tanya veronika asisten virtual

Siapa yang masih menggunakan layanan Unstructured Supplementary Service Data (USSD) dengan mengetik *888# untuk mengecek pulsa di Telkomsel? Nah, sekarang ada Veronika, jadi kamu tak perlu repot-repot melakukannya. Sekarang tinggal tanya Veronika asisten virtual.

Apa itu Veronika Telkomsel?

Veronika merupakan sebuah bot percakapan alias chatbot yang dibuat oleh Telkomsel untuk memudahkan layanan pelanggan. Meski bukan pengganti layanan USSD *888#, tapi kamu bisa tanya Veronika asisten virtual untuk mendapatkan tujuan yang sama.

Dengan Veronika, kamu tetap bisa berada di WhatsApp, Telegram, LINE, dan Facebook, namun tetap bisa mengecek pulsa, mengisi pulsa dan paket data, serta menanyakan hal-hal teknis terkait nomor telepon Telkomsel kamu.

Veronika dirilis oleh Telkomsel pada 24 Agustus 2017 silam. Pembuatan bot ini tentu saja langkah yang tepat, sebab dengan 170,1 juta pelanggan yang ada saat ini, tentu merupakan kerja yang berat bagi divisi layanan pelanggan untuk memberi layanan optimal.

Veronika Telkomsel ini merupakan hasil kerjasama dengan sebuah perusahaan kecerdasan buatan, Kata.ai. Berkat Veronika, banyak peningkatan yang terjadi pada konversi perusahaan. Menurut Kata.ai, Veronika telah sukses meningkatkan konversi hingga 45% untuk pengisian pulsa dan paket data.

Pengalaman Menggunakan Veronika

Veronika bisa ditemukan pada aplikasi LINE, Facebook Messenger, WhatsApp, Telegram, situs Telkomsel, dan aplikasi MyTelkomsel. Semuanya memang cukup dekat dengan keseharian kita.

Saya sudah mencoba Veronika di keenam aplikasi tersebut. Seluruhnya, tentu saja, menerapkan protokol yang sama. Misalnya saat kita sedang tidak menggunakan nomor Telkomsel, maka kita akan diminta untuk memasukkannya.

Jadi sebelum tanya Veronika asisten virtual, pastikan kamu sudah menjadi pelanggan Telkomsel, atau paling tidak menggunakan nomor Telkomsel saat itu juga.

Secara keseluruhan, Veronika cukup memudahkan buat pelanggan Telkomsel untuk membeli pulsa maupun paket data. Yang menarik, tentu kita tak perlu meninggalkan ekosistem aplikasi yang sedang dipergunakan.

Yang perlu kamu catat baik-baik adalah Veronika merupakan asisten virtual Telkomsel alias chatbot, yang mana tugasnya adalah menjawab sesuai protokol yang diberikan. Jadi kalau kamu bertanya ke Veronika “mengapa pulsa saya terpotong”, tentu saja ia tak akan menjawabnya.

Cara Tanya Veronika Asisten Virtual

Sudah disinggung diatas bahwa untuk mengakses layanan Veronika, kita bisa menggunakan enam cara. Jadi ada enam cara tanya Veronika asisten virtual untuk mengakses berbagai layanan Telkomsel.

Tanya Veronika di WhatsApp

tanya veronika di whatsapp

Tanya Veronika di WhatsApp bisa dengan langsung menghubungi nomor WhatsApp resmi Veronika, yakni +62 811-1111-1111. Pastikan nama akunnya ada centang biru.

Saat kita terhubung, baik dengan menyapa “Hallo”, “Hai”, atau apapun saja, Veronika akan langsung membalasnya dengan promosi dan diikuti dengan informasi singkat tentang nomor Telkomsel kita.

Kemudian dibawahnya ada opsi untuk menentukan layanan Telkomsel yang bakal dipilih. Silakan tentukan pilihan kamu.

Tanya Veronika di LINE

tanya veronika di LINE

Telkomsel juga memiliki akun resmi di LINE. Cari saja di “Lihat Semua” pada “Rekomendasi Akun Resmi”. Ketik ‘telkomsel’ pada kolom pencarian. Tambahkan teman. Dan silakan mulai percakapan dengan Veronika.

Kalau enggak mau repot, manfaatkan saja fitur pindai barcode diatas. Maka secara otomatis Telkomsel bakal menjadi teman kamu di LINE.

Tanya Veronika di Telegram

tanya veronika di telegram

Veronika di Telegram bisa diakses dengan menghubungi akun @telkomsel_official_bot dengan nama Telkomsel care. Abaikan akun yang lain, sebab cukup banyak Telkomsel di Telegram namun bkan akun yang resmi.

Ketik pesan /start untuk memulai percakapan dengan bot Veronika di Telegram ini. Lalu silakan lanjutkan sesuai petunjuk yang disediakan.

Tanya Veronika di Facebook

tanya veronika di facebook

Tanya Veronika di Facebook jauh lebih mudah. Sebab kamu hanya perlu mengunjungi halaman resmi Telkomsel yang bercentang biru. Untuk mengakses Veronika, langsung saja hubungi halaman tersebut lewat Facebook Messenger.

Silakan bertanya perihal layanan Telkomsel di akun tersebut. Dan ingat, di inbox tersebut bukan admin yang menjawab, namun Veronika asisten virtual.

Tanya Veronika di Situs Telkomsel

tanya veronika di situs telkomsel

Tanya Veronika di situs Telkomsel juga begitu mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi situs Telkomsel yang beralamat di www.telkomsel.com. Situs ini merupakan situs resmi Telkomsel, sehingga kamu tak perlu khawatir terkena phising.

Untuk mengakses Veronika, Telkomsel menampilkannya di sudut sebelah kanan bawah. Ketika situs ini selesai loading pun Veronika akan menyapa kamu. Silakan klik ‘mbak’ Veronika disitu, lalu ikuti saja petunjuk selanjutnya.

Tanya Veronika di Aplikasi MyTelkomsel

tanya veronika di mytelkomsel

Veronika bisa ditemukan di menu Customer Service pada aplikasi MyTelkomsel. Aplikasi MyTelkomsel bisa didapatkan di Play Store maupun App Store. Nah, ketika kamu membuka aplikasi ini, menu tersebut bisa ditemukan setelah tampilan aplikasi ini sedikit digulirkan kebawah.

Ketika menu Veronika bisa dibuka, maka akan tampil selayaknya aplikasi chat biasa. Silakan mulai bercakap-cakap dan bertanya pada Veronika.

Penutup

Silakan manfaatkan fitur tanya Veronika asisten virtual yang sudah dibuat oleh Telkomsel ini. Namun yang perlu kamu catat adalah setiap chatbot memiliki protokol baku yang sampai saat ini belum memahami kontekstualitas bahasa manusia.

Jadi silakan bertanya-tanya pada Veronika, namun jangan pernah menganggapnya sebagai customer service betulan. Sebab Telkomsel sudah menyediakan wadahnya di GraPARI terdekat.

Berita sebelumya3 Steps Social Anxiety Therapy for Your Social Anxiety Disorder
Berita berikutnyaNVidia dan Telkom Kembangkan Kecerdasan Buatan Berbasis 5G

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here