Samsung Rilis ISOCELL GN1, Sensor Kamera yang Mampu Merekam Video 8K

0
isocell gn1

Samsung telah mengumumkan kehadiran ISOCELL GN1 yang merupakan sensor kamera dengan resolusi 50MP. Sensor ini merupakan yang pertama dengan teknologi Dual Pixel dan Tetracell, yang dilengkapi dengan piksel berukuran 1,2μm.

ISOCELL GN1 merupakan sensor yang dirancang untuk memotret dalam mode binning 4 banding 1. Mode ini mampu menghasilkan gambar 12,5MP tetapi secara efektif memiliki piksel 2,4μm yang besar.

Menurut wakil presiden eksekutif dari bisnis sensor di Samsung, Yongin Park, ISOCELL GN1 adalah cara lain Samsung untuk menawarkan kepada pasar soal sensor gambar yang berkinerja tinggi yang secara dekat memenuhi kebutuhan pasar yang semakin beragam.

Teknologi Dual Pixel pada sensor ini berarti setiap piksel memiliki dua dioda. Hal ini memungkinkan keduanya untuk digunakan untuk membuat fokus, seperti fokus yang tercipta saat citra gambar itu belum digabungkan dalam gambar yang beresolusi tinggi lewat mode binning.

isocell gn1

Samsung juga memanfaatkan itu dan menyediakan algoritma yang dapat mengambil informasi dari kedua dioda untuk mengeluarkan foto 100MP. Meskipun tentu saja hal ini membutuhkan interpolasi yang jauh lebih banyak daripada sensor 100MP biasa tanpa harus meninggalkan detail.

Samsung juga telah menyediakan Smart-ISO, HDR real-time dan EIS ke dalam ISOCELL GN1. Tak ketinggalan juga sensor ini telah mendukung perekaman video 8K pada 30fps.

Sensor ini tentu sedikit berbeda dari ISOCELL Brigth HMX yang menitikberatkan pada proses pencahayaan. Pangsa pasarnya juga bakal sedikit berbeda.

Saat ini produksi massalnya telah dimulai. Tidak menunggu waktu lama lagi, banyak ponsel pintar bakal mendapatkan kecanggihan ISOCELL GN1 dari Samsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here