Player Unknown Battleground Mobile atau disingkat PUBG Mobile akhirnya merilis fitur untuk mengurangi kecanduan game ini sendiri. Fitur yang sudah dirilis pada 21 Maret lalu di India ini, kini sudah bisa dipergunakan oleh pengguna di Indonesia. Lalu mengapa fiturnya pertama kali dirilis di India?

India menjadi negara yang cukup pesat dalam perkembangan dunia digital. PUBG Mobile pun berkembang pesat disana, bahkan bisa dikatakan seperti wabah. Pemerintah India bahkan menyebut game ini sebagai ‘iblis’ tersebab efek candu yang menjangkiti para penggunanya. Untuk itulah Tencent pun membuat fitur ini dan merilisnya disana terlebih dahulu.

PUBG_mobile

PUBG Mobile pun sempat menjadi kontroversi karena dianggap memicu tindakan kekerasan. Kabarnya tindakan teror yang terjadi di Masjid Al Noor di Christcurch Australia disebabkan salah satunya karena pengaruh game ini. Anggapan ini pun menyebar ke petinggi pemerintahan dan keagamaan di Indonesia sehingga sempat muncul wacana untuk memblokir PUBG dan PUBG Mobile.

Untuk itulah setelah fitur tersebut diterapkan di India, Tencent pun menerapkannya disini. Fitur tersebut sebetulnya merupakan reminder semata, namun pengguna akan dipaksa untuk keluar dari game apabila melewati batas 6 jam dalam satu hari. Jika kuota 6 jam pengguna tersebut habis, ia baru bisa bermain PUBG Mobile kembali keesokan harinya.

Fitur yang diberi nama “Health Reminder” ini cukup berguna apabila penggunanya memang betul-betul sadar agar dirinya tidak bermain PUBG Mobile lebih dari 6 jam sehari. Karena fitur ini hanya bisa diaktifkan oleh pemilik akun PUBG Mobile sendiri, bukan oleh orang lain. Buat yang ingin mengingatkan diri sendiri, fitur ini bisa diakses di menut “Settings” lalu sub-menu “Others”, dan silakan pilih “Yes” di sebelah keterangan “Age 18 or Above” untuk mengaktifkannya.

Pihak Tencent sendiri berharap fitur ini bisa membuat pemain PUBG Mobile bisa bersosialisasi di luar rumah tanpa terhalangi smartphone. Para pemain pun bisa memanfaatkan fitur ini untuk beristirahat, dan yang pasti menjaga agar game ini tidak menimbulkan candu bagi siapapun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here