SMTP Telkom Indihome (Layanan dan Penggantinya) Terbaru

SMTP Telkom Indihome pernah mengalami gangguan sehingga sulit sekali untuk mengirimkan email yang berasal dari aplikasi client. Akhirnya proses pengiriman dan penerimaan data berupa pesan tidak bisa dilakukan dengan mudah. Cara yang bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan browser.

Padahal beberapa pengguna harus memanfaatkan klien karena membutuhkan akses internet yang lebih. Selain itu juga membutuhkan adanya enkripsi sehingga pesan yang dikirim nantinya bisa langsung diterima dan melalui proses enkripsi terlebih dahulu.

Informasi lebih lanjut tentang SMTP Telkom Indihome dan ulasan terkait dengan paket internet yang dimiliki oleh Indi home bisa disimak dalam artikel di bawah ini. Begitu kamu bisa lebih memahami layanan yang diberikan oleh Telkom dan anne-marie and yang ditawarkan.

Sekilas Tentang Layanan Internet Indihome

Sekilas-Tentang-Layanan-Internet-Indihome

Layanan internet yang ada di Indonesia sebenarnya ada cukup banyak dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Sebelum hadirnya layanan internet modern BUMN di Indonesia yaitu PT Telkom sudah mengeluarkan layanan internet berupa Telkom Speedy.

Layanan ini berjalan hingga beberapa tahun sebelum akhirnya melakukan proses branding ulang dengan mengganti namanya. Akhirnya saat ini kita mengenal nama dari layanan internet yang dikeluarkan oleh PT Telkom sebagai indi home.

Layanan ini menjangkau wilayah yang cukup luas di seluruh Indonesia. Artinya seseorang bisa menikmati berbagai hal dengan lebih mudah dan cepat. Bahkan meski berada di pelosok sekalipun layanan internet masih tersedia sehingga berpotensi meningkatkan transfer ilmu.

Saat ini layanan internet yang disediakan oleh indihome bisa tersebar ke berbagai pulau. Meski kemungkinan ada beberapa perbedaan pada layanannya secara umum tidak akan ada masalah sama sekali. Layanan internet bisa berjalan dengan baik dan juga cepat.

Lah kan kamu bisa memilih sendiri jenis paket yang dibutuhkan apakah ingin memiliki bandwidth yang rendah atau memilih bandwidth yang tinggi. Informasi lebih lanjut tentang layanan dari indihome serta SMTP bisa disimak di bawah ini.

SMTP dan Fungsinya

SMTP-dan-Fungsinya

Simple Mail Transfer Protocol atau SMTP adalah prosedur pengiriman email terbaru yang ada saat ini. Pada tahun 2008 terjadi pembaruan besar-besaran sehingga layanan ini gunakan untuk berbagai hal seperti melakukan transfer dengan atau tanpa enkripsi.

Biasanya pengiriman dilakukan ke server lokal lalu dilanjutkan ke server dari penerima. Proses pengiriman ini biasanya menggunakan port yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan port 25 ada juga yang menggunakan port 26.

Untuk saat ini port 25 tidak bisa digunakan lagi oleh Telkom indihome karena tidak melalui proses enkripsi. Artinya berbagai jenis email yang dikirim dengan memanfaatkan jaringan ini bisa saja diketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Sayangnya proses penggantian tidak bisa dilakukan secara otomatis sehingga membutuhkan cara manual. Biasanya proses penggantian dilakukan secara otomatis pada beberapa aplikasi penerima atau pengirim email yang terpasang pada komputer atau laptop.

Tanpa proses penggantian ini maka seseorang tidak akan bisa menerima email atau mengirim email. jadi mau tidak mau SMTP Telkom indihome harus dimasukkan atau diubah terlebih dahulu pada klien yang sedang terpasang pada laptop atau komputer.

SMTP Telkom Indihome dan Penggantiannya

Beberapa client email yang sering digunakan atau terpasang pada komputer biasanya berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain. Untuk melakukan penggantian bisa menggunakan beberapa langkah di bawah ini.

1. Mozilla Thunderbird

Mozilla-Thunderbird

Apabila menggunakan Mozilla Thunderbird proses perubahan bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah yang akan dibahas di bawah ini.

  • Buka terlebih dahulu Mozilla Thunderbird.
  • Begitu masuk ke dalamnya masuk ke menu Tools dilanjutkan account setting.
  • Pilih Outgoing Server atau SMTP. Lanjutkan dengan Klik edit.
  • Ganti port 25 ke port 26.
  • Klik OK.

2. Mail (Mac OS)

Mail-Mac-OS

Apabila MacBook maka sudah terbiasa dengan menggunakan aplikasi Mail. Untuk menghindari masalah maka proses perubahan bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut.

  • Masuk ke Mail.
  • Langkah selanjutnya adalah memilih Preference.
  • Pada menu Outgoing SMTP Server pilih edit SMTP Server list.
  • Pilih opsi Tab Advance.
  • Ganti port dari 25 ke 26.
  • Klik OK

3. Microsoft Outlook

Microsoft-Outlook

Microsoft Outlook biasanya mudah digunakan karena sudah menjadi satu dengan komputer atau laptop bersistem operasi Windows. Agar bisa melakukan pengiriman proses penggantian por bisa dilakukan dengan langkah berikut.

  • Masuk ke aplikasi lalu buka Tools dan lanjutkan untuk memilih Account Setting.
  • Tekan untuk mulai menyunting pilih.
  • Selanjutnya tekan more settings.
  • Pada bagian Advance, kamu bisa mengubah port menjadi 26.
  • Klik OK.

4. Outlook Express

Outlook-Express

Terakhir adalah menggunakan aplikasi bernama Outlook Express. Apabila ingin menggunakan aplikasi ini untuk mengubah word lakukan beberapa langkah berikut.

  • Masuk ke aplikasi Outlook Express lalu klik Tools.
  • Buka Akun dan pilih email yang digunakan.
  • Pilih menu properties.
  • Pada bagian advance ubah SMTP port menjadi 26.
  • Tap OK.

Kelebihan Menggunakan Indihome

Kelebihan-Menggunakan-Indihome

Menggunakan indihome ternyata memiliki banyak sekali kelebihan dan juga manfaat. Untuk mengetahui apa saja kelebihan dan manfaat dari layanan internet indihome bisa disimak di bawah ini.

1. Bisa Menyesuaikan Bujet

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh indihome adalah kamu bisa menyesuaikan budget yang dimiliki. Setidaknya ada 5 sampai 6 paket internet yang ditawarkan mulai dari yang paling terjangkau hingga yang memiliki harga cukup fantastis.

Apabila saat ini kamu hanya membutuhkan layanan internet biasa saja karena untuk bekerja di rumah maka bisa memilih paket internet dengan harga yang paling rendah. Kurang lebih rp300.000 per bulan sudah bisa memanfaatkan internet dengan kualitas yang baik.

Sementara itu apabila ingin memanfaatkannya untuk usaha atau digunakan untuk perusahaan tentu jenis yang dipilih harus yang lebih tinggi. Intinya bandwidth yang dipilih harus menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada saat ini agar tidak salah pilih.

2. Menjangkau Banyak Wilayah

Tidak bisa dipungkiri lagi jika layanan dari PT Telkom sudah menyebar ke banyak sekali wilayah yang ada di Indonesia. Apakah di daerah yang notabene bisa dibilang terpencil sekalipun sudah dimasuki oleh PT Telkom untuk komunikasi dengan telepon.

Sebagian besar daerah yang sudah memiliki layanan dari PT Telkom biasanya sudah menyediakan juga layanan internet indihome. Jadi meski berada di daerah pedesaan atau pinggiran sekalipun tidak akan masalah karena layanan ini akan tetap ada.

Biasanya layanan hanya dibedakan apakah menggunakan kabel biasa atau menggunakan kabel optik. Selebihnya harga dari layanan kemungkinan besar akan sama sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misal akan dipakai sendiri atau dipakai bersama-sama.

3. Kecepatan Stabil

Menggunakan layanan internet berupa broadband memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah jaringan yang ditawarkan cenderung lebih stabil dibandingkan dengan mereka yang menggunakan layanan internet berupa layanan operator.

Karena memiliki kecepatan yang cukup stabil ini biasanya tidak akan terganggu oleh kondisi cuaca. Meski sedang hujan ataupun dalam situasi yang tidak menguntungkan sekalipun kecepatan akan tetap sama sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan yang dilakukan.

Barangkali ada beberapa gangguan yang terjadi seperti penurunan kecepatan tetapi biasanya hanya sesekali saja. Selebihnya kecepatan akan kembali normal dan stabil sehingga bisa dimanfaatkan untuk melakukan apapun dengan lebih mudah.

4. Mudah Upgrade Kecepatan

Salah satu kemudahan apabila menggunakan indihome adalah kamu bisa mencoba-coba terlebih dahulu pakaian yang akan digunakan. Yang paling mudah adalah dengan menggunakan paket yang paling rendah atau sekitar 20 mbps. Setelah memakai kurang lebih 1 bulan dan merasa puas maka bisa ditingkatkan.

Biasanya kenaikan pencet ini tidak akan dikenakan biaya tambahan sehingga kamu bisa mendapatkan layanan internet dengan bandwidth yang lebih besar. Artinya kamu bisa menggunakan kecepatan itu untuk banyak hal termasuk membantu dalam hal pekerjaan.

Semakin tinggi paket yang dipilih atau paket yang digunakan batas penggunaan wajar juga akan semakin meningkat. Artinya internet tidak akan menjadi lemot bahkan sudah digunakan hingga ratusan GB sekalipun.

5. Teknisi Banyak

Layanan dari PT Telkom memiliki jumlah teknisi yang sangat banyak. Artinya jika terjadi masalah atau gangguan pada indihome yang sedang digunakan bisa langsung menghubungi pihak dari Telkom untuk dicek atau diperbaiki jika ada kerusakan.

Itulah kenapa layanan dari PT Telkom khususnya indihome sangat disukai karena respon yang cepat dan jumlah dari teknisinya yang cukup memadai. Tidak mengherankan jika pegawai dari kata Telkom sangat banyak bahkan tersebar di seluruh Indonesia.

6. Cocok untuk Bisnis

Layanan terakhir yang dimiliki oleh indihome adalah internet dengan kecepatan yang cukup tinggi. Kecepatan yang ditawarkan ini sangat cocok untuk mereka yang sedang membuka usaha seperti warnet atau usaha cafe yang membutuhkan internet dengan bandwidth yang besar.

Kecepatan yang tinggi ini cocok sekali karena jumlah pengguna juga sangat banyak. Artinya seseorang harus menyediakan internet dengan kecepatan tinggi dan bandwidth besar agar saat seseorang memakainya tidak akan saling berebut jaringan.

Terakhir yang tidak kalah penting adalah internet yang memiliki bandwidth tinggi juga diikuti dengan FUP yang tinggi. Apabila digunakan secara wajar semua orang bisa menikmati kecepatan yang tinggi. Jadi, tidak akan mengganggu pekerjaan yang sedang dilakukan.

🔴 BACA JUGA:  Koleksi Twibbon Beban Keluarga Terbaru 2022

Jenis Paket Indihome dan FUP

Jenis-Paket-Indihome-dan-FUP

Jenis paket indihome bervariasi dan biasanya tergantung dengan jenis bandwidth yang dipilih. Selain itu juga tergantung dengan banyaknya layanan yang diterima apakah hanya internet saja atau dengan layanan lain seperti telepon dan juga TV kabel.

Apabila hanya membutuhkan layanan berupa internet saja maka jenis paket yang bisa dipilih adalah yang tersaji di bawah ini. Harga kabel juga tersedia batas penggunaan wajar atau FUP.

Jenis Paket FUP 1 FUP 2
20 Mbps 500 GB (15 Mbps) 800 GB (8 Mbps)
30 Mbps 700 GB (22,5Mbps) 1200 GB (12 Mbps)
40 Mbps 900 GB (30 Mbps) 1600 GB (16 Mbps)
50 Mbps 1200 GB (37,5 Mbps) 2000 GB (20 Mbps)
100 Mbps 2000 GB (50 Mbps)

FUP 1 atau batas penggunaan wajah pertama biasanya akan mengalami penurunan kecepatan sebanyak 25%. Artinya kecepatan yang tersisa hanya 75% dari bandwidth awal yang sudah dipilih.

Selanjutnya apabila sudah mencapai FUP 2, penurunan kecepatan akan dilakukan lagi sebesar 35%. Artinya kecepatan yang tersisa hanya 40% dari awal.

Artinya jika seseorang memilih bandwidth awal sebesar 20 Mbps. Setelah FUP 1 kecepatannya akan menjadi 15 Mbps. Sementara itu apabila sudah mencapai FUP 2, kecepatannya akan menjadi 8 Mbps.

Tips Menggunakan Indihome

Tips-Menggunakan-Indihome

Apabila ingin menggunakan Telkom indihome sebagai salah satu provider internet yang dipakai di rumah atau kantor. Ada baiknya untuk menyimak beberapa tips di bawah ini.

1. Cek Ketersediaan Layanan

Hal pertama apabila ingin menggunakan layanan ini adalah melakukan proses pengecekan ketersediaan layanan terlebih dahulu. Meskipun bisa digunakan di hampir seluruh wilayah yang ada di Indonesia bisa saja beberapa daerah tidak memiliki layanan ini.

Setelah mengecek ketersediaan barulah bisa melakukan proses order untuk pemasangan wifi atau internet dirumah secara langsung. Jadi, layanan internet bisa lebih sesuai dengan kebutuhan atau yang paling nyaman untuk daerah itu.

2. Uji Coba Dulu

Beberapa orang ada yang langsung suka dengan indihome dan ada yang harus melakukan proses dicoba terlebih dahulu. Dengan melakukan proses uji coba maka kamu akan tahu kira-kira layanan internet ini bisa digunakan untuk beberapa bulan kedepan atau tidak.

Proses uji coba bisa dilakukan dengan menggunakan layanan yang paling rendah atau yang memiliki bandwidth 20 mbps. Apabila sudah cukup memuaskan maka bisa ditingkatkan lagi apabila membutuhkan atau tetap memakai dengan paket yang sama.

Apabila diperlukan memang harus dibuat perbandingan dengan mencoba memakai layanan dari provider internet lain. Biasanya acara Ini dicoba apabila kamu ingin memakai internet tersebut untuk keperluan usaha atau bisnis.

3. Pengecekan Data Rutin

Pengecekan data secara rutin harus dilakukan untuk menghindari adanya penurunan kecepatan. Kamu harus mengetahui kira-kira berapa batas pemakaian wajar dari masing-masing paket.

Apabila sudah mencapai batas pemakaian wajar maka kecepatan akan diturunkan. Pengecekan rutin ini dilakukan agar dalam 1 hari atau dalam satu minggu kamu tidak melebihi batas yang sudah ditetapkan. Jadi kecepatan akan tetap stabil dari awal hingga akhir periode.

4. Hati-hati dengan Download

Ada baiknya untuk selalu berhati-hati ketika melakukan download dengan menggunakan layanan dari indihome. Apabila kamu download file berukuran besar secara berlebihan kemungkinan besar akan memakan kuota atau FUP.

Jadi apabila kamu ingin melakukan download lebih baik berhati-hati atau dibatasi saja. Usahakan tidak berlebihan agar kecepatan tidak mengalami penurunan yang signifikan.

5. Waspadai Pembobolan

Tips terakhir yang harus diperhatikan dengan baik adalah banyaknya orang yang melakukan pembobolan pada internet indihome. Pembobolan ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kuota sehingga kamu akan mudah terkena FUP.

Biasanya pembobolan ini dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan memanfaatkannya untuk berbagai hal seperti download dalam jumlah yang cukup banyak.

Untuk mengatasi hal itu ada baiknya untuk melakukan proses pengecekan rutin setiap harinya. Selain itu juga bisa mengetahui berapa sisa kuota apabila kuota yang tersisa sangat sedikit segera laporkan ke pihak yang berwenang.

Tidak bisa dipungkiri lagi jika SMTP Telkom Indihome harus diubah terlebih dahulu pada beberapa client email. Dengan melakukan perubahan khususnya pada port maka proses pengiriman dan penerimaan data bisa dilakukan dengan lebih baik dan tidak mengalami masalah.

Terpenting dari semua adalah memilih jenis internet yang tepat agar berbagai aktivitas bisa berjalan sesuai dengan keinginan. Selain itu kamu harus mengetahui juga bagaimana cara memilih paket internet terbaik sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki saat ini.

 

Lihat Juga :

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
0
Share