Leap to Next Gen Bersama Ekosistem Perangkat Pintar realme

0
realme

Teknologi membuat kehidupan ini menjadi semakin mudah. Apalagi ketika teknologi itu menjadi sebuah ekosistem. Nah, pada artikel kali ini mari kita tengok ekosistem yang sedang dibangun realme, dan mengapa kita mesti ambil bagian di dalamnya.

Pertengahan Juni 2020, realme mengumumkan strategi 1+4+N. Sebuah strategi untuk menciptakan ekosistem dan menjadi landasan bagi produktivitas realme. Kode angka itu bukan tanpa makna. Sebab realme mendefinisikannya sebagai satu core, empat smart hub AIoT, dan produk baru sebagai perluasan ekosistem. Ya, huruf N itu maksudnya ‘new’ yang berarti baru.

Core yang dimaksud adalah smartphone. Itulah sebabnya setiap kali realme merilis smartphone, maka pasti ada produk lain dari ekosistem yang ikut dirilis. Hal ini sebagai bagian dari strategi 1+4+N. Di dalam smartphone tersebut ada aplikasi yang disebut realme Link yang menjadi pengendali penuh atas perangkat lainnya dalam ekosistem.

Ekosistem ini berjalan pada teknologi AIoT yang dikembangkan oleh realme. Sehingga kita bakal merasa sangat dimudahkan, sebab dengan kecerdasan buatan yang ada pada setiap perangkatnya, membuat aktivitas kita banyak dibantu.

Gambaran tentang strategi penciptaan ekosistem yang sedang dibangun oleh realme, bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

realme

Pentingnya Ekosistem dan Mengapa Kita Mesti Ambil Bagian

Strategi ini memang membuat realme jadi sangat produktif dalam merilis produk-produk baru. Tapi bukankah itu bagus agar kita bisa memiliki opsi sesuai dengan kebutuhan dan budget?

Dalam kacamata biologi, ekosistem merupakan sebuah tatanan timbal balik positif yang tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Sama halnya dengan ekosistem jika ditafsirkan dari kacamata teknologi.

Oleh karenanya, realme mewujudkan strategi 1+4+N dalam rangka memudahkan penggunanya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Dan itulah mengapa kita mesti menjadi bagian dalam ekosistem tersebut.

Enggak percaya? Mari kita ulas dari mulai dari perilisan smartphone realme Narzo 20 Series dan perangkat ekosistem lainnya tempo hari.

Perangkat Core yang Terjangkau

Rajinnya realme dalam merilis ponsel menjadi alasan pabrikan asal China ini nangkring di posisi kelima untuk penguasaan pasar di Indonesia. Data yang diambil dari Canalys ini mencatat pertumbuhan 15% yang dihitung dari kuartal ketiga tahun 2019 ke kuartal tiga tahun 2020 ini.

Perolehan tersebut salah satunya disebabkan realme cukup rajin merilis smartphone. Rajinnya realme kemudian dibarengi dengan sambutan pasar yang baik. Menurut data Canalys diatas, 100% dari pengguna smartphone di Indonesia, 14% diantaranya menggunakan smartphone realme.

Sambutan pasar yang baik itu juga disebabkan adanya value for money dari perangkat yang dirilis realme. Salah satu perangkat yang cukup menjanjikan dengan value for money-nya adalah realme Narzo 20 dan realme Narzo 20 Pro yang dirilis tempo hari. Mari kita lihat.

realme Narzo 20

realme narzo 20

Antusiasme pasar terhadap realme Narzo yang bersamaan dengan dirilisnya strategi 1+4+N diatas, membuat realme terus menggenjot produksi realme Narzo dan menambahnya dengan lini baru. Lantas hadirlah realme Narzo 20 Series yang terdiri dari realme Narzo 20, realme Narzo 20A, dan realme Narzo 20 Pro.

Meskipun realme Narzo 20A tak dibawa serta ke Indonesia, namun antusiasme pasar lagi-lagi kembali meninggi tersebab soal value for money tadi. realme Narzo 20 dan dan realme Narzo 20 Pro sangat menarik untuk kelasnya masing-masing.

realme Narzo 20 dibuat untuk kita yang merasa cukup untuk kebutuhan harian yang ringan-ringan saja. Walaupun begitu, realme tetap memberikan yang terbaik untuk harganya yang berada di kelas menengah awal.

realme Narzo 20 dibekali dengan chipset MediaTek Helio G85 yang sepaket dengan kartu grafis dari ARM Mali-G76 MC4. Kamu tahu apa makna huruf G setelah nama Helio? Ya, G adalah ‘game‘. Artinya meski diposisikan sebagai smartphone di kelas menengah awal, Narzo 20 ini mampu memimpin di kelasnya dengan keberadaan otak tersebut.

Dengan clockspeed di angka 2,05GHz, Helio G85 mampu memperoleh skor AnTutu 200-ribuan dan bisa menjalankan berbagai game yang kita kenal sehari-hari seperti PUBG Mobile, Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, COD Mobile, dan Free Fire. Ditambah lagi keberadaan RAM 4GB dengan memori internal 64GB yang cukup untuk mendukung kegesitan chipset tersebut.

Desainnya mungkin terkesan biasa dan simpel, namun pola huruf V yang mengkilap dibelakang bodi realme Narzo 20 ini mampu memberikan sensasi yang berbeda buat yang mengedepankan tampilan. Huruf V sendiri dari bodi ini berarti ‘Victory’ alias kemenangan. Keren, ya?

Kameranya juga tak kalah menarik. Ada tiga kamera di belakang, dan satu kamera depan. Untuk kamera belakang sendiri, realme punya kamera utama dengan resolusi 48 MP, bukaan f/1.8, yang berguna buat memotret sudut lebar (wide). Lalu ada pula kamera kedua dengan resolusi 8 MP, bukaan f/2.3 yang berguna buat mengambil gambar dengan sudut lebih lebar (ultrawide) yakni 119˚. Kamera ketiga memiliki resolusi 2 MP, dengan bukaan f/2.4 yang berfungsi untuk mengambil gambar makro dari jarak 4cm.

Layar dengan lebar 6,5 inci ini memiliki refresh rate 90Hz Ultra Smooth Display dengan rasio layar 20:9. Jadi layar IPS LCD ini bezelnya cukup tipis. Kemudian ada fitur Mini-drop Fullscreen yang menjadi tempat bagi kamera depan dengan sensor Sony IMX 471 dengan resolusi 16MP yang mampu mengambil gambar dengan sudut lebar (wide-angle camera) dan bukaan f/2.1.

Yang terakhir menurut saya perlu dijadikan poin memukau dari smartphone ini adalah daya baterai yang mencapai 6.000 mAh yang bisa diisi cepat dengan charger 18W Quick Charge. Kecepatan pengisiannya mampu mengisi 20 hingga 29 persen daya hanya dalam waktu 30 menit saja. Dan baterai ini mampu memberi ketahanan pada mode standby hingga 45 hari.

Terkait dengan ekosistem AIoT yang dibangun realme, tentu saja smartphone ini sangat berperan. Pasalnya dengan kecanggihan yang diberikan dan baterai besar yang bisa menjadi powerbank bagi produk AIoT lainnya menjadikan smartphone ini layak menjadi produk core yang menarik. Apalagi pada ajang 11.11 Salebration nanti, smartphone ini hanya dibanderol dengan harga Rp1.999.000 dari harga resminya Rp2.199.000.

Sangat value for money bukan? Kalau mau yang lebih tinggi spesifikasinya, silakan pilih realme Narzo 20 Pro.

realme Narzo 20 Pro

realme narzo 20 pro

realme Narzo 20 Pro dibekali dengan chipset gaming MediaTek Helio G95. Chipset yang sepaket dengan grafis Mali-G76 MC4 ini, membuat Narzo 20 Pro mendapatkan skor AnTutu sebesar 300-ribuan. Ya, tentu saja karena ini smartphone gaming.

Apalagi jika kita memilih varian RAM 8GB dan memori internal 128GB yang merupakan varian tertinggi, maka segala macam multitasking dan kebutuhan game akan diatasi dengan mudah. Sampai disini, jangan terburu-buru untuk mengklaimnya memiliki value for money sebelum melihat spesifikasi yang lain.

Desainnya juga terkesan simpel namun elegan. Namun lagi-lagi, pola huruf V yang berarti Victory yang mengkilap dibelakang bodi realme Narzo 20 Pro ini mampu memberikan sensasi yang berbeda. Apalagi dengan empat kamera vertikal didalam bingkai persegi panjangnya.

Empat kamera di belakang ini masing-masing memiliki resolusi 48 MP, dengan bukaan f/1.8, yang mampu memotret dengan sudut lebar (wide). Kemudian ada lensa yang mampu memotret sudut sangat lebar (ultrawide) 119˚ dengan resolusi 8MP. Dua yang terakhir adalah lensa macro dan depth yang masing-masing memiliki resolusi sama, yakni 2 MP dengan bukaan f/2.4.

realme Narzo 20 Pro memiliki layar IPS LCD dengan lebar 6,5 inci yang memiliki refresh rate 90Hz Ultra Smooth Display. Kali ini penempatan kamera depannya berada di lubang yang berada di pojok kiri atas. Kamera depan ini sendiri memiliki resolusi 16 MP dengan bukaan f/2.1.

Kemudian yang perlu dijadikan poin memukau juga dari smartphone ini adalah daya baterai yang mencapai 4.500 mAh. Dengan fitur 65W SuperDart Charge, baterai tersebut bisa terisi 100 persen hanya dalam waktu 38 menit saja.

Kalau melihat harga yang ditawarkan, tentu saja smartphone ini sangat value for money. Apalagi pada ajang 11.11 Salebration nanti, smartphone ini hanya dibanderol dengan harga Rp3.199.000 dari harga Rp3.399.000 untuk varian RAM 8GB dan memori 128GB dengan warna Black Ninja (hitam) dan White Knight (putih).

Produk AIoT yang Menarik dan Produk Turunan yang Layak Dipinang

Dalam acara perilisan kemarin, realme juga merilis produk AIoT lainnya berupa realme Buds Air Pro, realme Watch S, realme Smart Cam 360°, realme M1 Sonic Electric Toothbrush, realme N1 Sonic Electric Toothbrush, serta realme Powerbank 2i. Dan sesuai strategi 1+4+N, setiap perangkatnya mewakili kode masing-masing. Mari kita ulas.

realme Buds Air Pro

realme-buds-air-pro

realme Buds Air Pro merupakan True Wireless Earphone (TWS) yang memiliki fitur unggulan berupa Active Noise Cancellation mencapai 35db. Kita akan dibawa menikmati alunan lagu maupun suara mendebarkan dalam film tanpa khawatir terganggu oleh kebisingan yang tercipta diluar. Sehingga suara yang dihasilkan lebih imersif.

Kekhawatiran pengguna TWS adalah keterlambatan antara proses di perangkat dengan suara yang dihasilkan. Namun dengan 94ms Super Low Latency yang dimiliki realme Buds Air Pro, kita tidak perlu khawatir kejadian tersebut bakal dialami.

Daya untuk earphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 443mAh yang mampu bertahan hingga 25 jam. Bahkan ketika peredam bisingnya selalu menyala, earphone ini tetap bisa menyala hingga 20 jam. Pengisiannya juga cepat, yakni hanya memerlukan waktu 10 menit untuk keperluan aktivitas selama 3 jam.

Berterimakasihlah pada Chip realme S1 yang dibuat khusus untuk realme Air Buds Pro ini. Sebab segala kecanggihan dan hemat dayanya bersumber dari chipset tersebut.

Harga normalnya Rp1.299.000, namun kita bisa meminangnya dengan hanya Rp999.000 saja pada saat 11.11 Salebration.

realme Watch S

realme

Masih dari lingkaran 4 AIoT, realme merilis jam tangan pintar yang memiliki beragam manfaat buat kita. Ia bisa memonitor detak jantung secara real-time, memonitor oksigen dalam darah, melaporkan kesehatan kita lewat smartphone, dan mendukung 16 aktivitas berolahraga kita. Komplit.

Ya, kita diberikan kendali yang cerdas melalui smartphone untuk Watch S ini. Namun tentu bisa juga sebaliknya. Intinya, kedua perangkat ini bisa saling terhubung seperti layaknya produk ekosistem realme lainnya.

Baterainya juga berdaya tahan lama, yakni 15 hari dengan mode siaga. Dan kita juga tak perlu khawatir untuk beraktivitas apapun, sebab realme Watch S memiliki fitur IP68 yang membuatnya tahan air hingga kedalaman 1,5 meter. Tapi, ya tak direkomendasikan untuk dibawa berenang juga sih.

Harganya juga menarik, bahkan persis dengan realme Air Buds Pro diatas, yakni Rp1.299.000 dengan potongan harga menjadi Rp999.000 jika kita membelinya di 11.11 Salebration.

realme Smart Cam 360°

realme Smart Cam 360

realme Smart Cam 360° merupakan perangkat yang mendukung perluasan ekosistem di rumah tangga. Perangkat pintar ini tentu berbeda dari CCTV pada umumnya. Sebab selain ada embel-embel ‘360°’ yang tentu saja mampu merekam dengan sudut selebar lingkaran, fitur pintarnya juga banyak sekali.

Ada beberapa yang sangat menarik buat saya. Yang pertama adalah AI Motion Detection Monitor yang mampu memberikan tambahan keamanan rumah kita. Fitur ini akan mendeteksi adanya suara, gerakan, dan tubuh manusia yang dianggap tidak biasa. Hasil tangkapan videonya juga dikirimkan ke smartphone kita bersamaan dengan notifikasi yang berbeda.

Kita juga bisa menjadikan kamera pintar ini sebagai intercom yang modern. Sebab kita bisa melakukan pembicaraan secara video real-time dua arah melalui realme Smart Cam 360° dan smartphone kita. Dan, oh iya kita juga tak perlu membeli Wi-Fi extender sebab di perangkat ini sudah disertakan secara built-in.

Untuk daya simpannya, kita bisa memanfaatkan kartu memori sebesar 128 GB yang bisa bertahan dalam merekam video 1080p tanpa henti dalam waktu 14 hari. Hal ini dimungkinkan dengan teknologi encoding H.265 Video Encoding yang mampu menurunkan penggunaan bandwith sebesar 50% dan penggunaan memori juga sebesar 50%.

Harga realme Smart Cam 360° sangat terjangkau, yakni hanya Rp699.000. Namun tentu saja dalam ajang 11.11 Salebration, kita bisa mendapatkannya hanya dengan harga Rp499.000 saja.

realme M1 dan N1 Sonic Electric Toothbrush

Dalam sebuah ekosistem, selain smartwatch yang mampu memantau kesehatan penggunanya, realme juga memikirkan produk pinar lain untuk membersihkan gigi kita. Ya, penyikat gigi pintar ala realme kali ini dihadirkan khusus untuk mereka yang mau menjadi tech trendsetter. Makanya realme merilis realme M1 dan N1 Sonic Electric Toothbrush.

Namanya saja toothbrush, tentu ini merupakan sikat gigi pada umumnya. Satu hal yang membuatnya tidak umum adalah ini merupakan bagian dari ekosistem realme. Kita bahas dari yang paling murah terlebih dahulu, yakni realme N1 Sonic Electric Toothbrush.

realme N1 Sonic Electric Toothbrush

realme N1 Sonic Electric Toothbrush

Sikat gigi elektrik realme N1 Sonic Electric Toothbrush memiliki mesin dengan gerakan Sonic yang berkualitas tinggi dengan putaran 20.000 kali/menit. Bulu sikatnya berasal dari DuPont yang dijamin 99,99% bebas dari bakteri. Kita juga tak perlu sering-sering melakukan pengisian daya sebab ketahanan baterai 800mAh-nya mencapai 130 hari.

Harganya juga sangat terjangkau. Kita bisa meminangnya dengan harga Rp199.000 pada kondisi normal atau Rp149.000 pada ajang 11.11 Salebration.

realme M1 Sonic Electric Toothbrush

realme M1 Sonic Electric Toothbrush

Untuk realme M1 Sonic Electric Toothbrush putaran mesinnya mencapai 34.000 kali dalam semenit. Bulu sikatnya sama, namun diklaim lebih tipis. Perbedaan paling mencolok menurut saya adalah pengisiannya yang bisa dilakukan dengan tanpa kabel. Canggih, ‘kan? Kedua sikat gigi tersebut anti air dengan sertifikasi IPX7.

Dengan beberapa fitur yang lebih baik, realme M1 Sonic Electric Toothbrush dibanderol dengan harga yang lebih tinggi, yakni Rp599.000. Namun tentu kita bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih murah, yakni Rp399.000 dengan mengikuti 11.11 Salebration.

realme Powerbank 2i

realme Powerbank 2i

Ini merupakan produk aksesoris yang menjadi salah satu perangkat dalam ekosistem pendukung. Dengan desain yang menampilkan garis timbul halus, realme Powerbank 2i ini dibekali dengan daya 10.000mAh.

Dengan powerbank ini kita bisa melakukan pengisian dua perangkat AIoT dari realme sekaligus dengan fitur 12W Two-way Quick Charge. Port yang dimiliki juga beragam, yakni port keluar berjenis USB, dan port masuk berjenis USB-C dan Micro-USB.

Harga powerbank ini dibanderol Rp249.000. Namun tentu dalam ajang 11.11 Salebration, kita bisa meminangnya dengan harga lebih murah, yakni Rp199.000.

Yuk, Leap to Next Gen Bersama Ekosistem realme

Produk-produk yang sudah dirilis dan akan dirilis lagi oleh realme tentu sudah dijelaskan alurnya. Sekali lagi, mereka sedang berupaya menciptakan ekosistem yang menarik agar kita bisa menjadi tech trendsetter tanpa harus merogoh kocek yang tebal.

Sebab produk-produk realme memiliki value for money yang menggiurkan. Kalau kita sudah punya satu saja dari core yang disediakan realme, maka kita perlu menunggu waktu yang tak lama untuk memiliki produk ekosistem lainnya.

Ini tentu menjadi favoritnya anak muda. Sebab dengan value for money yang bagus, ketersediaan dukungan yang memadai, dan kemudahan di pasar, realme bisa menjadi pilihan bagi tren teknologi masa depan yang menumpukan diri pada ekosistem digital.

Jadi, sudah siap melompat ke teknologi generasi baru alias leap to next gen bersama realme? Jika siap, silakan berjibaku dengan jutaan pengunjung lain dalam ajang 11.11 Salebration di tautan berikut ini:

  • realme.com/id: https://event.realme.com/id/leap-to-next-gen/
  • Lazada: http://bit.ly/realmenarzo20ProLazada
  • Shopee: https://shopee.co.id/m/realme-narzo-20

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here