BerandaUlasanHarga dan Spesifikasi ASUS ROG Phone 5

Harga dan Spesifikasi ASUS ROG Phone 5

ASUS ROG Phone 5 akhirnya hadir di Indonesia pada 14 Juni 2021 lewat launching di salah satu televisi swasta nasional. Belakangan, ASUS memang mengambil jalan perilisan semacam ini. Apa yang istimewa dari ASUS ROG Phone 5 ini?

ROG Phone 5 memang mengikuti pakem budaya China yang melewatkan angka 4 yang berkonotasi negatif, yakni meninggal. Sehingga kamu tak perlu kaget setelah ROG Phone 3 kok langsung ke ROG Phone 5.

Seperti sudah diulas sebelumnya, ROG Phone 5 Series sebetulnya hadir dengan tiga varian utama, yakni ROG Phone 5, ROG Phone 5 Pro, dan ROG Phone 5 Ultimate. Namun untuk pasar Indonesia, ASUS hanya membawa dua varian saja yakni varian reguler dan Ultimate.

Nah, pada artikel kali ini saya akan mengulas tentang spesifikasi dan harga ROG Phone 5 varian reguler.

Desain

ROG Phone 5 dikemas dalam kotak hitam yang sedikit abu-abu. Ketika membuka kemasan ini, seperti biasa, kamu bakal dibawa ke pengalaman menarik yang cukup berbeda dari kemasan ponsel biasa. Ya, sebab ini ponsel gaming, ROG.

Di dalam kemasan ini tentu saja kamu akan mendapatkan sebuah unit ROG Phone 5, sebuah Aero case dengan warna yang menyesuaikan unit ponsel, serta satu unit HyperCharger 65W.

Unit ROG Phone 5 cukup mudah dibedakan dibandingkan dengan varian yang lain. Sebab di bagian belakangnya, ponsel ini dibenamkan sebuah layar dot-matrix yang menampilkan logo ROG.

Semakin kesini ROG Phone semakin kalem. Desainnya tak terlalu garang, namun tetap mampu menunjukkan nuansa gaming. Desain di cover belakang ini hanya ada persilangan bidang geometri antar sudut dan bingkai kamera dengan bentuk persegi panjang asimetris. Ya cukup simpel.

Pada bagian depan, ROG Phone 5 memiliki layar 6,78 inci. Layar ini dilindungi oleh Gorilla Glass Victus yang memiliki ketahanan gores dua kali lebih kuat daripada Gorilla Glass 6.

Dengan dimensi 172.8 x 77.2 x 10.29mm dan berat 238 gram, ROG Phone 5 cukup enak digenggam. Terlebih ponsel ini betul-betul didesain demi kenyamanan dalam bermain game. Misalnya posisi lubang USB Type C-nya yang ada di samping. Posisi ini memudahkan ponsel untuk di-charge maupun dipasangi aksesoris tambahan ketika bermain game.

Display dan Audio

Sebagai ponsel gaming, ASUS ROG Phone 5 memiliki layar yang cukup lebbar. Sudah disinggung diatas, layarnya berpanel AMOLED 6,78 inci FullHD+ 2448×1080 piksel. Layar ini memiliki refresh rate paling tinggi 144Hz. Tentu dalam posisi normal kamu bisa mengaturnya ke posisi otomatis, 120Hz, 90Hz, bahkan 60Hz.

Seperti dikutip dari GSMArena, ASUS mengklaim bahwa layar ini juga memiliki latency yang paling rendah sedunia. Layar ROG Phone 5 ini memiliki touch latency 24,3ms dan slide latency 18ms. Sebuah keuntungan bagi para penggunanya dalam bermain game.

Untuk urusan audio, semenjak ASUS kolaborasi dengan pabrikan audio Dirac, kualitas suaranya semakin menawan. Ada empat mode suara yang bisa diatur secara manual sesuai dengan nuansa yang sedang dijalani pengguna.

Namun tentu saja peningkatan suara ini ditujukan agar pengalaman bermain game yang lebih imersif. Buat para gamer, hal ini tentu sangat menguntungkan. Seperti contoh kamu bisa mengetahui arah musuh yang datang hanya dengan mendengar suara derap langkahnya saja.

Kabar baiknya lagi setelah sempat menghilang, ASUS mengembalikan lubang 3,5mm pada ROG Phone 5. Ponsel gaming ini juga dilengkapi ampli Class G Headphone yang mampu mengatasi impedansi antara 8 hingga 1.000 Ohm. Jadi kamu bisa lebih ‘mengisolasi diri’ dalam game play yang mendebarkan.

Dapur Pacu dan Baterai

Qualcomm Snapdragon 888 menjadi otak dari ROG Phone 5. Otak ini ditopang oleh beberapa otak seperti Kryo 680 2,84GHz, tiga Kryo 680 2,42Ghz, dan empat Kryo 680 1,8GHz. Untuk kartu grafisnya didampingi oleh Adreno 660.

Seperti kultur dari ponsel gaming, ada semacam kebiasaan overclocking yang dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dasar dari chipset. Dan ROG tentu menjadi jagonya untuk urusan ini. Dengan fitur Armoury Crate, chipset tersebut bisa diatur untuk dilakukan unlock hingga mendapatkan batas yang lebih tinggi daripada bawaan pabrik.

Apakah dengan overclocking itu bakal berujung pada overheating? Tentu saja. Oleh karenanya selain dibekali dengan pendingin vapor chamber, pengguna juga diwajibkan memakai AeroActive Cooler 5 ketika memasuki mode tarung alias X Mode. Sebab selain menyebabkan pemborosan baterai, juga menghasilkan panas yang lumayan.

rog phone 5

Untunglah baterainya dibekali dengan kapasitas monster sebesar 6.000mAh. Agar panas dan dimensinya lebih terdistribusi, ASUS membuat dua baterai 3.000mAh yang terletak secara simetris agar terwujud kapasitas monster itu.

Selain itu dengan HyperCharger 65W, baterai ini mampu diisi daya dengan cepat. Buat kamu yang kerap terbur-buru, ROG Phone 5 mampu diisi dari 0 hingga 70% hanya dalam waktu 30 menit saja dan diisi secara penuh dalam waktu 65 menit.

Armoury Crate

ROG Phone 5 memakai sistem operasi Android 11 atau update yang terbaru dengan tampilan kostum ROG UI. Tampilan inilah yang membuat nuansa gaming terasa sekali di dalam sistem ROG Phone 5 ini.

Apalagi jika kamu membuka menu yang disebut Armoury Crate. Menu ini menjadi pengalaman pengguna yang paling berkesan dalam memakai ROG Phone 5. Apalagi tahun ini, pembaruan Armoury Crate menghasilkan perangkat lunak yang semakin baik.

Buat yang belum paham, Armoury Crate adalah aplikasi yang dibuat ASUS untuk menyimpan profil ketika kamu bermain game. Jadi setiap kali game tersebut, kamu tak perlu mengulang pengaturannya lagi. Disini kamu juga bisa mengatur berbagai panel kendali, kualitas gambar, tampilan, suara, dan seterusnya.

Ada satu peningkatan yang mungkin tak begitu penting, tapi cukup berpengaruh dalam Armoury Crate, yakni adanya X Mode+. Ini peningkatan dari X Mode. Versi plus ini hadir otomatis ketika kamu memasang AeroActive Cooler 5 ke ROG Phone 5. Dan baru di ROG Phone 5 ini juga hadir Esport Mode.

Kamera

Setiap pabrikan dari ponsel gaming rasanya tak begitu memperhatikan sektor kamera. Namun kali ini ASUS membenamkan kamera yang jauh lebih baik di ROG Phone.

Di belakang ada tiga kamera dimana salah satunya menjadi kamera utama dengan resolusi 64MP, dengan sensor Quad-Bayer Sony IMX686. Kamera ini memiliki ukuran sensor 1/1,7″ dengan lebar piksel sebesar 0,8µm. Bukaan lensanya sebesar f/1.8, tanpa OIS, dan hanya ada autofokus dengan satu LED flash sederhana.

Kamera kedua memiliki resolusi 13MP, bukaan f/2.4, dan berfungsi sebagai kamera ultra wide. Satu lagi ada kamera dengan resolusi 5MP dengan bukaan f/2.0. Dan terakhir di bagian depan ada kamera dengan resolusi 24MP, dan bukaan f/2.5.

Kamera ini, terutama kamera utamanya memiliki hasil yang jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya. Bahkan untuk ukuran ponsel gaming, kamera ini terlalu bagus.

Harga ASUS ROG Phone 5

ROG Phone 5 memiliki ketersediaan warna Phantom Black (hitam) dan Storm White (putih). Untuk harganya sendiri juga ada dua varian, yakni Rp9.999.000 untuk varian RAM 8GB dan memori 128GB, serta Rp14.999.000 untuk varian RAM 12GB dan memori 256GB.

Ponsel gaming ini sudah tersedia di Erafone Store, Eraspace, ASUS Exclusive Store, ROG Store, dan toko partner ASUS lainnya pada 15 Juni 2021.

Spesifikasi Singkat

SpesifikasiKeterangan
Dimensi172.8×77.3×10.3mm, 238g
ChipsetQualcomm Snapdragon 888 5G Elite Gaming
GrafisAdreno 660
Sistem OperasiAndroid 11 dengan ROG UI
Layar6,78 inci AMOLED FullHD+
Kamera Belakang64MP f/1.8, 13MP f/2.4, dan 5MP f/2.0
Kamera Depan24MP f/2.5
SpeakerDTS:X stereo
Wi-FiWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, dual-band
BateraiLi-Po 6000 mAh, non-removable
SIM CardDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
HargaRp9.999.000 (8GB/128GB)
Rp14.999.000 (12GB/256GB)
WarnaStorm White dan Phantom Black

Artikel Lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru