Realme X2 Pro: Andalkan Snapdragon 855+ dan Layar 90 Hz

0

Realme akhirnya merealisasikan kehadiran Realme X2 Pro di Indonesia. Smartphone dengan spesifikasi paling tinggi yang sebetulnya sudah hadir sejak Oktober ini, telah melantai secara resmi. Harganya pun cukup menggiurkan.

realme x2 pro

Desain

Desain smartphone ini terbilang biasa saja. Bahkan ada satu sisi yang boleh dibilang mengecewakan. Yakni keberadaan tulisan ‘Realme’ yang berada di sisi kanan bawah dari bingkai kamera. Tapi tentu saja itu sesuai selera.

Selain itu desain bodi juga tampak biasa. Tidak ada yang istimewa dari smartphone ini. Bagian belakang dihuni oleh kaca dengan perlindungan dari Gorilla Glass 5. Tampak pula empat kamera yang terpasang vertikal.

Di bagian depan terdapat layar dengan poni waterdrop yang dihuni kamera depan. Pelindungnya pun sama dengan bodi belakang, yakni dari kaca Gorilla Glass 5. Secara umum desainnya betul-betul tidak ada yang istimewa.

Kamera

Ada empat kamera di bagian belakang Realme X2 Pro. Kamera tersebut memiliki resolusi masing-masing 64 MP sebagai lensa utama, 13 MP berguna buat telefoto, 8 MP untuk makro/ultra-wide, dan 2 MP guna lensa potret.

Kamera utamanya memiliki kemampuan 5x Optical Hybrid Zoom dan 20x Hybrid Zoom. Fitur yang cukup lumayan mengingat kualitas kamera ini bukan menjadi dagangan utama Realme pada smartphone ini. Apalagi kalau diindikasikan dengan skor DxO Mark. Smartphone ini tidak masuk 50 besar.

Pada bagian depan, kamera selfie-nya ditunjang oleh lensa dengan resolusi 16 MP.

Baik kamera belakang maupun kamera depan sudah ditopang oleh keberadaan gyro-EIS agar pengambilan video bisa bertahan dari goncangan.

Performa

Salah satu jualan Realme X2 Pro tentu di sektor chipset. Dimana Snapdragon 855+ yang notabene varian tertinggi saat ini dengan kualifikasi chipset gaming berada di sektor dapur pacunya.

Untuk pasar Indonesia, Realme memberikan satu varian saja, yakni RAM 12 GB dan memori 256 GB. Mudah-mudahan memori sebesar itu cukup, sebab Realme tidak menyediakan slot eksternal untuk menambah kapasitas.

Kalau indikatornya skor AnTuTu tentu saja chipset segahar itu mendapatkan skor di angka 400-ribuan. Game apapun dilahap. PUBG Mobile pun mendapatkan pengaturan grafis mentok-kanan. Namun bukankah smartphone tidak cuma bermodal chipset?

Layar

Jualan kedua dari Realme X2 Pro adalah layarnya yang memiliki refresh rate 90 Hz. Layar dengan refresh rate ini bakal menjalankan game dengan sangat mulus. Tidak ada kata ‘patah-patah’ barang sejenak kalau bermain game dengan layar ini.

Layar dengan bentang 6,5 inci berpanel Super AMOLED ini memiliki kecerahan 1.000 nits dengan densitas 402 ppi. Resolusinya 1080 x 2400p.

Sayangnya pada beberapa ulasan, layar ini memiliki kelemahan pada waktu responnya yang cukup lamban. Hal ini bakal menjadi masalah manakala dipergunakan untuk bermain game yang mengutamakan ketangkasan jari.

Kesimpulan

Dengan harga yang ditawarkan di angka Rp7.799.000, Realme X2 Pro cukup logis untuk dipinang. Terlebih keberadaan baterai 4.000 mAh dengan dukungan Super VOOC yang bisa mengisi dari 0 hingga 100% hanya dalam 35 menit saja sudah termasuk dalam paket pembelian.

Ditambah pula fitur kecil lain seperti NFC membuat smartphone ini sangat menarik. Apabila tertarik silakan lakukan pre-order di BliBli dan barang akan tersedia secara bebas pada Desember 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here