6+ Rekomendasi Smartwatch Terbaik di 2020

0
fossil gen 5

Banyak orang bilang segalanya telah tergantikan oleh ponsel pintar. Ini termasuk jam tangan. Pada kenyataannya, jam tangan pun berevolusi menjadi jam tangan pintar alias smartwatch. Artikel kali ini merupakan sebuah ulasan kecil tentang rekomendasi smartwatch.

Pertumbuhan smartwatch cukup baik. Dari 2018 ke 2019, ada pertumbuhan sebesar 42%. Pada pertumbuhan tersebut, pasar dipimpin oleh smartwatch yang diproduksi Apple.

Dengan penjualannya yang bagus, raksasa dari Cupertino itu membukukan laba USD6,52 miliar. Angka ini diperoleh dari pertumbuhan penjualan Apple Watch yang mencapai angka USD64 miliar.

Melihat agresifnya penguasaan pasar yang dilakukan Apple, brand lain pun mulai merayap pelan-pelan. Samsung mulai menguntit, disusul Fitbit, Huawei, Fossil, Garmin, dan tentu tak boleh dilewatkan adalah Xiaomi.

Dengan semakin masifnya smartwatch di pasaran, kali ini Kopitekno.com memberikan rekomendasi smartwatch terbaru. Daftar kecil ini disusun secara acak.

Apple Watch Series 5

Rasanya kalau memberikan rekomendasi smartwatch, tidak afdhol kalau tak menyertakan Apple Watch. Saat dirilis pertama kali pada 2015, optimisme terhadap smartwatch pun mulai bangkit.

apple-watch

Desain Apple Watch sangat trendi. Seperti iPhone, ia menjadi patokan tren dari smartwatch yang ada di pasaran.

Ada dua jenis case yang membalut Apple Watch Series 5. Pertama yang memakai aluminum case dibanderol mulai dari $399, dan kedua yang memakai stainless steel case dibanderol dengan harga $699. Pilih mana?

Samsung Galaxy Watch Active2

Samsung sebetulnya sudah sukses dengan dirilisnya Samsung Galaxy Watch Active. Namun pabrikan Korea ini kurang puas sehinga melakukan pembaruan minor dan hadirlah Galaxy Watch Active2.

galaxy watch active 2

Galaxy Watch Active2 hadir dengan dua ukuran, yakni 40mm dan 44mm. Keduanya tersedia dengan tiga pilihan warna, yakni perak, hitam, dan emas.

Untuk ukuran 40mm versi reguler Samsung membanderolnya dengan harga $280, dan versi LTE dengan $430. Sementara itu versi 44mm reguler dibanderol $300 dan LTE $450.

Galaxy Watch Active2 mampu melakukan tracking kegiatan outdoor Anda, mengatur notifikasi ponsel, dan penggunaan beberapa fitur aplikasi kesehatan yang terintegrasi dengan ponsel.

Fitbit Inspire dan Inspire HR

Kedua smartwatch diatas memang cukup pas disebut smartwatch. Sebab ada kompleksitas pengaturan yang dipasang padanya. Namun buat Anda yang menginginkan hal sederhana, Fitbit Inspire maupun Inspire HR bisa menjadi rekomendasi smartwatch selanjutnya.

fitbit-inspire

Dari segi bentuk, Fitbit Inspire bahkan hanya berupa gelang. Layarnya kecil, yang hanya menampilkan satu menu saja. Namun keunggulannya terletak pad adaya tahan baterai yang bisa digunakan hingga lima hari.

Fitbit Inspire pun sama saja. Ia hanya menambahkan pelacakan detak jantung, 15+ mode latihan, dan sesi panduan pernafasan.

Inspire dibanderol dengan harga $60, sementara Inspire HR dibanderol $100.

Fossil Gen 5

Nama Fossil memang lebih didominasi oleh tas. Namun dari pabrikan yang sama, muncul pula rekomendasi smartwatch yang perlu dilirik. Yakni Fossil Gen 5.

Spesifikasi Fossil Gen 5 terdiri atas RAM 1GB, memori 8GB, layar 1,28 inci AMOLED, speaker, dedicated GPS, mendukung Google Pay. Salah satu keunggulannya adalah tahan air hingga 5 ATM.

fossil gen 5

Sistem operasinya memakai Wear OS dari Google. Banyak yang mengulas kalau aplikasi deteksi kesehatannya tidak lebih baik dari Galaxy Watch Active2.

Harga Fossil Gen 5 dibanderol mulai dari Rp5,4 juta. Varian warna dan pilihan strap-nya tersedia cukup banyak.

Garmin Vivoactive 4

Garmin Vivoactive 4 disebut banyak pihak lebih cocok sebagai perangkat fitness daripada smartwatch. Pasalnya smartwatch dengan dua ukuran, 40mm dan 45mm ini, memiliki dukungan yang komplit buat latihan Anda.

garmin vivoactive 4

Vivoactive 4 dibanderol mulai dari $350. Anda akan mendapatkan ‘jam tangan’ yang bisa melacak detak jantung, fitness tracking, GPS, mendukung berbagai e-wallet, dan baterainya bisa bertahan hingga delapan hari.

Xiaomi Mi Band 4

Selalu saja ketika mencari yang paling terjangkau, maka nama Xiaomi tetap muncul. Dengan produknya, Mi Band 4, yang dibanderol mulai dari $30, Xiaomi menawarkan smartwatch yang bisa diandalkan.

Xiaomi Mi Band 4 memiliki layar kecil dengan panel AMOLED, aplikasi pendeteksi kesehatan, notifikasi, alarm, dan lainnya. Baterainya mampu bertahan hingga 10 hari.

xiaomi-mi-band-4

Demikian rekomendasi smartwatch terbaru di awal tahun 2020 ini. Beberapa nama lain seperti Huawei Honor Band 5 maupun Tic Watch E2/S2 juga bisa dipilih. Silakan sesuaikan kebutuhan Anda dengan budget yang tersedia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here