Spesifikasi Printer Epson L210: Kelebihan dan Kekurangan untuk Dipertimbangkan

Spesifikasi Printer Epson L210 Kelebihan dan Kekurangan Untuk Dipertimbangkan
Spesifikasi Printer Epson L210 Kelebihan dan Kekurangan Untuk Dipertimbangkan

Epson menjadi salah satu brand printer yang paling populer dan diminati. Jaminan kepuasan pada kualitas produk printer Epson menjadi salah satu sebab kenapa banyak kalangan yang memilih printer dari brand ini. Selain itu, produk Epson pun juga terkenal bandel dan tidak mudah rusak meski digunakan dalam waktu yang relatif lama, sebut saja spesifikasi printer Epson L210 yang terkenal gahar dan bandel.

Ya, Epson memproduksi cukup banyak produk printer yang menarik. Salah satu produk best seller mereka adalah seri L210. Di samping spesifikasi printer Epson L210 yang tangguh, produk ini juga masih masuk ke semua kalangan.

Penasaran dengan spesifikasi printer Epson L210? Yuk cek detailnya di sini, lengkap dengan kelebihan dan kekurangan unit printer ini. Tentu, dengan mengetahui beberapa detail Epson L210, Anda nantinya akan mendapatkan pertimbangan jelas untuk memilih dan menggunakannya.

Cek ulasannya!

Sekilas Tentang Printer Epson L210

Epson L210 merupakan salah satu produk printer dari sederet printer L series yang diproduksi Epson. Unit printer yang satu ini termasuk printer all-in-one yang multifungsi. Pasalnya, selain bisa digunakan untuk mencetak dokumen secara fisik, Epson L210 juga dilengkapi dengan mesin scanner serta copier.

Tidak hanya itu, Epson L210 memiliki detail fisik yang cukup minimalis dengan ukuran yang ramping. Desain body yang istimewa ini membuatnya terlihat lebih elegan. Sementara bobot printer pun tetap ringan.

Epson L210 adalah versi upgrade dari versi printer sebelumnya. Perbedaan paling mencolok dibandingkan dengan versi sebelumnya adalah letak panel control Epson L210 yang kini berada di depan printer.

Baca juga: Cara Instal Printer ke Laptop Paling Mudah

Kelebihan Printer Epson L210

Seperti yang disinggung sebelumnya, Epson L210 menjadi salah satu printer Epson yang paling populer dan banyak digunakan. Nah, salah satu alasannya adalah spesifikasi printer Epson L210 yang istimewa dan adanya beragam kelebihan dari unit printer ini yang akan memudahkan pengguna.

Adapun beberapa kelebihan dari unit printer Epson L210 diantaranya adalah:

1. Proses Cetak Dokumen yang Lebih Cepat

Anda tentu ingin memiliki printer yang bisa mencetak dokumen dengan cepat sehingga pekerjaan bisa lebih cepat selesai, bukan? Nah, Epson L210 adalah salah satu pilihan yang tepat untuk Anda gunakan.

Salah satu keunggulan dari Epson L210 adalah unit printer ini bisa mencetak dokumen dengan lebih efisien dan cepat. Untuk kecepatan cetak, Epson L210 mampu mencetak hingga 27 halaman dokumen dalam waktu satu menit. Sedangkan untuk dokumen warna, kecepatan maksimal yang dimiliki adalah 15 dokumen per menit.

Dilihat dari detail kecepatan tersebut, performa Epson L210 bisa dikatakan cukup mengesankan. Tentu, Anda yang terburu-buru mencetak dokumen dalam jumlah cukup banyak akan terbantu.

Baca juga: Cara Menyambungkan Printer ke Laptop dengan dan Tanpa Kabel

2. Sudah Menggunakan Sistem Eco-Tank

Kelebihan lain dari Epson L210 adalah penggunaan sistem Eco-Tank di dalamnya. Perlu diketahui bahwa Epson L210 termasuk printer modern yang sudah meninggalkan sistem cartridge.

Dengan penggunaan sistem Eco-Tank tersebut, maka Epson L210 akan memiliki kapasitas tinta yang lebih besar. Artinya, unit printer ini bisa dioperasikan dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, proses isi ulang tinta pada unit Epson L210 pun bisa dilakukan dengan lebih mudah dan juga lebih cepat.

3. Konsumsi Tinta yang Hemat

Selain menggunakan pembaruan pada sistem tinta sebagaimana disinggung sebelumnya, Epson L210 juga sangat menarik karena memiliki tingkat konsumsi tinta yang cenderung lebih hemat. Tentu, dengan kelebihannya ini, Epson L210 bisa diandalkan untuk bekerja dan Anda bisa menghemat pengeluaran.

Dari percobaan yang dilakukan, tinta pada Epson L210 bisa digunakan untuk mencetak hingga 4000 dokumen monochrome dan 6500 halaman dokumen berwarna.

Tentu, dengan kapasitas cetak tersebut, Anda tidak perlu mengisi ulang tinta dalam waktu yang terlalu singkat. Selain itu, Epson L210 sudah memiliki teknologi print head micro piezo. Berbekal teknologi ini, tentu saja hasil cetakan Epson L210 akan senantiasa maksimal meskipun jumlah tinta yang ada di tabung tinggal sedikit saja.

4. Memiliki Banyak Fungsi

Epson L210 hadir sebagai produk printer all-in-one yang sangat menarik dengan fungsinya yang lengkap. Seperti yang dibahas sebelumnya, Epson L210 ini hadir dengan beberapa fitur yang sangat menarik dan tentu bisa menunjang keperluan pekerjaan Anda.

Dengan menggunakan printer Epson L210, maka Anda akan mendapatkan fungsi dari tiga perangkat sekaligus. Epson L210 tidak hanya cocok untuk mencetak dokumen saja, melainkan juga melakukan scanning dokumen hingga memperbanyak cetakan dokumen melalui fitur copy.

Beberapa hal di atas merupakan kelebihan Epson L210 dan bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih Epson L210 sebagai printer terbaik. Di samping beberapa kelebihan di atas, sebenarnya Epson L210 masih memiliki kelebihan lain yang cukup mengesankan.

Misalnya saja, Epson L210 bisa memberikan hasil printer yang cukup terang dan tajam. Pasalnya, unit printer ini bisa mencetak dokumen dengan resolusi maksimal hingga 5760 x 1440 pixel. Selain itu, Epson L210 juga menunjang banyak jenis kertas untuk digunakan, seperti A4, A5, A6, B5, 10 x 15 cm, 13 x 18 cm, 9 x 13 cm, Letter, Legal, Half Letter, 13 x 20 cm, 20 x 25 cm, Envelope.

Baca juga: Cara Scan Printer Epson L360, Mudah dan Anti Ribet!

Kekurangan Epson L210

Meskipun memiliki cukup banyak kelebihan, namun faktanya ada beberapa kekurangan dari unit printer ini. Adapun beberapa kekurangan yang bisa dijadikan catatan ketika Anda hendak membelinya adalah:

1. Sensor Scan yang Biasa Saja

Epson L210 memang merupakan printer yang lengkap dengan adanya scanner sebagai salah satu fitur yang tersedia. Namun, bisa dikatakan bahwa scanner pada Epson L210 cenderung biasa saja. Artinya, hasil scanning dengan menggunakan Epson L210 tidak bisa dikatakan sangat baik.

Oleh karenanya, scanner pada Epson L210 hanya bisa digunakan untuk tugas yang cenderung ringan saja. Terlebih, sebenarnya, spesifikasi utama Epson L210 adalah sebagai printer dan bukan scanner.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Printer Epson L310

2. Belum Memiliki Support Wi-Fi

Jika Anda mencari printer dengan fitur Wi-Fi untuk memudahkan sambungan ke laptop, maka Epson L210 bukan pilihan yang tepat. Pasalnya, unit printer yang satu ini belum memiliki fitur Wi-Fi di dalamnya. Oleh karenanya, untuk Anda yang menggunakan Epson L210, USB cable masih menjadi opsi untuk menghubungkan printer.

Konon, Epson sudah memproduksi beberapa variasi printer mirip Epson L210 dengan tambahan fitur Wi-Fi. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa produksi Epson L210 akhirnya discontinued.

3. Perawatan yang Lebih Ribet

Satu lagi kekurangan Epson L210 adalah perawatan printer yang cenderung lebih ribet. Pasalnya, status Epson L210 sebagai printer multi-fungsi membuat Anda harus melakukan perawatan pada banyak sisi. Tentu, Anda yang tidak memiliki pemahaman baik tentang printer akan merasakan repot yang luar biasa.

Memang, Epson L210 bukan merupakan printer yang sempurna untuk memberikan hasil cetakan yang istimewa. Namun, jika dilihat dari spesifikasi printer Epson L210 dari segi performa printer serta range harga yang ditawarkan, Epson L210 cocok untuk dijadikan pilihan alternatif.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News