengalaminya. Pasalnya sekat-sekat dalam ruangan menjadi salah satu penyebab sinyal kurang bisa menerobos masuk.

Oleh karena itu sebagai penyedia solusi tekonologi informasi dan komunikasi kelas dunia, Huawei dan Telkomsel, perusahaan komunikasi digital terkemuka di Indonesia bersama-sama meluncurkan solusi antena high-gain narrow beam. Solusi ini mendukung antena-antena luar ruang dalam menghadirkan jaringan yang mampu menjangkau hingga ke titik-titik di area dalam ruangan.

Cakupan jaringan dalam ruangan dapat meningkat secara signifikan berkat solusi ini. Solusi ini juga sekaligus mampu menghadirkan pengalaman yang luar biasa bagi pengguna, terutama untuk perkantoran yang terdapat di gedung-gedung bertingkat, apartemen, maupun bangunan-bangunan pencakar langit lainnya.

Solusi ini merupakan hasil pengembangan inovasi bersama antara Huawei dengan Telkomsel dan telah dimulai sejak kuartal pertama tahun 2020 yang lalu. Melalui serangkaian riset dan diskusi bersama, keduanya berhasil mengatasi kendala terkait jangkauan jaringan yang lemah akibat penggunaan sistem indoor tradisional yang letaknya tersebar.

Sejumlah kendala muncul, seperti proses akuisisi lahan yang tidak mudah, biaya sewa yang tinggi, serta waktu time-to-market (TTM) yang acap kali molor. Dengan mengadopsi antena mutakhir ini, rasio gain antara sinyal yang dipancarkan dan diterima meningkat. Proses konfigurasi beam juga menjadi lebih fleksibel pada lokasi-lokasi BTS di luar ruangan.

Vice President of Antenna Business Unit of Huawei’s Wireless Network, Zhang Jianwei, mengatakan bahwa Huawei memiliki komitmen untuk mengembangkan solusi untuk meningkatkan jangkauan jaringan dalam ruangan.

“Selain untuk meningkatkan kualitas jangkauan jaringan dalam ruangan, antena high-gain akan membantu pelanggan kami dalam menekan biaya modal atau CapEx serta biaya operasional atau OpEx guna mengoptimalkan efektivitas biaya dan beragam manfaat lain, seperti pembangunan dan time-to-market yang makin cepat,” ujar Zhang Jianwei.

Menurut Zhang, Huawei akan terus melakukan inovasi di bidang solusi jaringan dengan berlandaskan pada kebutuhan-kebutuhan pelanggan. Komitmen ini bertujuan membantu pelanggan membangun jaringan yang efisien dan berkinerja tinggi untuk menghadirkan pengalaman yang prima dan memuaskan bagi pengguna.

Sementara itu, Vice President of Network Planning and Engineering, Akhmad Madces, Telkomsel mengatakan melalui inovasi bersama Huawei, Telkomsel akan terus memimpin dan menyempurnakan jangkauan jaringan dalam ruang guna menghadirkan pengalaman terunggul kepada para pelanggan dengan implementasi operasional yang efektif dan efisien.

“Telkomsel memiliki komitmen kuat untuk terus mengembangkan jaringan broadband hingga menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk di area-area dengan lalulintas komunikasi dalam ruangan yang tinggi dan dengan cakupan yang luas,” ungkap Akhmad.

Menurutnya Telkomsel berkomitmen untuk terus mendukung masyarakat dalam mengoptimalkan seluruh potensi yang ada dalam keseharian mereka melalui tersedianya konektivitas digital yang prima.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini