Saturday, December 4, 2021

Samsung Masih Jadi Penguasa Pasar Smartphone di Kuartal 3 2021

Kopitekno.com – Samsung masih menguasai pasaran smartphone secara global pada kuartal (Q3) 2021 ini. Hal ini berdasarkan data yang disajikan oleh perusahaan riset Canalys.

Meski secara global pasar smartphone mengalami penurunan akibat imbas dari kelangkaan chipset dan komponen lainnya, namun Samsung masih menjadi yang tertinggi dengan pangsa pasar 23% secara global.

Posisi Samsung ini bahkan tidak berubah sama sekali. Yang berubah hanyalah Apple yang pada tahun kemarin memiliki pangsa pasar 12%, kini meningkat 2% sehingga menjadi 15%.

Di posisi ketiga setelah Apple, ada Xiaomi. Pabrikan asal China ini juga stagnan berada di angka 14% sejak tahun lalu.

Yang meningkat selain Apple juga ada Vivo dan Oppo. Keduanya kompak naik 1% dengan berangkat dari angka yang sama, yakni 9%. Kini keduanya mendapat pangsa pasar 10%.

Berikut tabelnya:

samsung

Menurut catatan Canalys, kelangkaan komponen menjadi sebab terhambatnya pasokan di pasar. Canalys juga menyebut ada penurunan pengapalan perangkat sebesar 6% secara global.

Canalys optimis pasar akan kembali bergairah setidaknya pada kuartal 4 tahun ini. Sebab ada beberapa momen penting seperti Single’s Day di China, Black Friday di AS, dan liburan akhir tahun di Eropa.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini