BerandaTipsMerekam Layar Komputer Secara Gratis Tanpa Watermark dengan RecordCast

Merekam Layar Komputer Secara Gratis Tanpa Watermark dengan RecordCast

Merekam Layar Komputer Secara Gratis – Saat pandemi begini, banyak para pengajar, pegiat seminar, maupun para pekerja yang terbiasa presentasi terhambat. Meskipun ada aplikasi rapat online tetap saja efektivitasnya terasa kurang tanpa tatap muka.

Hal itu disebabkan karena berbicara saja tanpa mempraktekkan langsung segala sesuatunya tentu menjadi hambatan. Meski ada fitur ‘membagi layar’ pada beberapa aplikasi rapat online itu, tetap saja ada yang kurang. Apalagi ada sebagian orang yang tidak bisa mengikuti kelas online itu pada jadwal yang ditentukan.

Untuk itu kamu bisa mencoba merekam layar komputer agar mereka yang tidak bisa mengikuti kelas online tadi sedikit mendapat penjelasan. Sayangnya sebagian perekam layar komputer ini mengharuskan kita untuk membayar biaya langganan atau ketika gratis mereka akan membubuhkan tanda air alias watermark pada hasil videonya.

Oleh karena itu kenapa tak mencoba aplikasi perekam layar gratis tanpa watermark dari PearlMountain, yakni RecordCast.

Apa itu RecordCast?

RecordCast adalah aplikasi untuk merekam layar komputer gratis yang mampu menjalankan perekaman langsung melalui browser tanpa adanya watermark. Ya, kamu tak perlu mengunduh apapun dan melakukan instalasi di komputer kamu sehingga tidak memberatkan hardisk.

Alasan Memakai RecordCast

RecordCast memang aplikasi yang ideal bagi para guru, tutor, maupun sales marketing yang memerlukan alat bantu untuk menjelaskan lewat video. Apalagi pengoperasian RecordCast sangat mudah, sehingga kamu tidak akan disita waktunya untuk mempelajari aplikasi ini.

Ada beberapa poin mengapa kamu harus memakai RecordCast:

merekam layar komputer
  • Membantu siswa yang mengikuti kelas online untuk mendapat pemahaman dalam materi.
  • Sebab ketika memakai rekaman layar, para guru bisa lebih mudah menjelaskan materi dengan lebih baik.
  • Materi yang dijelaskan juga bisa dengan mudah disebarluaskan ke berbagai platform.
  • RecordCast tersedia secara gratis.
  • Hasil rekamannya bisa diunduh dalam format resolusi tinggi.
  • Setiap pekerjaan disimpan secara otomatis.
  • RecordCast tidak perlu diunduh dan diinstal.
  • Perekaman layar bisa disesuaikan ukuran dan bagian yang direkam.
  • Perekaman juga bisa disesuaikan jenisnya, apakah merekam seluruhnya, suaranya saja, atau gambarnya saja.
  • Hasil rekaman layar bisa diedit secara langsung di browser.

Kelemahan RecordCast

Meskipun banyak hal yang bisa dilakukan dengan RecordCast, namun tentu tak ada gading yang tak retak. Ia tak sesempurna yang dibayangkan. Ini beberapa kelemahan RecordCast yang saya ketahui.

  1. Ketika aplikasi berjalan, kamu tak bisa melakukan screenshot pada layar komputer kamu. Ini memang sedikit menyebalkan, sebab bisa jadi ada hal-hal penting saat perekaman berlangsung sehingga kamu memerlukan tombol preentscreen.
  2. Kamu tidak bisa melakukan penjadwalan. Ini tentu berbeda dengan aplikasi perekam layar lainnya yang diinstal di komputer kamu. Sehingga meskipun kamu sibuk, kamu harus mengatur sendiri RecordCast agar kegiatan penting bisa direkam.
  3. RecordCast tidak memiliki fitur preview rekaman, sehingga kamu mesti menyimpannya terlebih dahulu barulah bisa di-review. Hal ini tentu kabar buruk buat hardisk.

Cara Merekam Layar dengan RecordCast

Buat kamu yang tidak mempermasalahkan kelemahan yang dimiliki RecordCast, silakan ikuti cara merekam layar dengan RecordCast berikut ini.

Merekam Layar Komputer
  1. Buka browser Google Chrome di komputer kamu, lalu masukkan alamat RecordCast yakni https://www.recordcast.com.
  2. Jika belum memiliki akun di RecordCast, silakan buat terlebih dahulu dengan email, media sosial, atau akun Google.
  3. Mulai rekaman dengan memilih: Screen+Webcam, Screen only, Webcam only.
  4. Kemudian pilih opsi rekaman berikut: Microphone+System audio, Microphone, System audio, dan atau no audio.
  5. Pause atau bisa langsung ke berhenti merekam dengan menekan tombol yang tersedia jika sudah selesai.
  6. Hasil rekaman itu akan langsung tersimpan pada hardisk komputer, silakan temukan file-nya sesuai lokasi unduhan yang telah diatur.
  7. Edit hasil rekaman tadi dengan fitur RecordCast yang sudah disediakan. Kamu bisa menambahkan teks, latar belakang, musik, maupun voice-over.

Penutup

Demikianlah aplikasi untuk merekam layar komputer yang gratis tanpa watermark RecordCast. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat video-video tutorial, presentasi, maupun materi untuk kelas online. Dengan pengaturannya yang mudah, saya yakin kamu bakal menyukai dalam merekam layar menggunakan RecordCast.

Dengan menggunakan RecordCast, kamu bisa melakukan banyak hal dalam merekam layar komputer. Sehingga kelas online, presentasi, atau video tutorial untuk kanal YouTube kamu bisa lebih variatif tanpa harus mengeluarkan kocek lebih tebal.

Artikel Lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru