Smartphone Xiaomi yang beredar di Indonesia selalu ditempel dengan stiker TAM. Stiker yang menandakan kalau smartphone tersebut didistribusikan oleh Teletama Artha Mandiri yang merupakan ‘anak’ dari Erajaya Grup menjadi jaminan bahwa smartphone tersebut resmi.

Namun kedepan, stiker TAM ini tidak akan lagi menempel di kotak kemasan smartphone Xiaomi. Sebab dalam setiap kotak kemasannya akan diganti dengan stiker baru bernuansa jingga dengan logi “Mi Bunny” yang berwarna putih di tengah. Pada bagian atasnya ada tulisan “Garansi Resmi Xiaomi” dan di bagian bawahnya tertulis “Kami Buatan Indonesia” yang ditulis dengan huruf kapital berwarna putih.

stiker Xiaomi
Stiker “Mi Bunny” yang akan ditempel di kotak smartphone Xiaomi. / Gambar: Xiaomi Indonesia.

Dalam rilis yang dikeluarkan Xiaomi, kotak kemasan dengan stiker ini akan diperkenalkan secara bertahap mulai dari Redmi 7A. Produk Xiaomi ke depan yang dirilis di Indonesia pun pasti akan memakai kotak semacam ini.

Selain stiker “Mi Bunny”, untuk mengetahui keaslian smartphone Xiaomi di Indonesia, pastikan identitas yang terdapat di kotak belakangnya. Disitu selalu tertulis identitas kepemilikan yang mengacu ke PT. Xiaomi Technology Indonesia. Kemudian ada pembuatnya yakni PT. Sat Nusapersada yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau. Sementara itu di dalam kotak kemasan selalu akan ditemukan panduan tertulis, daftar pusat layanan, dan bahasa dalam colokan pengisi daya dalam Bahasa Indonesia.

Perubahan ini dilakukan Xiaomi untuk mendukung pemerintah dalam pemberantasan smartphone black market. Sebab peredaran smartphone yang tidak resmi itu cukup mengganggu bisnis mereka juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here