Snapdragon 8 Gen 1 dan Beberapa Hal yang Perlu Diketahui

  • Share
snapdragon 8 gen 1

KopiTEKNO.com – Dalam Snapdragon Summit 2021, Qualcomm merilis Snapdragon 8 Gen 1 yang menjadi chipset premium mereka. Chipset ini merupakan penerus dari seri Snapdragon 888.

Snapdragon 8 Gen 1 bukan semata nama baru, namun ada beberapa perubahan yang seperti biasa menyertai kehadiran chipset terbaru ini. Apa saja? Mari kita ulas bersama-sama.

Chipset Snapdragon Pertama yang Memakai Armv9 CPU Core

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 merupakan chipset pertama dari pabrikan Amerika Serikat ini yang menggunakan inti Armv9 CPU. Inti alias core ini terdiri atas Cortex-X2 yang berkecepatan 3GHz, tiga Cortex-A710, dan empat Cortex-A510.

Dengan pemakaian cores tersebut, chipset ini mampu menjalankan tasking 20% lebih cepat dari pendahulunya. Sebab arsitektur pada Armv9 mampu meningkatkan kemampuan machine learning.

Dukungan Terhadap Fotografi Semakin Bagus

Chipset premium dari Qualcomm memang memiliki reputasi yang baik untuk urusan dukungan terhadap kemampuan memproses foto. Oleh sebab itu Snapdragon 8 Gen 1 juga memiliki kemampuan serupa bahkan ditingkatkan.

Pada spesifikasinya, chipset ini memiliki 18-bit ISP dengan kecepatan proses 3,2 gigapiksel per detik. Dengan begitu chipset ini mampu merekam video hingga 8K pada kecepatan 30fps dengan HDR aktif.

Kemampuan burst kamera yang menggunakan chipset ini juga menakjubkan. Sebab mampu menghasilkan 240 gambar dengan resolusi 12MP dalam satu detik. Fitur lainnya seperti modus malam, HDR, menghapus objek, dan lainnya akan terlihat pada berbagai perangkat yang menggunakan chipset ini di 2022.

Makin Memanjakan Gamer

Main game bakal makin seru dengan Snapdragon 8 Gen 1. Pasalnya ada peningkatan dari sisi grafis sebesar 30% dengan penghematan daya sebesar 25% dibandingkan Snapdragon 888.

Qualcomm juga menjanjikan peningkatan Vulkan sebesar 60% dimana sangat bermanfaat untuk menangani game 3D dan berbagai emulator.

Qualcomm juga membawa Adreno Frame Motion Engine yang memiliki kemampuan menggandakan frame rate dengan kebutuhan daya yang sama. Atau dengan kata lain frame rate yang sama namun kebutuhan daya hanya 50% saja.

Beberapa hal yang tercatat dari kemampuan gaming chipset ini adalah Unreal Engine 5, volumetric rendering, variable-rate shading yang ditingkatkan, dan refresh rate 144Hz pada resolusi QHD+.

Bisa Bikin Layar Anti-Intip

Beberapa tahun ke belakang ada yang namanya anti-gores dengan fitur anti-spy. Maksudnya sederhana, jadi dengan menambahkan lapisan di layar, maka orang lain yang ada di samping maupun diatas tidak bisa mengintip layar dari hp yang sedang dinyalakan.

Pada Snapdragon 8 Gen 1 ini lebih canggih. Perangkat yang dipasangi chipset ini akan memiliki fitur anti-intip di layarnya. Sehingga orang lain yang mengintip dari belakang punggung tidak bisa melihat layar yang sedang dinyalakan. Sepertinya ini lebih mirip sensor kemanan.

Kecepatan Selular Makin Gesit

Tak bisa disangkal bahwa Qualcomm merupakan pemuncak dari teknologi 5G saat ini. Sehingga tidak mengherankan jika chipset Snapdragon 8 Gen 1 ini akan dibekali dengan kecepatan seluler yang mengagumkan.

Snapdragon 8 Gen 1 akan dibekali dengan modem X65 yang mampu meningkatkan kecepatan hingga 10Gbps dan fitur 3GPP Release 16. Sekadar perbandingan, Snapdragon 888 memiliki kecepatan puncak pada 7.5Gbps.

Untuk konektivitas lainnya, chipset ini juga memiliki Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.2, dan teknologi wireless Snapdragon Sound.

Hp Snapdragon 8 Gen 1 Bakal Hadir Awal 2022

Tempo hari penggemar gawai dikejutkan oleh hp yang memiliki skor AnTuTu hingga 1 juta lebih. Hp dari Realme itu tampaknya tak akan jadi yang pertama. Sebab kecepatan produksinya bakal disalip oleh pabrikan lain.

Namun tentu kita masih menunggu hp mana yang bakal keluar dulu dan menyandang hp pertama dengan Snapdragon 8 Gen 1. Dan tentu saja harganya bakal cukup menggila.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *