Realme Band Hadir dengan 5 Fitur Unggulan yang Bikin Penggunanya Tetap Bugar

0
Realme-Band

Realme pelan tapi pasti mulai memenuhi portofolionya dengan produk non-ponsel. Setelah dirilis pada Maret lalu di India, kali ini giliran Indonesia kehadiran Realme Band.

Realme Band hadir untuk melengkapi ekosistem AIoT dari Realme. Gelang pintar ini hadir dengan beragam fitur yang membuat penggunanya mampu melakukan tracking gerak tubuh ketika melakukan aktivitas.

Gelang pintar dari Realme ini hadir untuk memenuhi pangsa pasar gelang pintar yang belum terlalu padat. Meski banyak yang menduga posisinya akan digeser oleh smartwatch, namun sepanjang tahun smartband tetap bertahan.

Realme Band ini merupakan produk pertama dari pabrikan yang sedarah dengan Oppo tersebut. Dengan kehadirannya, apakah cukup untuk menggoyang dominasi Mi Band yang sudah sejak lama bercokol?

realme band

Desain

Realme Band hadir dengan layar berukuran 0,96 inci atau sekitar 2,4 cm. Layarnya cukup ergonomis dengan pola yang segaris dengan strap. Pengguna seperti tidak akan terbebani dengan hadirnya gelang ini di tangan mereka, sebab bobot seluruhnya hanya 20 gram saja.

Layar gelang dengan 65.000 warna ini cukup responsif. Ia dibekali dengan tombol virtual yang mengendalikan berbagai fitur didalamnya. Layar ini akan menyala apabila pergelangan tangan dibalik atau diangkat sebab didalamnya sudah terpasang sensor gravitasi.

Konektivitas

Produk ini merupakan bagian dari AIoT atau Artificial Intelligence of Things dimana bakal terhubung dengan berbagai aplikasi smartphone. Realme telah menyiapkan Realme Link di Play Store untuk melakukannya.

Melalui Realme Link, Realme Band bisa melakukan fitur Call Setting, Do Not Disturb Mode, Gravity Sensor, bahasa, update, restart, kecerahan, notifikasi, dan lainnya. Untuk fitur notifikasi, pengguna bisa melihat notifikasi media sosial di Realme Band ketika sudah tersambung.

Di ujung layar, Realme Band memiliki USB Direct Charge dimana ketika strap dibuka, gelang ini bisa langsung dicolokkan ke port USB charge maupun power bank. Charger ini berguna buat mengisi ulang baterai berdaya 90 mAh yang normalnya bisa bertahan hingga 6 hari.

Fitur-Fitur

Deteksi Detak Jantung

Lupakan aplikasi detak jantung di ponsel yang palsu. Dengan Realme Band, pengguna bisa mengukur detak jantung melalui bantuan sensor optik PPG yang berbentuk cahaya yang ditanamkan dibawah perangkat. Cahaya ini akan menyinari kulit dan dipantulkan kembali ke perangkat untuk diterima oleh sensor.

Sistem kemudian mencatat hasil pantulan yang simultan tersebut. Jadi pengguna akan mendapatkan deteksi detak jantung secara real-time. Pengguna bisa mengaktifkan mode auto dimana setiap 5 menit sekali, monitor ini akan berjalan untuk memantau detak jantung. Dan mode manual untuk mengaktifkan sendiri sensor ini kapan saja.

Idle Alert

Kehidupan modern memicu pola hidup sedentari. Pola ini merupakan pola mager akibat aktivitas yang menuntut diam dalam waktu yang lama. Hal ini banyak dialami oleh para pekerja kantoran, yang bisa jadi duduk terus menerus dari pagi hingga sore hari.

Realme Band kemudian membuat fitur Idle Alert agar penggunanya bisa terhindar gaya hidup semacam itu. Jadi pengguna akan diberitahu untuk bergerak atau jalan-jalan apabila sudah terlalu lama duduk. Bisa juga membantu mengingatkan penggunanya untuk minum air secara teratur.

Sleep Quality Monitor

Sleep Quality Monitor ini masih tersambung dengan sensor detak jantung diatas. Sensor ini mampu menganalisis dan melaporkan kualitas tidur penggunanya. Untuk para pengidap insomnia, rasanya Realme Band cukup membantu.

Sport Tracker

Rata-rata smartband memiliki fitur semacam ini. Ya, fitur sport tracker juga ada di realme Band. Ada 9 mode olahraga yang tertera di aplikasi Realme Link. Sayangnya yang bisa disimpan di gelang ini hanya empat saja dari jalan kaki, yoga, lari, dan lain-lain. Silakan pilih dengan bijak.

Sertifikasi IP68

Untuk menghindari basah akibat keringat ketika berolahraga, Realme menggunakan fitur tahan air bersertifikat IP68. Level ketahanannya bisa melindungi Realme Band dari air, juga dari kotoran, debu, dan pasir. Namun yang perlu diingat, sertifikat ini tidak menjamin apabila gelang pintar ini dibawa berenang.

Harga dan Ketersediaan

Realme membanderol Realme Band dengan harga Rp399.000. Namun ada program flash sale untuk mendapatkan potongan harga Rp100.000.

Pada 28 April 2020 pukul 19.00 WIB ada flash sale di Shopee dan Realme.com untuk mendapatkan harga Rp299.000. Flash sale selanjutnya akan diadakan pada 30 April 2020 pukul 13.00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here