Home Vivo Review: Vivo V17 Pro, Smartphone Cantik dengan Kamera Gahar

Review: Vivo V17 Pro, Smartphone Cantik dengan Kamera Gahar

1
vivo v17 pro

Hari ini (23/09) Vivo V17 Pro dirilis. Sebuah smartphone yang masih memegang teguh ciri khas Vivo sebagai brand yang mengedepankan kamera. Smartphone ini hadir dengan enam kamera sekaligus, sebab ada dua kamera di depan dan empat kamera di belakang. Berikut review Vivo V17 Pro.

Kali ini Vivo melewatkan perilisan Vivo V17 biasa. Hal ini, menurut pihak Vivo, disebabkan pertimbangan pasar yang sedang membutuhkan smartphone dengan spesifikasi tinggi. Tentu pertimbangan pasar itu berdasarkan hasil riset tim Vivo.

Vivo V17 Pro memang memiliki spesifikasi yang cukup mentereng untuk masuk di kelas menengah. Namun beberapa media menyebut kalau smartphone ini terbilang mahal untuk pemilik empat kamera di belakang. Sebab dua merek sebelah yang memiliki smartphone serupa, hanya membanderol dibawah Rp5.000.000.

vivo v17 pro

Apakah Vivo V17 Pro terlalu mahal untuk ukuran smartphone dengan empat kamera belakang dan dua kamera depan? Mari kita ulas spesifikasinya.

Layar

Panel layar sentuh berjenis Super AMOLED terpasang dengan ukuran seluas 6,44 inci. Layar ini memiliki resolusi 1080 x 2400 piksel dengan kecerahan maksimal sebesar 209 ppi. Layar ini membuat setiap pandang mata pada bagian depan Vivo V17 Pro terpukau. Sebab bagian depan ini hampir seluruhnya merupakan layar. Rasio layar ke bodinya mencapai 84,3 %.

Besarnya rasio tersebut tentu saja tidak terganggu oleh poni, baik poni biasa, tetes air, maupun sekedar tompel. Hal ini diakibatkan oleh mekanisme kamera depan pop-up yang diklaim Vivo tahan hingga 10 tahun lamanya. Dalam pop-up tadi, Vivo memunculkan dua kamera depan.

Buat yang mengkhawatirkan perlindungan buat layar ini, Vivo sudah memasang Gorilla Glass 6. Bahkan kaca pelindung yang sama juga dipasang di bagian belakang.

Kamera Depan

Dua kamera depan yang berada di mekanisme motor pop-up tadi memiliki resolusi masing-masing 32 MP dan 8 MP. Kamera pertama dipergunakan Vivo sebagai lensa wide dengan bukaan f/2.0. Sementara kamera kedua berfungsi sebagai lensa ulra-wide untuk memotret wefie dengan sudut yang lebih lebar.

Kamera depan ini mampu merekam video dengan reolsui 1080 piksel dengan frame rate 30 fps. Ya cukuplah buat nge-vlog dengan beberapa fitur stiker bawaan yang lucu.

Bodi

Pada lengkungan frame di samping, Vivo menyematkan tombol dedicated Google Assistant di sebelah kiri. Sementara di sisi sebelahnya terdapat tombol volume dan power yang berderet. Pada bagian atas headphone jack dan microphone. Di bagian bawah frame terdapat USB Type-C, speaker, slot SIM Card dan Micro SD.

Yang unik dari Vivo V17 Pro adalah keberadaan bodi belakang yang cukup cantik. Apalagi buat yang memilih warna Crystal Sky alias putih. Nah, warna putihnya cukup mirip dengan warna mutiara, cantik dan elegan. Sementara warna lainnya ada Crystal Black dan Midnight Ocean.

Bodi belakang ini membuat smartphone terbaru Vivo ini masuk sebagai kelas premium meskipun secara spesifikasi ia ditempatkan pada posisi mid-range. Sebab bahan bodinya terbuat dari kaca yang terlindungi oleh coating dari Gorilla Glass.

Kamera Belakang

Di bagian belakang ini juga terpasang empat kamera vertikal. Masing-masing memiliki resolusi dan tentu saja fungsi yang berbeda. Kamera pertama memiliki resolusi 8 MP yang berfungsi sebagai kamera ultra-wide dengan bukaan f/2.2.

Kamera selanjutnya merupakan kamera utama yang dipersenjatai oleh sensor Sony IMX582 dengan resolusi 48 MP. Lensa ini memiliki bukaan f/1.8 yang memiliki kemampuan memotret objek dengan sudut lebar meski tak selebar kamera sebelumnya.

Kamera ketiga merupakan kamera depth sense yang berfungsi untuk membuat bokeh dengan resolusi 2 MP. Dan terakhir kamera dengan resolusi 13 MP yang berfungsi memotret objek yang jauh alias kamera telefoto.

Dapur Pacu

Vivo V17 Pro mungkin memiliki kelemahan pada chipset-nya saja. Sebab inti dari dapur pacunya ‘hanya’ memakai Snapdragon 675, sebuah chipset yang sudah hampir setahun dirilis oleh Qualcomm. Namun spesifikasi itu diatas kertas saja. Pasalnya kalau dibawa bermain PUGB Mobile, pengguna bisa mendapat pengaturan layar yang tinggi.

Snapdragon 675 ini memiliki skor AnTuTu rata-rata sebesar 180-ribuan. Cukup tingginya skor yang diperoleh itu disebabkan smartphone ini hanya memiliki RAM dan memori yang tinggi, yakni 8 GB dan 128 GB.

Soal harga, Vivo membanderol smartphone ini dengan harga Rp5.699.000 dan mulai bisa dipesan sejak dirilis hingga tanggal 30 September nanti. Pemesanan bisa dilakukan di berbagai Vivo Store maupun toko online dan marketplace.

Demikian review Vivo V17 Pro. Semoga bermanfaat sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here