SEVA Mobil Bekas: Cara Jual Mobil Terbaik

Seva Mobil bekas merupakan cara baru bagi manusia modern untuk melakukan jual-beli mobil. Anda bakal dipilihkan, dibantu pembiayaannya, dan tentu saja bakal mendapat mobil terbaik di garasi Anda.

30

Zaman yang semakin canggih membuat aktivitas jual-beli mobil bisa dilakukan tanpa bertatap muka. Hal ini juga tidak menghalangi kedua pihak untuk mengetahui kondisi mobil bekas yang dijual. Lewat SEVA Mobil Bekas, hal ini sangat mudah dilakukan.

Sejarah SEVA

SEVA merupakan situs jual beli mobil bekas yang terbilang leading di sektornya. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab situs ini dibentuk oleh pemain besar industri otomotif selama puluhan tahun, yakni PT. Astra International, Tbk.

Astra membuat sebuah anak usaha yang diberi nama PT. Astra Digital International. Berpola sebuah perusahaan rintisan, Astra Digital langsung membuat empat layanan, yakni SEVA, CariParkir, Sejalan, dan Movic. SEVA berbasis website, sementara tiga nama terakhir merupakan aplikasi ponsel.

SEVA mulai dikenalkan ke publik pada bulan September 2018. Saat itu publik dibuat gempar dengan ajang flash sale yang dibuat situs yang baru muncul ini. Saat itu, peserta flash sale berkesempatan mendapatkan mobil seharga ratusan juta hanya dengan membayar Rp50 jutaan saja.

Fitur-Fitur SEVA

Seperti website pada umumnya, SEVA juga memiliki banyak fitur yang terbagi kedalam berbagai kategori. Secara umum, ada empat kategori besar yang dimiliki SEVA, yakni Otomotif, Properti, Jasa Keuangan, dan Berita & Artikel.

seva mobil bekas

Kategori Otomotif

Keempat kategori utama tadi dibagi menjadi kategori-kategori yang lebih spesifik. Seperti kategori Otomotif yang terbagi lagi menjadi Mobil Baru, Mobil Bekas, Suku Cadang, Jual Mobil Saya, Pilihan Expert, Layanan eDokumen, Kredit Kalkulator, dan Promo.

Pada kategori Otomotif ini SEVA Mobil Bekas tampaknya ingin menghadirkan pilihan buat para pencari ataupun mereka yang ingin menjual kendaraan roda empat secara lengkap. Kategori seperti Mobil Baru dan Mobil Bekas dibuat untuk hal tersebut. Sementara itu kategori Jual Mobil Saya akan saya jelaskan kemudian bersamaan dengan Pilihan Expert.

Kategori Suku Cadang merupakan kategori yang menyajikan kebutuhan aki dan oli motor maupun mobil dari Astra. Lebih tepatnya di kategori ini SEVA mobil bekas hanya menyajikan suku cadang yang bisa dipasang sendiri. Sementara untuk suku cadang yang lebih kompleks, diharapkan pemilik kendaraan menghubungi tempat servis langganan saja.

Layanan eDokumen rasanya paling cocok buat mereka yang tak punya waktu untuk mengurus administrasi kendaraan, baik itu motor, mobil, maupun keduanya. Layanan ini bisa membantu untuk menguruskan perpanjangan STNK tahunan dan lima tahunan serta balik nama.

Untuk pembiayaan mobilnya sendiri akan dijelaskan dalam kategori berikutnya. Pada kategori ini, SEVA hanya menyajikan Kredit Kalkulator yang merupakan sebuah simulasi pembiayaan buat yang berminat dengan kendaraan namun masih bingung dengan hitung-hitungan pembiayaannya.

Kategori Properti

Astra memiliki anak perusahaan bernama Astraproperty. Di kategori Properti website SEVA ini juga muncul tiga nama besar proyek properti dari anak usaha itu. Ketiganya adalah Asya, Arumaya, dan Avania.

Pada kategori ini tentu saja tak terkait dengan otomotif. Namun ini menjadi sisipan yang cukup masuk akal mengingat kebutuhan properti juga tidak bisa dielakkan bagi siapapun.

Asya, Arumaya, dan Avania menawarkan hunian mewah yang bisa dipilih dengan konsep villa dengan pemandangan alam yang bagus, maupun konsep apartemen yang simpel dan elegan.

Kategori Jasa Keuangan

Bisnis Astra mencakup segala lini termasuk lini jasa keuangan. Untuk itulah pada kategori ini, lini jasa keuangan yang merupakan anak usaha Astra muncul.

Untuk kategori Pinjaman ada MauCash, TAF Syariah, dan TAF Siap Dana. MauCash berdiri dengan nama PT. Astra Welab Digital Arta yang merupakan aplikasi pinjaman online milik Astra yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Sementara itu TAF alias Toyota Astra Finance merupakan perusahaan pembiayaan kendaraan.

Pada kategori Tabungan, SEVA menawarkan tabungan dari PermataME. Dan tentu saja PermataME ini merupakan produk dari Permata Bank yang mana merupakan anak usaha Astra di bidang jasa keuangan.

Kategori ketiga ada Asuransi dimana pada kategori ini SEVA mobil bekas menawarkan kepemilikan polis asuransi jiwa dari Ilovelife Astralife dan polis asuransi kendaraan dari Garda Oto.

Bagi yang masih kebingungan mau ambil produk jasa keuangan yang mana, SEVA juga menyisakan kategori terakhir yakni Edukasi Keuangan dengan kategori kecil Perlindungan Keluarga. Pada menu ini ada simulasi perhitungan dana proteksi yang bisa diambil, yang dikalkulasi dari jumlah tanggungan dan pengeluaran bulanan. Kalkulasi ini juga memperhitungkan asumsi inflasi 4% dan suku bunga 6% per tahun.

Kategori Berita & Artikel

Di kategori ini menjadi semacam pelengkap agar pengunjung situs bisa membaca berbagai hal terkait tips, informasi, rekomendasi, hingga liputan hobi dan komunitas.

Kategori Berita & Artikel ini melengkapi kategori-kategori diatasnya. Sehingga buat pengunjung situs yang membutuhkan informasi tambahan terkait produk yang sedang diincar bisa mengintip kategori ini.

Seperti judul kategorinya, berita terbaru tentang situasi kekinian yang terkoneksi dengan bisnis otomotif dan properti juga ada di kategori ini. Untuk artikel-artikelnya juga bagus, sangat informatif.

SEVA Mobil Bekas

Seperti disinggung diatas, mobil bekas bisa dijual dan dibeli di SEVA ini. Lewat SEVA mobil bekas, penjual maupun pembeli bisa dengan mudah memajang mobil bekasnya di laman seva.id.

Ada kategori Jual Mobil Saya yang bisa dimanfaatkan untuk menjual mobil bekas melalui SEVA. Berikut ini cara menjual mobil bekas di SEVA.

Cara Menjual Mobil Bekas di SEVA

Untuk menjual mobil bekas di SEVA, pastikan Anda memiliki mobil yang bakal dijual. He-he. Tetapi bisa juga Anda tidak memiliki mobil tersebut, tapi menjadi pihak ketiga. Sehingga posisi pendaftarannya sedikit berbeda. Anda mesti mendaftar terlebih dahulu untuk menjadi dealer rekanan SEVA di form ini.

  1. Masuk kategori jual mobil saya

    Saat Anda mengklik kategori Jual Mobil Saya, halaman tersebut akan menampilkan cara-cara dalam menjual mobil di SEVA secara sederhana. Silakan baca dan pahami secara seksama.

  2. Registrasi Akun di SEVA

    Saat tombol Jual Mobil saya diklik, Anda diarahkan ke halaman login apabila untuk masuk ke akun SEVA. Apabila tidak punya akun di SEVA, silakan melakukan registrasi untuk mendapatkannya.

    Isi data secara lengkap sesuai dengan kartu identitas yang Anda miliki. Isikan nomor telepon, email, nama depan dan belakang, lalu buatlah password. Anda juga bisa memanfaatkan akun Facebook atau akun Google untuk melakukan registrasi. Klik Register Akun jika sudah selesai.

    SEVA kemudian mengirimkan tautan aktivasi agar akun yang telah Anda buat bisa aktif. Silakan buka email dan cari email dari SEVA. Temukan tombol Aktifkan Sekarang dan Anda bakal diarahkan kembali ke laman login SEVA.

  3. Mengisi Aset

    Saat mengklik kategori Jual Mobil Saya dan mengklik tombol di halamannya, ada perubahan halaman ketika Anda sudah memiliki akun di SEVA.

    Anda langsung diarahkan ke Jual Mobil Saya di halaman akun. Apabila Anda belum mendaftarkan aset sebelumnya, maka halaman Jual Mobil Saya ini masih perlu diisi lagi.

    Silakan isi selengkap-lengkapnya data mobil tersebut. Terakhir, unggah foto mobil tersebut yang mencerminkan kondisi mobil Anda. Silakan unggah foto terbaik di posisi pertama, karena akan tampil sebagai tampilan listing. Anda bisa mengunggah hingga 10 buah foto dengan jenis file JPG, JPEG, dan PNG.

  4. Klik Jual Mobil Saya

    Klik ini menjadi yang terakhir sebelum mobil bekas Anda tampil di halaman listing. Sebelumnya ada tiga titik checklist yang mana duanya sudah otomatis di centang. Nah, satunya lagi ada fitur dimana calon pembeli bakal bisa bernegosiasi harga. Centang kolom tersebut apabila Anda menghendaki calon pembeli tersebut bisa menawar harga.

Pilihan Expert

SEVA mobil bekas merupakan pilihan bagus buat calon pembeli untuk menemukan mobil bekas yang sesuai dengan kantong namun tetap memiliki kualitas yang layak. Sayangnya tidak semua orang memahami bagaimana memilih mobil bekas yang baik.

Pada kategori Otomotif, SEVA juga menghadirkan Pilihan Expert. Fitur ini hadir buat mereka yang sering merasa bingung seperti diatas. Pilihan Expert merupakan cara memilih mobil bekas yang setingkat lebih baik. Sebab di fitur ini calon pembeli tinggal memilih mobil bekas yang sudah dipilihkan.

Mobil bekas di Pilihan Expert ini telah dipilih oleh para profesional di bidang otomotif untuk dilihat kondisinya. Ada beberapa indikator yang menjadi penilaian apakah mobil bekas tersebut bisa masuk ke listing Pilihan Expert.

Ada enam indikator agar sebuah mobil bekas bisa masuk ke listing Pilihan Expert. Indikator tersebut diantaranya kondisi interior dan eksterior, pengalaman bencana banjir maupun kecelakaan, cat mobil, kondisi mesin sesuai usianya, dokumen, dan kunci cadangan.

Apabila seluruh indikator itu lengkap dan mobil dalam kondisi bagus dan masih orisinal, maka SEVA bakal memasukkannya ke halaman listing Pilihan Expert. Sehingga calon pembeli tidak perlu pusing dan khawatir terhadap mobil bekas yang dipilihnya.

Stock Clearance

Ada lagi fitur di SEVA yang bisa dimasukkan buat Anda yang mencari mobil baru namun harganya hampir setara mobil bekas. Fitur tersebut diberi nama Stock Clearance. Nah dari namanya memang mirip-mirip cuci gudang. Sehingga fitur ini masuk kedalam pembahasan mobil bekas. Ya, karena harganya tidak sama dengan yang baru. Itu saja.

Stock Clearance merupakan fitur SEVA untuk menjual mobil baru Astra dengan VIN 2018 dan VIN 2019. VIN merupakan singkatan dari Vehicle Identification Number. Di Indonesia VIN lebih umum disebut sebagai nomor rangka.

Pada fitur Stock Clearance ini, calon pembeli bisa menemukan mobil-mobil dari berbagai merek seperti BMW, Daihatsu, Isuzu, Peugeot, serta Toyota. Namun yang perlu diingat, di fitur ini tidak ada mobil keluaran terbaru dengan VIN 2020.

Melalui fitur ini pula, calon pembeli bisa menemukan mobil baru namun harganya tidak setinggi mobil baru yang benar-benar baru muncul. Jadi Stock Clearance ini dibilang fitur SEVA mobil bekas ya bukan, dibilang SEVA mobil baru juga masih sedikit kurang tepat.

Sayangnya stock clearance memang tak tersedia setiap waktu. Ada beberapa ketentuan yang mesti dipenuhi oleh pembeli, diantaranya:

  1. Event stock clearance berlangsung selama persediaan masih ada.
  2. Potongan khusus cuma berlaku untuk mobil-mobil yang terdapat tanda Stock Clearance dan harga yang tertera di situs Seva adalah harga setelah diskon.
  3. Harga khusus tersebut berlaku untuk mobil VIN (tahun pembuatan) 2019.
  4. Pembelian produk Stock Clearance hanya berlaku bagi konsumen yang beralamat KTP di wilayah yang terdapat jaringan Auto2000. Daftar jaringan Auto2000 bisa dilihat di situs https://auto2000.co.id/jaringan/.
  5. Unit untuk program stock clearance tersebar di beberapa cabang Auto2000 yang akan dikonfirmasi oleh dealer yang akan menghubungi setelah customer melakukan pemesanan melalui Seva.id.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai seva mobil bekas yang bisa dipergunakan untuk membantu mereka yang sedang mencari mobil baru dan mobil bekas, maupun berupaya menjual mobil bekas kesayangannya.

Secara umum, SEVA memiliki situs yang komplit. Meski dibuat optimal untuk peramban internet di browser, website SEVA juga sangat responsive ketika diakses melalui ponsel.

Nama besar Astra dan profesionalitas dibalik nama SEVA, tentu tak perlu diragukan lagi buat ikut bertransaksi mobil bekas maupun mobil baru di situs ini.

30 KOMENTAR

  1. kebetulan paman sy mau jual mobil tp dia bingung antara mau jual via makelar mobil atau ke showroom mobil bekas. apalagi situasi lg begini. nah SEVA.mobil ini mungkin bisa jadi opsi ya kak. sy sdh share artikel ini ke paman. terima kasih sdh berbagi info

  2. Lengkap juga fitur Seva ini. Selain itu juga pasti kredibel nih, secara anak perusahaan Astra International. Bang Doel gak ikutan flash sale-nya Seva? Beli mobil harga ratusan juta seharga 50juta?

  3. Seva ini sangat memudahkan penjual dan pembeli mobil bekas ya.. Jadi kalau mau beli mobil tinggal pilih jenis mobil yang sesuai dengan isi kantong. Sangat praktis, dan juga lebih hemat waktu…

  4. Saya sering denger tentang jual beli mobil bekas, tapi saya baru mendengar tentang SEVA ini. Ternyata bawaan Astra ya, kalau gitu ini pasti rekomended.

  5. Aku baru dengar aplikasi ini nih. Jadi lebih mudah ya untuk menjual dan membeli mobil bekas. Apa lagi ini ternyata milik Astra ya, jadi terjamin banget kualitasnya 🙂

  6. wah sekarang ad ya platform digital macam SEVA gini, jadi niche lebih sesuai khusus mobil ga harus di web2 yang jual palugada itu lohh

  7. ASTRA mah memang anak perusahaannya banyak bener. Dan karena milik ASTRA maka si SEVA ini pasti recommended deh… Saya udah lihat di websitenya. Keren.. keren.. Cuma sayangnya butuh waktu untuk sampai kelar loading, padahal udah ga sabar pengin lihat foto-foto mobil yang dipajang disana 🙂

    • Iya betul mbak, PeeR tuh buat web developernya. Cuma mungkin karena targetnya menengah ke atas, jadi SEVA gak terlalu mikirin loading situs juga. Karena mereka terkoneksi bagus internetnya.

  8. Satu, dua, tiga.. cocok nih buat saya yang mau beli mobil bekas. Sebab mau beli baru juga kurang sedikit eh banyak ding. Hehe

  9. Lengkap banget ya kak. Dan karena dikelola oleh merk terkenal, jadi sudah pasti terpercaya. Tapi sayangnya yaahh aku gapunya mobil. Doanya kak smg suatu hari dikasih rejeki lebih dan bs beli mobil hehhe

  10. Wah keren banget Seva ini ya
    Seandainya udah tahu dari dulu, pas jual mobil tahun lalu kami gak perlu pusing-pusing deh nawarin sana-sini. palagi nilai tawar di Seva juga ternyata bagua
    Makasi infonya, kak. Akan aku rekomendasikan ke teman-teman

  11. SEVA ini bagus dong kalo buat mau cari mobil bekas. Apalagi anak perusahaan Astra ya kan? Pasti ga kaleng-kaleng. Jadi mudah cari mobil sekarang. Tapi teteeeppp cari duit buat beli mobilnya yang susahh 😀

  12. Wah, SEVA ini anak perusahaan ASTRA, ya. Ga diragukan lagi dong kualitasnya. Sip, deh. Ntar kalau ada tetangga yang mau beli atau jual mobil bekas aku rekomendasiin SEVA aja. Makasih infonya, mas.

  13. Oh Seva itu tempat jual beli mobil tohhh, wahhh temen aku ada yg mau jual mobil tuh lebih baik di Seva aja ya daripada bingung

  14. kalo aku punya mobil dan mau di jual bisa pake apps ini, trimakasih infonya sangat membantu sekali. untuk saat ini belum punya mobil.

    BeHangat.Com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here