StockX: Situs Khusus Sneakers Diretas, Jutaan Data Diambil

0

Situs jual-beli sepatu senakers, StockX, diretas pada Sabtu (3/8) malam. Peretasan tersebut dikonfirmasi oleh berbagai media setelah sebelumnya StockX hanya mengklaim kalau situsnya sedang menjalani ‘system updates’.

Pada saat klarifikasi ‘system updates’ tersebut, para pengguna situs StockX mengaku terus dimintai reset password. Hal ini terjadi sejak Kamis (1/8). Pengguna StockX pun merasa bingung, sebab permintaan reset tersebut merupakan aktivitas legal dan bukanlah phising. Kebingungan pun terjadi karena permintaan reset password bukanlah hal yang wajar ketika sistem sedang diperbarui.

sneakers stockx

Setelah klarifikasi pembaruan sistem itu, juru bicara StockX melakukan klarifikasi. Sebagaimana dikutip TechCrunch, ia mengatakan kalau ada aktivitas mencurigakan di situs StockX. Sayangnya sang juru bicara tidak menjelaskan kelanjutan dari aktivitas mencurigakan tersebut.

Sayangnya setelah penjelasan dari StockX tersebut, ada aktivitas penjualan data di dark web. Menurut penelusuran yang dilakukan TechCrunch, data tersebut berisi nama asli, kombinasi username, dan ukuran sepatu. Saat dikonfirmasi, pemilik data tersebut menyatakan kalau datanya akurat.

Di dark web, data yang berisi juga data perangkat pengguna dan software yang dipakai itu dijual dengan harga $300, dan tidak berapa lama seseorang membelinya.

StockX pun terancam denda empat persen penghasilan tahunan atas kejadian ini. Sebab sebagaimana aturan GDPR, perusahaan wajib menjaga kerahasiaan data pengguna situs. StockX sendiri pada bulan lalu memiliki nilai $1 miliar setelah sebelumnya mendapatkan suntikan dana $110 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here