Samsung Rilis Tiga Chipset Otomotif

  • Share
chipset otomotif samsung

KopiTEKNO.com – Samsung sejauh ini memang berfokus pada chipset untuk smartphone. Sehingga pabrikan asal Korea ini sekarang ingin mengurangi ketergantungan pada pabrikan chipset pihak ketiga dan juga memperluas bisnis chipset-nya ke kategori lain.

Oleh karenanya, Samsung telah mengumumkan tiga chip otomotif baru, yakni Exynos Auto T5123 untuk konektivitas 5G, Exynos Auto V7 untuk sistem infotainment dalam kendaraan yang komprehensif, dan IC manajemen daya (PMIC) S2VPS01 bersertifikat ASIL-B untuk Seri V otomatis.

Chipset Otomotif Samsung

Dikutip dari berbagai media, Samsung mengatakan bahwa permintaan untuk chipset otomotif lumayan meningkat. Sebabnya chipset otomotif “berteknologi tinggi” ini memang diminati karena mampu menangani lebih banyak konsumsi hiburan dan peningkatan komponen listrik di mobil.

Samsung Exynos Auto T5123 adalah unit kontrol telematika 3GPP Release 15 yang menghadirkan konektivitas 5G yang cepat dan mulus dalam mode standalone (SA) dan non-standalone (NSA) ke generasi berikutnya dari mobil yang terhubung.

Ini bertujuan untuk menyampaikan informasi secara real-time melalui unduhan berkecepatan tinggi hingga 5.1Gbps. Ada dua inti CPU Cortex-A55 dan Sistem Satelit Navigasi Global (GNSS) bawaan. Ini mendukung antarmuka PCIe (PCI Express) berkecepatan tinggi dan DRAM seluler LPDDR4x berkinerja tinggi berdaya rendah untuk memproses data.

Exynos Auto V7 dibuat untuk sistem infotainment di dalam kendaraan dan memiliki delapan inti Cortex-A76 pada 1,5GHz dan 11 inti GPU Arm Mali G76. Ada juga NPU untuk layanan seperti bantuan virtual yang dapat memproses data visual dan audio.

Ini mendukung hingga empat layar dan 12 input kamera dan memiliki tiga prosesor audio HiFi 4 juga. Muncul dengan dukungan hingga 32 GB kapasitas memori LPDDR4x dengan bandwidth tinggi hingga 68,3 GB/s. Exynos Auto V7 saat ini sedang dalam produksi massal dan digunakan di In-Car Application-Server (ICAS) 3.1 terbaru Volkswagen.

Terakhir, S2VPS01 adalah PMIC (sirkuit terintegrasi manajemen daya) untuk Exynos Auto V9 dan V7. Ini mengatur dan memperbaiki aliran daya listrik. Chip ini terdiri dari konverter buck tiga/dua fase yang sangat efisien dan mengintegrasikan regulator putus-putus rendah (LDO) dan jam waktu-nyata (RTC) di dalam paket.

IC daya dilengkapi dengan berbagai fungsi perlindungan, termasuk under-voltage protection (UVP), short circuit protection (SCP), overcurrent protection (OCP), thermal shut down (TSD), clock monitoring dan output stuck checks.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *