Qualcomm Snapdragon 865 dan Lima Peningkatan Fiturnya

0

Qualcomm akhirnya merilis Snapdragon 865 pada perhelatan Qualcomm Tech Summit 2019 pada Selasa (4/12) di Hawaii, Amerika Serikat. Seri paling mutakhir dari Snapdragon 800 ini bakal terpasang di mayoritas smartphone premium pada tahun 2020. Lantas apa saja keunggulan dari chipset terbaik dari Qualcomm ini?

Snapdragon 865

Peningkatan jaringan 5G

Tema besar dari Qualcomm Tech Summit 2019 adalah tentang jaringan 5G, soal bentuk dan penerapannya. Sama halnya dengan Snapdragon 865. Chipset ini terintegrasi dengan modem 5G Snapdragon X55. Sehingga memungkinan chipset tersebut bakal menerima sinyal jaringan 5G dengan baik.

Meski chipset ini bakal melayani jaringan 5G dengan baik, bukan berarti ia bakal melupakan persoalan infrastruktur. Sebab di beberapa negara, seperti Indonesia, infrastruktur 5G masih jauh dari harapan. Untuk itu meski mendukung jaringan tersebut, smartphone di 2020 nanti yang terpasang Snapdragon 865 bakal tetap bisa berjalan di jaringan 5G.

Artinya bakal ada variasi penyesuaian dari chipset tersebut ketika dirilis di negara yang jaringan 5G-nya belum stabil atau bahkan tidak tersedia sama sekali.

Kecerdasan Buatan dalam Genggaman

Ada peningkatan artificial intelligence (AI) dalam Snapdragon 865. Chipset ini mampu mengoperasikan 15TOPS untuk AI. TOPS merupakan singkatan dari Tera Operations Per Second, yakni sebuah satuan komputasi dari perangkat komputer super.

Implementasi dari kemampuan AI tersebut diterapkan untuk beberapa fitur smartphone seperti pengenalan dan penerjemahan lewat suara, pencarian produk lewat kamera, dan peningkatan fotografi. Daya proses yang lebih baik pada chipset ini menghasilkan peningkatan fitur gambar dan suara yang lebih baik, dan kabar terbaiknya fitur tersebut tidak akan membuat baterai habis dengan cepat.

Mobile Gaming yang Lebih Baik

Snapdragon 865 bakal membuat mereka yang kurang begitu suka dengan game pada smartphone bakal meliriknya. Sebab dengan chipset ini ada beberapa peningkatan pada kemampuan chipset dalam mobile gaming. Qualcomm menyebutnya sebagai fitur Snapdragon Elite Gaming.

Snapdragon Elite Gaming memang bukanlah konsep yang asing. Ia ‘hanya’ meningkatkan refresh rate pada layar, rendering yang lebih baik, dan memberikan warna pada grafis dengan lebih tajam dan alami. Singkatnya Snapdragon 865 menjadi pilihan terbaik untuk para mobile gamer.

Mendukung Kamera Lebih Dari 100 MP

Kalau anda berpikir pertarungan gimmick smartphone dengan kamera 64 MP dan 108 MP akan berhenti, pada tahun mendatang rasanya bakal semakin sengit. Sebab Snapdragon 865 akan ikut bertarung dengan dukungannya terhadap kamera dengan resolusi lebih dari 100 MP. Dengan pemrosesan data 2 GB per detik, chipset ini bakal menjadi pemain kunci pertarungan tersebut.

Konektivitas yang Lebih Baik

AptX Voice memang sudah dirilis sebelum Qualcomm Tech Summit. Fitur ini memungkinkan panggilan suara yang dilakukan lewat headphone Bluetooth lebih baik. Lewat Snapdragon 865 ini, Qualcomm menguatkan kembali lewat perpaduan dengan konektivitas Bluetooth 5.1 dan Wi-Fi 6.

Bukan hanya itu saja, aptX Adaptive yang dimiliki chipset ini juga mendukung file audio Hi-Res 24-Bit 96kHz. Untuk penggemar musik dan mobile gaming, tentu ini kabar yang sangat menggembirakan. Pasalnya dengan perbaikan konektivitas itu, perlambatan suara bukan lagi jadi penghambat.

Penutup

Qualcomm bukan hanya merilis Snapdrago 865 saja, akan tetapi ada Snapdragon 765. Chipset di kelas menengah itu juga telah mendukung jaringan 5G namun dengan harga yang lebih terjangkau. Artinya penetrasi perangkat Qualcomm terhadap jaringan generasi baru itu terus berkembang dan semakin banyak. Namun apakah kita membutuhkannya?

Jaringan 5G hanya di satu sisi, sebab fitur chipset terbaru ini bukan hanya soal jaringan. Ada peningkatan sektor kamera, audio, dan terutama performa. Jadi kalau ada rencana untuk membeli smartphone dengan jeroan Snapdragon 865, meski bakal hadir beberapa bulan lagi, ya sebaiknya jangan ditunda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here