Bagaimana sebuah pabrikan ponsel menjawab sebutan bahwa ponsel gaming hanyalah gimmick?

Anda memang harus mengetahuinya. Diluar sana ada orang yang menganggap ponsel gaming hanya lip service marketing semata. Katanya, sebutan ‘gaming‘ hanya agar harganya mahal, popularitasnya meroket, segmentasinya meluas, dan tentu ujungnya agar laris di pasaran.

Rumus sederhana dari pabrikan dalam membuat ponsel gaming yakni membuat aksen bodi diluar kebiasaan, ada nyala RGB, ada tombol tambahan layaknya console, dan tentu beberapa tambahan aksesoris yang fungsinya ya jadi aksesoris.

asus rog phone 3

Sementara itu serbuan ponsel reguler alias non-gaming semakin banyak setiap waktunya. Hal ini membuat pabrikan kemudian berpikir ulang untuk tetap konsisten dalam membuat ponsel khusus gaming. Sebab tanpa embel-embel ‘gaming’, ponsel reguler itu tetap bisa lancar dalam memainkan beragam game dengan kebutuhan spesifikasi yang tinggi.

Ponsel gaming semakin tersisih. Sebab ponsel reguler itu bisa menggantikannya dengan harga yang lebih rendah. Sehingga keyakinan beberapa orang bahwa ponsel gaming hanyalah gimmick belaka hampir benar adanya.

Beberapa pabrikan sepertinya mulai frustasi. Apalagi dihajar pandemi seperti ini. Penjualan ponsel reguler saja semakin seret, apalagi ponsel gaming.

Untungnya itu tak berlaku bagi ASUS.

Berawal dari Sebuah Manifestasi

Pabrikan Taiwan ini memiliki lini tersendiri yang konsisten dalam merilis produk dan teknologi terbaru dalam memanjakan para gamer. Ya, ASUS memiliki jenama Republic of Gamers alias ROG khusus untuk segmentasi gaming sejak 2006 silam.

ROG telah menjadi top of mind ketika menyebut produk gaming computer. Dari mulai laptop, PC, periferal, hingga aksesoris dengan simbol mata satu khas ROG telah wara-wiri dan menjadi koleksi para gamer di penjuru dunia.

ASUS ROG Phone 3

Pengalaman ROG selama 14 tahun dalam dunia gaming ini dimanifestasikan ketika para gamer ada yang mulai sedikit bergeser ke tren mobile gaming. Manifestasi ROG itu terwujud dalam bentuk ROG Phone (ZS600KL) yang pertama kali dirilis pada Oktober 2018.

ROG Phone mendapat sambutan yang cukup baik. Sebagai jenama yang sudah dikenal dengan produk-produk gaming-nya, tentu lebih mudah bagi ROG untuk melakukan penetrasi pasar. Sebab mereka sudah mengenal segmentasinya dan memegang pasarnya.

Konsistensi itu kemudian berlanjut dengan dirilisnya ROG Phone II (ZS660KL) pada September 2019. Antusiasme yang selalu lebih baik didapatkan ponsel gaming generasi kedua ini. Terlebih ponsel ini sempat dijuluki sebagai perangkat dengan spesifikasi sultan yang harganya ramah di kantong.

Totalitas ASUS dalam mengejawantahkan manifestasi ini kemudian dipahatkan kembali melalui karya yang paripurna, terbaik, ultimate atau apapun sebutannya kedalam ASUS ROG Phone 3 (ZS661KS).

ASUS ROG Phone 3

Lagi, ponsel gaming dari ASUS ini selalu menjadi top of mind. Apalagi jika berbicara pasar Indonesia. ASUS ROG Phone 3 merupakan satu-satunya ponsel gaming terbaru yang dirilis secara resmi di tanah air.

ASUS ROG Phone 3 merupakan pengejawantahan dari definisi ASUS terhadap ponsel gaming. Ia manifestasi yang ultimate. Sebuah ponsel yang laa roiba ketika dikaitkan dengan gaming. Seperti apakah ASUS mendefinisikannya?

asus rog phone 3

Desain yang Lebih Kalem

Banyak orang boleh berkata bahwa ponsel gaming hanya bermain pada tataran desain yang beda. Ya kalau tak berbeda secara aksen dan pola, bagaimana calon konsumen membedakannya dengan ponsel biasa?

Pada ponsel generasi ketiga ini, ASUS lebih membuatnya sedikit kalem. Ia tak segarang dulu. Meski kemudian muncul pro dan kontra diantara pengguna ROG Phone sebelumnya, namun desain tentu soal pilihan. Toh, ASUS tetap memberikannya casing bawaan yang keren.

asus rog phone 3

Garis-garis aksennya tipis saja. Pada bagian lubang sistem pendingin, ASUS ROG Phone 3 terlihat sedikit lebih kecil. Bingkai kameranya juga lebih lembut tak setajam dulu. Pokoknya perangkat yang sekarang betul-betul lebih kalem.

Dari sisi desain ini sudah kelihatan kalau ASUS lebih memperlihatkan aspek fungsionalitas dibandingkan corak dan aksen. Ya buat apalagi mesti pamer, ketika semua orang tahu Anda siapa, ‘kan?

Dapur Pacu Paling Ultimate

Rasanya selalu ada yang kurang ketika otak ponsel bukanlah Snapdragon. Sebab tak bisa dipungkiri, jenama buatan Qualcomm ini memuncaki persaingan chipset ponsel saat ini. Dan tahun 2020, pasaran flagship phone cukup puas dengan chipset tertinggi Snapdragon 865. Namun ASUS ROG Phone 3 tidak.

ASUS memberi jeroan yang paling ultimate saat ini. Sebab ASUS ROG Phone 3 menjadi ponsel gaming pertama dengan otak Snapdragon 865+ 5G Mobile Platform. Sebagai indikator awal, chipset ini mendapatkan poin benchmark dari AnTuTu sebesar 626.992. Gilak!

Sebagai chipset tertinggi dengan clockspeed 3,1GHz, Snapdragon 865+ merupakan pentolan Snapdragon Elite Gaming™. Istilah ini merujuk pada daftar chipset yang diproduksi Qualcomm untuk menunjang kebutuhan ponsel dalam melakukan komputasi gaming. Ada lima fitur yang dimiliki chipset Qualcomm ini yang masuk kedalam kelompok elit itu.

asus rog phone 3
Snapdragon 865+ memiliki GPU Adreno 650 yang mampu membuat chipset ini 10% lebih gesit dalam memproses grafis dibandingkan Snapdragon 865. Fitur-fitur yang tak kalah serunya juga adalah Desktop Forward Rendering, Qualcomm Game Color Plus, True 10-bit HDR Gaming, dan Qualcomm Game Smoother. Fitur ini membuat pengalaman bermain pengguna ROG Phone 3 sangat menakjubkan. Superb!
CPU Kryo 585 yang dimiliki Snapdragon 865+ membuatnya 10% lebih gahar dibandingkan Snapdragon 865. Ini membuat game mobile seberat apapun tak akan mengalami lag. Daya tahan baterai ketika chipset melakukan komputasi juga terjaga dengan baik dan cerdas berkat Quick Charge AI. Anda hanya perlu fokus dengan peningkatan skill gaming saja.
Sebetulnya Anda bisa mendapatkan kecepatan hingga 7,5Gbps dengan ROG Phone 3, namun sayangnya jaringan 5G belum ada di Indonesia. Padahal Snapdragon 865+ sudah memakai Snapdragon X55 5G Modem-RF System yang bisa mendukung berbagai macam pita frekuensi seperti mmWave, sub-6, TDD, FDD, dan Dynamic Spectrum Sharing (DSS).
Kecerdasan buatan bukanlah gimmick pabrikan chipset. Anda boleh mengeceknya melalui penggunaan ROG Phone 3 dengan Snapdragon 865+ didalamnya. Sebab chipset ini memiliki prosesor Qualcomm Hexagon 698 dan Qualcomm Sensing Hub yang mampu memberikan kecerdasan komputasi yang kontekstual sesuai dengan irama permainan pengguna ROG Phone 3.
Bayangkan Anda memiliki ponsel yang mendukung penerimaan sinyal Wi-Fi dengan kecepatan 3,6 Gbps. Sekencang apa? Jika penasaran, Anda tentu bisa mencobanya di ROG Phone 3 dengan Snapdragon 865+ ini. Dengan memakai Wi-Fi 6E, ponsel ini mampu memanen frekuensi sebesar 6GHz. Ada fitur Qualcomm 4K QAM dan 160 MHz juga untuk meningkatkan kecepatan penerimaan sinyal game dengan grafis tinggi Anda. Buat yang membutuhkan headphone wireless dan semacamnya, ponsel ini sudah ada Bluetooth 5.1 yang sudah terintegrasi.

Layar Lega, Responsif, dan Akurat

Pada ponsel reguler, istilah seperti refresh rate, touch latency, touch-sampling rate, maupun akurasi warna, mungkin tak akan terlalu dipermasalahkan secara detail. Namun jangan pernah main-main dengan ponsel gaming. Hal-hal ini sangat berperan penting.

Refresh rate merupakan sebuah ukuran berupa angka dengan satuan Hertz yang mengukur seberapa cepat layar dalam berkedip menghasilkan frame gambar yang baru. Semakin cepat atau semakin tinggi angka refresh rate-nya, maka gambar tersebut akan bergerak mulus di layar ponsel Anda.

asus rog phone 3

Lain lagi dengan touch latency. Istilah ini dipergunakan untuk mengukur kecepatan respon layar sentuh terhadap sentuhan tangan. Ukurannya dengan milisecond atau ms. Semakin besar angka yang ditunjukkan dengan satuan ms itu, maka semakin buruk touch latency-nya.

Istilah terakhir adalah touch-sampling rate. Istilah ini merupakan sebutan untuk menjelaskan berapa banyak sentuhan yang bisa direspon sebuah layar sentuh terhadap sentuhan jari Anda dalam satu detik. Ukurannya Hertz.

Dari ketiga indikator layar tersebut, tentu bisa ditebak yang diberikan ASUS adalah skor terbaik semua. Refresh rate tidak tanggung-tanggung hingga 144Hz. Touch latency paling rendah hingga 25ms. Dan touch-sampling rate sebesar 270Hz. Ya, semua angkanya menempati the ultimate best.

Layar ASUS ROG Phone 3 memakai panel AMOLED resolusi 2340×1080 piksel dengan bentang 6,59 inci. Layar ini memiliki akurasi warna dengan akurasi Delta-E kurang dari 1 yang telah disertifikasi oleh TÜV Rheinland, sebuah perusahaan swasta asal Jerman yang bergerak dibidang pengujian, inspeksi, dan sertifikasi yang terpercaya

Delta-E merupakan total perbedaan antara warna sebenarnya dengan warna yang disajikan di gambar. Banyak yang menyarankan ketika memilih layar, baik layar monitor maupun ponsel dengan angka Delta-E kurang dari 2. Semakin kecil kurangnya, semakin baik. Dan tentu saja yang ditunjukkan oleh layar ASUS ROG Phone 3 ini adalah yang terbaik.

Untuk lebih mendukung gaming dan multimedia, ada fitur yang hampir saja saya melupakannya dari layar ROG Phone 3 ini, yakni fitur HDR10+. Fitur ini mampu membuat grafis game maupun video apapun menjadi lebih realistis.

Suara Lantang nan Imersif

Kalau Anda perhatikan, bezel pada bagian atas dan bawah ASUS ROG Phone 3 tidak terlalu tipis. Hal ini sebetulnya bukan karena tidak bisa mengikuti tren, namun adaptasi ponsel ini terhadap kebutuhan game yang rata-rata bertampilan horisontal.

Dengan bezel yang sedikit tebal, posisi layar tidak bakal tertutupi jari yang memegang ponsel. Selain itu bezel ini juga menjadi tempat bagi dual front-facing stereo speakers yang impresif. Untuk menyediakan suara yang jernih dan akurat, ASUS bekerjasama dengan DIRAC, sehingga dua speaker tersebut mendukung game yang tampil semakin imersif.

asus rog phone 3

Anda bakal semakin terkagum-kagum ketika menyalakan Mode Game di ponsel ini. Sebab ASUS sudah membuat sound system tersebut memiliki algoritma yang unik sehingga Anda seperti berada didalam game, sebab bisa mengetahui lokasi pemain lain.

Buat yang takut mengganggu orang lain dengan suara yang kencang dan tak mau ribet dengan kabel headset, bisa kok memakai perangkat wireless headphone. ASUS ROG Phone 3 dibekali dengan Qualcomm aptX Adaptive yang memaksimalkan suara dari perangkat nirkabel dengan latensi yang rendah dan suara yang tetap sama imersifnya.

Baterai Besar dan Daya Tahan Tinggi

Ponsel ini memiliki tebal 9,9mm, namun ketebalan ini sifatnya sangat fungsional. Sebab didalam perangkatnya tersimpan baterai sebesar 6.000mAh jenis lithium polymer. Baterai ini bisa diisi dengan cepat berkat teknologi ROG 30W HyperCharging. Urusan daya ini juga bisa diatur ketahanannya dengan teknologi Power Saving.

Uniknya ASUS menyediakan pengisian lambat. Fitur ini dibuat agar masa pakai baterai jauh lebih lama. Ini tentu bermanfaat buat Anda yang memiliki kebiasaan mengisi baterai ponsel saat malam hari sambil tidur.

Satu hal yang pasti, dengan besarnya daya ini, ROG Phone 3 mampu dipergunakan sepanjang hari tanpa harus merasa khawatir kehabisan daya.

Kamera yang Menawan

Gamer juga butuh ponsel dengan kamera yang menawan. Itulah mengapa ASUS juga meningkatkan kualitas kamera pada ASUS ROG Phone 3 ini. Dengan kameranya, pengguna ponsel ini bisa memotret objek dengan kualitas foto yang baik.

asus rog phone 3

Tiga kamera belakang tentu yang utama diperhatikan ASUS. Kamera utamanya dibekali dengan sensor Sony IMX686 dengan resolusi 64MP, kemudian kamera kedua dengan fungsi ultrawide angle 13MP, dan satu lagi kamera makro dengan resolusi 5MP. Sementara itu di bagian depan terdapat kamera selfie dengan resolusi 24MP.

Jelas dari sisi spesifikasi saja, ada peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan kamera pada ROG Phone II. Anda bisa leluasa mengambil gambar berbekal ponsel gaming dengan hasil yang sangat impresif.

Fitur-Fitur Gaming

Sebuah ponsel layak disebut ponsel gaming karena ada fitur-fitur gaming yang tentu tidak ditemukan pada ponsel biasa. Mulai dari bentuk fisiknya yang difungsikan untuk menunjang kenyamanan bermain game, hingga dukungan perangkat lunak khusus.

Pada ASUS ROG Phone 3 tentu saja fitur-fitur ini ada. Dari sisi fisik, ada AirTrigger 3 yang fungsinya mirip tombol pada console. Ketika Anda memiringkan ponsel, maka kedua tombol yang mirip touchpad ini akan dijangkau oleh kedua jari telunjuk. Anda bisa memfungsikan tap, dual partition button, slide, swipe, finger resting, dan continuous trigger sesuai dengan kondisi game yang dimainkan.

Ada dua sensor yang menunjang fitur-fitur pada tombol tambahan di ROG Phone ini. Pertama ada Accelerometer-powered yang dibenamkan pada sensor penerima gerakan. Sensor ini mendeteksi gerakan pegangan tangan kepada layar. Fitur ini sangat berguna ketika Anda bermain car racing game.

Selanjutnya ada fitur Ultrasonic yang dimiliki sensor sentuhan sehingga memungkinkan AirTrigger 3 berjalan mulus dan tanpa hambatan sama sekali.

Cukup? Tentu tidak. Mari kita simak satu-persatu fitur lainnya pada ROG Phone 3 ini.

asus rog phone 3
Game Genie ini sudah diujicobakan kepada ponsel-ponsel ASUS reguler. Saya sudah mencobanya sejak punya ASUS Zenfone 4 Max Pro. Ini merupakan perangkat lunak yang berfungsi menjaga agar Anda tetap bisa fokus dalam bermain game. Anda bisa mematikan notifikasi aplikasi lain, merekam gameplay dan mengunggahnya di kanal YouTube Anda, otomatisasi berbagai fitur game yang mendukung, dan manfaat lain yang betul-betul memudahkan para gamer.
Asyik juga ketika Anda memiliki ponsel yang bisa secara cerdas memilih jaringan terkuat ketika game sedang berlangsung. Jadi Anda tak perlu mengubah setelan ke Wi-Fi dari jaringan data provider Anda ketika sedang berada di gameplay. Sebab ROG Phone 3 sudah melakukannya secara otomatis.
Ya, ini mungkin terkesan sepele. Namun ketika baterai anda melemah sementara gameplay sedang seru-serunya, tentu Anda mesti menghubungkan ponsel ke kabel pengisi daya. Sialnya, posisi kabel ini berada di samping yang tentu saja mengganggu pegangan terhadap ponsel. Dengan fitur Side-Mounted Port ini, ASUS memberikan pilihan bagi Anda untuk melakukan pengisian daya melalui 'jalur' bawah. Kalau ponselnya berdiri sih port ini akan berada disamping.
Buat Anda yang gemar bermain game battle royale dan memerlukan kerjasama tim yang baik, tentu microphone dengan kualitas suara yang baik memegang pernana yang cukup penting untuk memberikan komando. Beruntunglah para pemakai ROG Phone 3, sebab ada Quad-Microphone System yang mampu memfungsikan empat microphone demi terdengarnya suara penggunanya secara jernih.
ROG Connect merupakan semacam media sosial bagi para pengguna ROG. Anda bisa mengunggah tips dan trik, maupun memberikan kesan yang baik dengan mengunggah gameplay kepada anggota disini.
Mungkin inilah satu-satunya yang boleh Anda sebut sebagai gimmick. Sebab fungsinya hanya aksesoris semata. Namun sudah sejak lama lampu RGB menjadi semacam simbol bagi perangkat game apapun. Pun begitu di ponsel gaming.

Aksesoris Penambah Value

ASUS ROG Phone 3 memiliki tujuh aksesoris pendukung yang keren. Ponsel ini memang bisa dipakai secara normal tanpa keberadaan aksesoris tersebut. Namun keberadaan aksesoris ini membuat ponsel gaming ini memiliki nilai tambah.

Soal value ini tentu Anda boleh melewatkan: Aero Case dan ROG Lighting Armor Case. Sebab ya keduanya ‘hanya’ pelindung bodi semata. Namun kalau sudah dipasang, apalagi ROG Lighting Armor Case, ponsel Anda layaknya ROG Zephyrus G14 dengan AniMe Matrix Display yang unik. Yakin, bakal melewatkannya sebagai value dari ponsel gaming ini?

Lima lainnya dari aksesoris yang bisa Anda dapatkan untuk melengkapi ROG Phone 3 adalah AeroActive Cooler 3, TwinView Dock 3, ROG Clip, ROG Kunai 3 Gamepad, dan Mobile Desktop Dock. Ya, rata-rata memiliki tambahan nomor 3 sebagai penanda bahwa aksesoris ini merupakan peningkatan dari aksesoris sebelumnya.

asus rog phone 3

AeroActive Cooler 3 merupakan kipas pendingin yang bisa menurunkan suhu permukaan hingga 4°C. Pendingin ini cukup ringkas, bisa dipasang bersamaan dengan Aero Case, serta ada penyangga untuk membuat pengalaman menonton film melalui ROG Phone 3 jadi lebih menyenangkan.

TwinView Dock 3 merupakan aksesoris yang memberikan Anda layar ganda. Sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai layar tambahan ketika layar utama dipergunakan untuk bermain game. Pada generasi ketiga ini, layar tambahan tersebut sama-sama sudah 144Hz.

ROG Clip merupakan semacam penghubung yang memudahkan Anda bermain game dengan console dari XBox maupun Stadia. Anda hanya perlu menempatkan ROG Phone 3 sesuai dengan pengait yang disediakan, kemudian temukan pengalaman bermain dengan console tanpa perlu perangkat yang besar.

ROG Kunai 3 Gamepad adalah perangkat tambahan buat Anda yang menginginkan ROG Phone 3 hanya sebagai layar. Maka tombol-tombol seperti AirTrigger 3 akan dipindahkan ke gamepad ini. Ini juga diperuntukkan buat Anda yang masih menyukai tombol-tombol fisik ketika bermain sebuah game.

Mobile Desktop Dock bisa dipergunakan untuk menggantikan CPU komputer atau menambah layar pada perangkat Anda dengan ROG Phone 3. Melalui docking ini, Anda bisa bermain game dengan layar yang lebih besar.

Spesifikasi Lengkap ASUS ROG Phone 3

SPESIFIKASIDETAIL
Dimensi171 x 78 x 9,9 mm
Berat240 g
LayarAMOLED 6,59 inci coating Gorilla Glass 6
Sistem OperasiAndroid 10, ROG UI
ChipsetSnapdragon 865+ Elite Gaming
RAMLPDDR5 8GB atau 12GB
Memori InternalUSF3.1 128GB atau 256GB
Kamera Depan24 MP, f/2.0, 27mm (wide), 0.9µm
Kamera Belakang64 MP, 13 MP, 5 MP
KonektivitasUSB Type C 3.1 (samping), Type C 2.1 (bawah), Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.1
BateraiLi-Po 6000 mAh
WarnaBlack Glare
HargaRp9.999.000 (8GB/128GB)
Rp14.999.000 (12GB/256GB)
Tabel spesifikasi ASUS ROG Phone 3

Ponsel Gaming yang Ultimate

Cukupkah pengejawantahan ASUS dalam ROG Phone 3 ini untuk mendefinisikan apa itu ponsel gaming? Kalau tak cukup, lantas seperti apalagi ponsel gaming yang dimaksud?

Seluruh sisi dari ROG Phone 3 telah dipergunakan untuk senyaman-nyamannya Anda dalam bermain game. Tidak ada yang terbuang sia-sia dari setiap penambahan fitur yang dibuat ASUS.

asus rog phone 3

Ya, semuanya fungsional. Semuanya dibuat bukan semata-mata mengejar sebutan sebagai ponsel gaming. Tapi sebutan itulah yang kemudian datang sendiri untuk menempel ke ROG Phone 3.

Buat Anda yang masih mencari-cari ponsel gaming, niscaya pencarian itu akan terhenti di ROG Phone 3. Bahkan harganya bersahabat sekali. Dan dari sudut pandang manapun, ponsel inilah yang layak disebut the ultimate winner gaming phone.

Jangan tunda lagi untuk memiliki ponsel gaming ini. Segeralah merapat ke https://rog.asus.com/id/phones/rog-phone-3-model/ untuk keterangan lebih lanjut dan link pembeliannya. Kapan lagi punya the ultimate gaming phone, ya ‘kan?

20 KOMENTAR

  1. Kerennn ulasannya..semoga menang lomba nya ya kak.. ROG 3 ini emang mantab jiwa buat nge-game tadi kubaca speknya ga main2… mumpuni banget…wow deh ..jadi pengen juga punya kalo hihi..

  2. Dengan spek segahar dan sekomplit itu, harga ASUS ROG Phone 3 masih terbilang affordable. Dan ketersediaan dual port tentu saja makin menambah nilai pada ponsel satu ini. Siapa coba yang kepikiran? hehehe

    • Ya, 10 juta untuk ponsel gaming dengan spesifikasi chipset tertinggi memang affordable kak. Joss banget ASUS ROG Phone 3 ini.

  3. Lengkap banget bang ulasannya. Betul dulu saya termasuk salah satu yang menduga bahwa menggaungkan handphone gaming hanya gimmick semata. Sampai sekarang karena belum memegang Asus Rogphone 3 ini pun saya masih tidak percaya sehebat apa handphone gaming ini. Melihat dan membaca artikel di atas sangat cadas sekali yaa si Rogphone 3.

  4. Baru kali ini tau ada smartphone paling keren yang dibuat khusus untuk gaming. Desainnya saja dioptimalkan untuk gaming dengan mode landscape. Sesuai konsep gaming saat ini.

  5. Nama ROG kayaknya udah jaminan mutu ya bang. Dari dulu saya selalu ngarep pengen punya device ROG, pengen gitu ngerasain gaming di ROG haha. Apalagi pas tau soal ROG Phone 3, ampun makin menggebu2. Tampilan, spek, aksesoris, ultimate winner dah

  6. Memang beda cita rasanya kalau penulis tekno betul yang mengulas ROG Phone 3 ini. Semua fitur luar biasa dari ROG Phone 3, dijelaskan secara luar biasa oleh penulis.

  7. Ini baru yang namanya review. Keren bang.
    Sama kerennya dengan Asus ROG 3, yang bikin saya ngiler dan mikir buat ganti profesi kalau punya ROG 3.

    Ganti profesi jadi Youtuber gamer, kali aja entar mah saya bisa mainin game yang gahar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here