Selasa, Oktober 19, 2021

RUGlue: Lem Pipa Rucika, Harga dan Cara Pasangnya

Kopitekno.com – Pernahkah kamu menghitung berapa liter air yang terbuang karena tetesan demi tetesan akibat kebocoran pipa? Meski menetes, air yang keluar dari kebocoran itu juga akan membuat basah dan menghasilkan bunyi yang cukup mengganggu.

Kenapa hal itu terjadi? Tentu saja karena kita salah memilih lem pipa. Yang seharusnya bisa bertahan sekian lama, ternyata hanya merekat sementara saja. Yang harusnya merekatkan, ternyata malah menyumbang residu kimia pada air bersih.

Oleh karena itu memilih lem pipa sama pentingnya memilih pipa yang berkualitas untuk instalasi air di rumah kita. Keduanya merupakan pasangan serasi setelah kepiawaian tukang yang membantu instalasi tersebut.

Lem Pipa

Lem pipa memiliki fungsi merekatkan setiap sambungan pipa. Meski pada beberapa sambungan pipa ada yang dibuat fungsi ulir, tetap saja peranan lem pipa sangat siginifikan.

Lem pipa ini mampu mencegah air menerobos celah-celah kecil dalam sambungan tersebut. Sebab ia mampu menutup rapat celah-celah yang muncul dalam sebuah sambungan. Selain itu tentu saja lem pipa berfungsi utama guna merekatkan sambungan antar pipa.

Lem pipa terbuat dari bahan kimia yang diformulasi khusus agar tidak menjadi residu yang mengotori dan aman pada instalasi air. Lem pipa PVC secara umum dihasilkan dari sampah polistirena jenis styrofoam dengan komposisi 39% toluena, 45% sterofom, dan 17% aseton.

Bahan untuk membuat lem pipa itu tentu saja rahasia pabrik masing-masing. Sebab setiap pabrikan memiliki formulasi khusus untuk membuat lem berdaya rekat tinggi dan mampu bertahan lama.

Adakah lem yang berdaya rekat tinggi, tahan lama, dan ramah lingkungan? Kalau kamu menjawab tidak ada, tentu belum mengetahui RUGlue, lem pipa Rucika.

RUGlue Lem Pipa Rucika

RUGlue merupakan lem pipa untuk menyambungkan pipa PVC yang bisa dipergunakan untuk instalasi rumah tangga maupun proyek-proyek besar. Lem pipa ini dibuat dengan formulasi khusus agar mampu bertahan di daerah tropis.

Lem pipa Rucika ini memiliki dua keunggulan, yakni mampu bersenyawa dengan baik terhadap pipa sehingga efektif dalam mencegah munculnya bocor sehalus apapun. Kemudian keunggulan selanjutnya adalah bisa diaplikasikan dengan mudah untuk membuat sambungan yang sempurna.

Harga RUGlue

Keunggulan lain dari lem pipa RUGlue selain dua diatas, sebetulnya ada lagi, yakni kemasannya variatif. Sehingga kamu bisa memilih kemasan mana yang sesuai kebutuhan.

Ada tiga kemasan lem pipa RUGlue, yakni kemasan tube dengan ukuran 50gr, kemasan botol 60gr, dan kemasan kaleng 400gr. Adapun harga secara rinci adalah sebagai berikut:

JenisUkuranHarga
Kemasan Tube50 grRp10.200
Kemasan Botol60 grRp12.100
Kemasan Kaleng400 grRp60.500
daftar harga lem pipa rucika

Kamu bisa memilih ketiga kemasan tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya untuk kemasan praktis yang enak dibawa-bawa, maka membeli kemasan tube tentu lebih disarankan.

Cara Memasang Sambungan dengan Lem Pipa RUGlue

Sebelum melakukan pemasangan, ada beberapa hal yang disiapkan. Hal ini perlu disiapkan dengan baik agar sambungan pipa bisa merekat dengan maksimal dan bertahan lama. Berikut diantaranya:

  • Lem pipa RUGlue
  • Kuas
  • Pemotong pipa
  • Jointing tracker (diperlukan untuk pipa dengan DN ≥ 4”)
  • Lap bersih dan kering
  • Alat chamfering pipa / kikir
  • Pensil/spidol
  • Meteran

Setelah semua bahan dan peralatan untuk menyambung pipa sudah siap, kini saatnya melangkah ke cara pemasangan.

Bersihkan permukaan

Pastikan semua permukaan yang bakal dipasangi lem pipa dalam keadaan bersih dan kering. Pergunakan lap bersih dan kering yang sudah disiapkan sebelumnya untuk membersihkannya.

Ukur kedua permukaan

Ukurlah socket yang akan dipasang. Jika sudah didapatkan ukurannya, ukur pula pipa yang akan dipasangkan. Hal ini bermanfaat agar kamu bisa menghemat lem pipa.

Oleskan RUGlue

Oleskan RUGlue pada kedua permukaan tersebut secara merata dengan kuas yang sudah disediakan. Pastikan seluruh permukaan mendapatkan lem pipa secara rata dan menyeluruh.

Sambungkan permukaan

Sambungkan kedua permukaan yang sudah diolesi lem pipa tadi dan tahan hingga 30 detik untuk mendapatkan posisi yang sesuai.

Bersihkan sisa

Bersihkan sisa-sisa lem pipa yang keluar dari pemasangan kedua permukaan tersebut. Selesai.

Demikianlah tentang harga dan cara memasang lem pipa RUGlue yang perlu diketahui. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi kepada orang yang lebih ahli jika ada yang belum dipahami.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini