Berita  

Tanaman Berbentuk Penis Langka Asal Indonesia Mekar Pertama Kali Dalam 25 Tahun

tanaman berbentuk penis

Tanaman berbentuk penis akhirnya mekar di Kebun Raya Leidensi di Belanda setelah 25 tahun. Para ahli mengatakan ini adalah ketiga kalinya dalam sejarah bahwa tanaman yang secara ilmiah disebut Amorphophallus decus-silvae mekar di kawasan lindung Eropa.

Tanaman penis yang dikenal orang Barat sangat sulit berbunga di daerah subtropis, karena membutuhkan cuaca yang hangat dan basah untuk pertumbuhan yang optimal.

Tanaman ini sebenarnya endemik Indonesia dan khusus asli pulau Jawa. Amorphophallus decus-silvae, biasa disebut bunga bangkai besar, banyak ditemukan di hutan-hutan Jawa Barat.

Orang Jawa Tengah menyebutnya suweg. Amorphophallus decus-silvae ditanam pada tahun 2015 oleh seorang karyawan kebun raya Leiden. Setelah enam tahun menunggu, usaha mereka membuahkan hasil.

Bunga bangkai berukuran besar biasanya mekar setiap 10 tahun sekali. Menurut Kebun Raya Leiden, tanda-tanda pertama berbunga mulai muncul pada bulan September.

Vice merekam momen ketika bunga seperti alat kelamin mekar minggu lalu dan mengunggahnya ke YouTube, tetapi itu hanya bertahan beberapa hari.

Dalam arsip Hortus Botanicus Leiden, tinggi bunga bangkai yang sedang mekar hampir dua meter. Dan seperti namanya, konservasionis mengklaim bahwa tanaman ini berbau seperti bangkai atau daging busuk di kebun raya selama mekar.

“Bau tersebut tercipta melalui proses regeneratif selama berbunga. Biasanya, bau inilah yang menarik lalat dan kumbang untuk membantu penyerbukan,” kata Hortus Botanicus Leiden, juru bicara Hortus Botanicus Leiden.

“Saat-saat berbunga ini, tentu saja, istimewa, karena beberapa Amorphophallus decus-silvae lainnya ditemukan di Eropa yang dapat mengikuti proses penyerbukan dengan bantuan serangga.”

Menurut Rogier van Vugt, manajer Leiden Botanical Gardens, julukan ‘penis’ berarti bahwa bentuk bunga bangkai yang tinggi sebenarnya tidak menyerupai alat kelamin manusia.

BACA JUGA:  Accredited Graphic Design Courses, Twibbon Bingkai Foto Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) 20 Mei 2022

Dia berkata, “Tepatnya, itu berarti alat kelamin yang tidak berbentuk.” “Dibutuhkan lebih banyak imajinasi untuk menilai bentuk bunga yang menyerupai alat kelamin.”

No ratings yet.

Please rate this

---

Ikuti selalu informasi dari KopiTekno.com di Google News.