Refresh Rate pada Layar Ponsel yang Wajib Diketahui

2
66
refresh-rate

Ponsel masa kini memiliki keterangan pada layarnya dengan angka 60Hz, 90Hz, 120Hz, hingga ada yang 240Hz. Angka-angka tersebut disebut dengan refresh rate.

Tren layar dengan refresh rate tinggi hampir menjadi gimmick bagi industri ponsel. Sebab semakin tinggi angka tersebut, maka bobot gaming-nya semakin naik.

refresh rate

Apa Itu Refresh Rate?

Refresh rate sendiri merupakan suatu ukuran seberapa cepat sebuah layar ponsel memperbarui atau merender pikselnya. Refresh rate diukur oleh satuan Hertz (Hz).

Refresh rate menentukan seberapa cepat layar berkedip. Secara teknis, dalam satu layar ada banyak sekali piksel. Refresh rate ini menjadi penentu setiap kedipan piksel yang memuat keseluruhan grafis yang ditampilkan.

Semakin besar Hertz yang tertera, maka secara teknis kedipan piksel itu lebih cepat.

Dalam sebuah tampilan video, piksel tidak berkedip secara keseluruhan. Namun ia mengedip secara horisontal bertahap dan simultan. Kecepatan kedip ini ditentukan oleh besarnya Hertz, dan menentukan lambat tidaknya sebuah video itu direspon layar

Sebuah layar dengan refresh rate 30Hz artinya me-refresh piksel dengan kecepatan 30 kali dalam satu detik. Refresh rate 120Hz berarti layar tersebut me-refresh piksel sebanyak 120 kali dalam satu detik.

Meski bukan merupakan satu-satunya faktor dalam menentukan kecepatan pembaruan piksel tadi. Namun refresh rate memegang peranan paling besar.

Perbedaan refresh rate dalam sebuah layar ponsel bisa terlihat ketika memutar game yang memiliki grafis yang berat. Layar dengan refresh rate tinggi bakal lebih lancar menampilkan grafis game tersebut, dibandingkan dengan layar dengan refresh rate yang lebih rendah.

Pentingnya Refresh Rate pada Layar Ponsel

Sebetulnya layar dengan refresh rate rendah dan tinggi tidak akan terlihat jelas bedanya dalam pemakaian biasa. Seperti disebutkan diatas, refresh rate pada layar baru akan terlihat kalau sudah berurusan dengan grafis.

Anda tidak perlu memiliki ponsel dengan kualifikasi layar dengan refresh tinggi, kalau penggunaannya hanya buat bermain media sosial belaka.

Barulah kalau sering memutar multimedia seperti video, game, perekaman gambar, dan seterusnya, maka mencari ponsel dengan ukuran refresh rate tinggi wajib dibutuhkan.

Kelemahan Layar dengan Refresh Rate Tinggi

Semua hal yang membutuhkan kenikmatan biasanya memiliki risiko. Meski Anda merasa nikmat dengan tampilan grafis yang mulus, namun tidak dengan catu dayanya.

Baterai pada ponsel dengan layar yang memiliki refresh rate lebih tinggi bakal lebih cepat habis, dibandingkan dengan layar yang refresh rate-nya rendah.

Untuk itu rata-rata ponsel dengan refresh rate tinggi, katakanlah rata-ratanya di angka 90Hz bakal mengatur layarnya secara default di posisi 30Hz. Untuk bisa menikmati refresh rate tinggi ketika bermain game, mesti masuk ke menu pengaturan terlebih dahulu.

Ponsel dengan Refresh Rate Tinggi di Indonesia

Ponsel dengan layar yang refresh rate-nya tinggi tidak banyak di Indonesia. Bahkan saat artikel ini dibuat, ponsel resmi dengan refresh rate 120Hz cuma ada satu, yakni ROG Phone II.

rog-phone-ii

Ponsel gaming dari Asus itu merupakan satu-satunya ponsel dengan refresh rate yang terbilang tinggi. Dengan Snapdragon 855 dan kompatibilitas gaming yang mumpuni, rasanya ROG Phone II layak buat Anda yang memerlukan ponsel berspesifikasi gaming komplit.

Pilihan selanjutnya jatuh pada Black Shark 2 Pro. Ponsel pecahan dari Xiaomi ini jadi pilihan kedua meski terpaut jauh soal refresh rate yang ‘cuma’ 60Hz.

Daya tariknya terletak pada peningkatan respon layar ketika disentuh yang disebut touch sampling rate hingga 240Hz dengan touch latency di angka 34,7 ms.

Ya, pilihannya memang terbatas. Namun dengan hanya dibanderol kurang dari Rp10 juta, rasanya kedua ponsel itu cukup worth it.

Kalau mau menunggu, silakan untuk menantikan datangnya Realme X50 Pro 5G dengan 90Hz ataupun Samsung Galaxy S20 5G dengan 120Hz yang sudah dikenalkan sebelumnya.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here