Komponen Simulasi Kredit Kendaraan Bermotor yang Perlu Dipahami

0
simulasi kredit kendaraan bermotor

Kebutuhan akan kendaraan bermotor, baik yang beroda dua maupun empat, akan dialami oleh siapapun. Namun tak semua orang bisa membelinya secara tunai. Untuk itulah banyak orang yang bermaksud mengambil kredit dan melakukan simulasi kredit kendaraan bermotor.

Kendaraan bermotor sering diperlukan buat orang yang baru mulai berumah tangga. Bahkan buat yang belum memiliki pasangan pun, kendaraan bermotor sangat diperlukan buat keperluan berangkat kuliah maupun bekerja.

Kebutuhan akan semakin meningkat manakala adanya pertambahan anggota keluarga didalam rumah yang butuh bepergian bersama. Misalnya ketika orang tersebut sudah memiliki pasangan. Kebutuhan ini akan meningkat lagi ketika mereka sudah memiliki anak.

Ada yang masih bisa satu motor tiga orang. Namun ketika anak tersebut bertambah besar dan mesti pergi bersama-sama, maka mau tidak mau keluarga tersebut mesti memikirkan untuk membeli mobil. Hal ini cukup dilematis.

Seperti dijelaskan diatas, tidak semua orang tentu bisa membeli secara tunai di dealer. Namun tentu saja untuk memiliki kendaraan bermotor secara kredit, banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Berikut ini ada beberapa pertimbangan yang bisa Anda pergunakan sebelum membeli kendaraan bermotor secara kredit. Sehingga kredit yang dilakukan bisa dibayarkan tepat waktu dan dilunasi hingga batas waktu yang sudah ditentukan.

Pilih Merek, Leasing, dan Dealer yang Baik

Untuk merek kendaraan bermotor kadang-kadang subjektif sekali. Namun ia sering melakukan kerjasama dengan leasing tertentu maupun dealer tertentu. Ada bundling yang ditawarkan ketika merek A bekerjasama dengan dealer B dan melakukan pembiayaan dengan dealer C.

Proses ini memang sering terjadi, namun jarang disosialisasikan dengan masif kepada konsumen. Sehingga Anda mesti jeli mana saja dealer yang memberikan tawaran yang paling menarik.

Apa indikator kebaikan dari trio ini? Tentu saja layanan purna jual yang baik. Selain saat memberikan kredit Anda dilayani dan diurus dengan baik, mereka menawarkan perawatan yang mudah dan lengkap untuk kendaraan bermotor Anda.

Pertimbangkan Penghasilan

Banyak yang berpikir kalau dengan mengambil kredit tertentu, misalnya kredit kendaraan bermotor maka gairah kerja akan meningkat. Potensi penghasilan lain juga akan terbuka karena lebih rajin mencari peluang. Hei, belum tentu!

Banyak orang kemudian terjebak pada pola pikir semacam ini. Hal ini akan membuat uang hilang dan barang kreditan melayang. Ya, kalau Anda mengalami kredit macet, justru bakal merugi lebih besar.

Pertama, Anda bakal rugi uang muka dan angsuran sekian bulan. Jika dihitung-hitung tentu tidak akan menutupi jika diumpamakan Anda menyewa kendaraan. Sebab kalau menyewa ada masa pakai efektif yang dihitung, sementara mobil milik sendiri biasanya sering diparkir saja di garasi.

Yang kedua adalah nama Anda menjadi buruk di mata perbankan, karena masuk ke iDeb alias informasi debitur. Dulunya bernama BI Checking. iDeb ini akan menjadi catatan di Bank Indonesia, dan semua layanan keuangan akan melihat catatan tersebut untuk mempertimbangkan pinjaman kepada Anda.

Untuk itulah diperlukan pertimbangan yang matang dalam mengambil keputusan. Sesuaikan penghasilan dengan jumlah angsuran yang diambil.

Uang Muka adalah Tanda Jadi

Untuk membeli motor secara kredit biasanya ada uang muka yang harus dibayar. Namun sejk 2018, Otoritas Jasa Keuangan sudah merilis Peraturan OJK dengan Nomor 35/POJK.05/2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan.

Pada peraturan tersebut termaktub bahwa perusahaan jasa pembiayaan boleh memberikan uang muka 0%. Namun dengan syarat rasio kredit bermasalah atau Non Performing Finance dari perusahaan tersebut dibawah atau sama dengan 1%.

Uang muka 0% sebetulnya lebih kepada daya tarik dari kredit tersebut. Sejatinya perhitungan uang muka ini tidak terlalu berimbas banyak pada perhitungan angsuran diatas. Dan kalau ada, memang lebih enak mengambil kredit dengan uang muka 0%.

Menghitung Tenor

Semakin lama tenor dari kredit, maka semakin mahal pula harga barang tersebut. Ini sudah menjadi rahasia umum. Sebab lamanya tenor ini akan memberikan keuntungan yang lebih banyak bagi perusahaan pembiayaan.

Namun tentu saja Anda perlu menghitung jumlah penghasilan bulanan. Jangan sampai berharap tenor pendek, misalnya hanya 6 bulan, namun Anda malah mengalami gagal bayar.

Ambil saja tenor yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Kemudian lakukan perhitungan dengan seksama jumlah harga yang semestinya dibayar bersama bunganya. Sehingga bakal ditemukan harga yang harus Anda bayar untuk sebuah kendaraan bermotor.

Ya, semakin lama Anda mengambil tenor, memang terlihat nilai angsurannya lebih kecil. Namun perlu diketahui bahwa angsuran tersebut akan dikali jumlah bulan yang diambil. Jatuhnya bakal semakin tinggi. Dan ini memang dilematis. Agar lebih presisi, silakan lakukan simulasi kredit kendaraan bermotor sendiri.

Cara Simulasi Kredit Kendaraan Bermotor

Cara melakukan simulasi kredit kendaraan bermotor sangat mudah. Semua orang dengan kemampuan matematika tingkat SD pasti bisa melakukannya. Anda hanya perlu menghitung harga kendaraan, kemudian uang muka yang bakal disetorkan, dan tenor yang diambil. Hitung saja seluruhnya dengan memperhatikan bunga yang diberikan oleh perusahaan pembiayaan tersebut.

Buat Anda yang tak mau repot, saat ini sudah banyak kalkulator simulasi kredit kendaraan bermotor yang disediakan oleh perusahaan pembiayaan. Salah satunya di tautan pada paragraf pertama diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here