Berita  

Pricebook Editorial Choice 2021, Rekomendasi Gadget Terbaik

pricebook editorial choice 2021

Pricebook Editorial Choice 2021 senantiasa ditunggu oleh para peminat gadget. Rekomendasinya untuk berbagai kategori gadget dengan memunculkan yang terbaik, sangat bermanfaat jadi pemandu dalam melakukan pembelian.

Apalagi setahun ke belakang, pasar gadget terutama smartphone secara global cukup terpukul. Selain karena isu kesehatan yang berpengaruh langsung, adanya kelangkaan komponen akibat masalah tersebut juga sangat mengurangi penetrasi pasar.

Counterpoint mencatat adanya penurunan pengiriman smartphone untuk kuartal 3 di Indonesia sebesar 6%. Di pasar global juga tercatat adanya penurunan dari kuartal 3 tahun 2020 dari 365,6 juta menjadi 342 juta pada kuartal 3 tahun 2021.

Yang mengalami pertumbuhan positif justru pasar global personal computer, baik desktop maupun laptop. Ada pertumbuhan sebesar 9,3% pada kuartal 3 di tahun 2021 dengan angka sebesar 84,2 juta unit.

Senasib dengan pertumbuhan komputer, wearable device seperti smartwatch maupun smartband juga meningkat. Earphone dan TWS juga mengalami nasib yang sama. Mereka sama-sama meningkat.

Meskipun ada yang fluktuatif dengan munculnya isu kesehatan dan kelangkaan komponen, pasar tetap menemukan celahnya sendiri. Berbagai gadget baru terus muncul. Konsumen terus dikenalkan dengan kehadiran smartphone baru.

Pricebook juga mencatatnya dan menghadirkannya untuk Anda dengan pilihan rekomendasi melalui beragam kanal, baik website, media sosial, hingga video di YouTube.

Dan pada akhir tahun inilah Pricebook merilis Pricebook Editorial Choice, dimana Pricebook telah melakukan pemilihan terhadap gadget terbaik dari berbagai kategori. Kebetulan pada tahun 2021 ini sudah memasuki edisi kedua.

Ada satu ciri khas yang ditonjolkan pada Pricebook Editorial Choice 2021 ini. Yakni pilihan rekomendasinya sangat didasarkan pada pilihan harga yang lebih terjangkau. Alasan ini diambil karena daya beli masyarakat masih mengalami penurunan.

4 Kategori Pricebook Editorial Choice

Ada empat kategori editorial choice yang dipilih untuk direkomendasikan untuk Anda. Keempatnya adalah smartphone, laptop, wearable device, dan brand.

Sebelum melihat produk dan brand apa saja yang menjadi pilihan dari Pricebook Editorial Choice kali ini, sebaiknya anda melihat indikator mengapa mereka berada pada posisi tersebut.

Untuk lebih jelasnya, silakan disimak secara detail.

Best Value Smartphone

Best Value Smartphone merupakan smartphone pilihan yang dirilis pada kurun waktu Januari-Oktober 2021. Smartphone ini merupakan hp terbaik dengan harga terjangkau yang menghadirkan keunggulan kualitas, desain, ketahanan, serta popularitas.

Pad akategori ini juga masih dibadi kedalam 4 kategori lagi, yakni Best Value Harga 1 jutaan, Best Value Smartphone Harga 2 jutaan, Best Value Smartphone Harga 3 jutaan, dan Best Value Smartphone High Performance.

Best Value Wearable Device

Best Valuable Wearable Device merupakan perangkat yang dipakai, seperti smartband dan smartwatch.

Wearable device yang masuk kedalam kategori ini merupakan rilisan Januari-Oktober 2021 dengan fitur yang lengkap, desain trendi, favorit di laman Pricebook, dan tentu saja terjangkau.

Best Value Laptop

Meskipun tak lagi berjaya karena dikalahkan smartphone beberapa tahun kebelakang, laptop tetap diminati untuk teman sekolah dan bekerja.

Pricebook juga memilih kategori Best Value Laptop ini dengan indikator rilisan Januari-Oktober 2021, dan harganya di kisaran Rp6-jutaan. Harga yang jadi level pemula untuk laptop.

Best Value Brand

Pada kategori Best Value Brand ini dipilih brand terbaik di industri yang terkait dengan gadget lainnya. Sehingga tersusunlah kategori turunan seperti Best Value SmartTV Brand, Best IoT, Best Value ISP, Best Smart Home, dan Price to Quality Brand.

Dari berbagai kategori diatas, Pricebook akhirnya memutuskan untuk memilih gadget terbaik guna menduduki posisi di Pricebook Editorial Choice 2021.

Inilah daftar perangkat yang menduduki posisi terbaik dalam Pricebook Editorial Choice 2021.

Best Value Smartphone

Seperti sudah disingggung diatas, kategori untuk Best Value Smartphone terbagi kedalam empat bagian, yakni Best Value – 1 Jutaan terbaik 2021, Best Value – 2 Jutaan terbaik 2021, Best Value – 3 Jutaan Terbaik 2021, dan Best Value – High Performance.

Berikut daftarnya masing-masing:

1. Best Value – 1 Jutaan Terbaik 2021: POCO M3

pricebook editorial choice 2021

Value for money yang dimiliki POCO M3 membawanya masuk kedalam pemuncak daftar Best Value – 1 Jutaan Terbaik 2021 dari Pricebook.

Hp 1 jutaan dengan performa yang ditopang oleh Snapdragon 662, RAM 4GB dan memori 64GB membuatnya gesit dalam menjalankan multitasking harian.

Ditambah lagi layarnya yang memiliki luas 6,53 inci dengan resolusi Full HD+ yang di-coating Gorilla Glass membuat Anda nyaman dalam menggunakan hp ini. Apalagi baterainya tergolong monster dengan kapasitas 6.000mAh.

2. Best Value – 2 Jutaan Terbaik 2021 : Infinix Note 10 Pro NFC

Best Value – 2 Jutaan Terbaik tahun ini jatuh pada hp Infinix Note 10 Pro NFC. Hp dengan layar seluas 6,95 inci, full HD+, dengan refresh rate 90Hz, ini diklaim nyaman untuk main game maupun menonton video.

Hp dengan harga Rp2 jutaan ini memang juara di kelasnya. Sebab dengan nominal harga sebesar itu, Anda bisa mendapatkan kamera 64MP, ultrawide 8MP, depth 2MP, dan mono 2MP.

Performanya juga ditopang oleh MediaTek G95 yang diproduksi khusus untuk gaming di kelas menengah. Apalagi ditambah dengan RAM 8GB dan memori 128GB.

Anda jangan khawatir juga untuk kebutuhan dayanya, sebab ada baterai 5.000mAh. Dan yang paling penting, sesuai dengan namanya, hp ini sudah memiliki fitur NFC buat mengisi saldo e-money Anda.

3. Best Value – 3 Jutaan Terbaik 2021: POCO X3 Pro

pricebook editorial choice 2021

POCO X3 Pro menjadi hp POCO kedua yang mendapat kategori terbaik di Pricebook Editorial Choice 2021 ini setelah Poco M3.

Alasannya sederhana, hp ini memiliki fitur yang nyaris flagship. Bahkan untuk hp sekelasnya, POCO X3 Pro jelas mampu mengungguli dan menjadi jawaranya. Ya, tentu untuk urusan value for money. Makanya Pricebook memilihnya.

Hp ini punya chipset Snapdragon 860, RAM 6GB memori 128GB atau RAM 8GB dan memori 256GB. Catu dayanya 5.160mAh dengan fast chargiong 33W. Kameranya juga jangan ditanya, sebab kamera utamanya 48MP, dan didukung juga oleh kamera 8MP, 2MP, serta 2MP.

4. Best Value – High Performance: Xiaomi 11T

Seolah tidak puas hanya mendudukkan POCO yang notabene anak usahanya, Xiaomi akhirnya bertengger juga di kategori Best Value – High Performance, yang tentu saja punya embel-embel best value for money.

Pricebook Editorial Choice 2021 memilih Xiaomi 11T untuk menduduki kategori ini. Sebabnya jelas, ditengok dari berbagai lini, hp ini menang banyak.

Anda bakal mendapatkan chipset MediaTek Dimensity 1200-Ultra dengan arsitektur 6nm yang mampu menembus kecepatan hingga 3GHz. Kemampuan chipset ini dalam meredam panas juga layak diacungi jempol.

Chipset kelas atas tersebut juga ditunjang dengan RAM 8GB serta memori 256GB. Baterainya 5.000mAh yang memiliki fitur fast charging 67W yang mampu mengisi daya hingga 100% dalam waktu 36 menit saja.

Best Value Laptop

pricebook editorial choice 2021

Kategori Best Value Laptop ini jatuh pada RedmiBook 15. Sebuah laptop pertama yang dirilis oleh Redmi dengan berbagai kecanggihan yang menawan di harganya yang hanya Rp6 jutaan saja.

Laptop ini dibekali dengan prosesor Intel Gen-11, layar 15,6 inci, RAM 8GB, dan SSD 256GB, sehingga membuatnya tangguh di kelasnya. Bahkan ketangguhan ini mampu diadu dengan laptop yang memiliki harga yang sama.

Best Value Wearable Device

Kategori Best Value Wearable Device ini dibagi tiga, yakni Best Value Smartwatch untuk smartwatch terbaik, Best Value Smartband untuk smartband terbaik, dan Best Value TWS untuk true-wireless terbaik.

1. Best Value Smartwatch: realme Watch 2 Pro

pricebook editorial choice 2021

Best Value Smartwatch pada Pricebook Editorial Choice kali ini jatuh pada realme Watch 2 Pro. Sebuah smartwatch yang memiliki berbagai fitur kesehatan dan unggul dari sisi harga dibanding produk sejenisnya.

realme Watch 2 Pro memiliki baterai dengan daya tahan hingga 14 hari serta GPS Satelit Ganda dengan tingkat presisi tinggi, yang menjadikannya mampu berada di posisi tinggi selain tentu saja harganya yang affordable.

2. Best Value Smartband: Mi Smart Band 6

pricebook editorial choice 2021

Mi Smart Band 6 menjadi smartband yang terbaik versi Pricebook bukan saja karena harganya yang terjangkau, namun smartband ini memang memiliki spesifikasi yang cukup lengkap.

Ada 30 pilihan mode olahraga yang dimiliki oleh Mi Smart Band 6 ini. Selain tentu saja fitur standar seperti penghitung langkah dan detak jantung. Smartband ini juga di-upgrade dengan fitur SpO2 yang bisa mengukur kadar oksigen dalam darah.

3. Best Value TWS: realme Buds Air 2

pricebook editorial choice 2021

realme Buds Air 2 memiliki fitur Bass Boost+ yang menghentak serta dilengkapi Active Noise Cancelling (ANC) dan Dual Mic Noise Cancelling yang berguna banget buat beraktivitas.

Hal itulah yang menjadi pertimbangan Pricebook untuk memosisikan realme Air Buds 2 dalam Best value TWS. Ditambah lagi masa pakai baterainya selama 25 jam dan segala keunggulan lainnya.

Pricebook Editorial Choice 2021 Kategori Brand

Ada lima kategori untuk Best Value Brand yang sudah dipilih Pricebook untuk rekomendasi Anda dalam memilih kebutuhan masing-masing.

Berikut pembagian kategori untuk Best Value Brand:

1. Best Value SmartTV Brand: TCL

Pencapaian TCL dalam industri televisi pintar lumayan gesit untuk tahun ini. Bahkan pabrikan asal China ini sudah hadir sebagai sponsor untuk berbagai ajang internasional bergengsi. Itulah kenapa Pricebook memilihnya sebagai brand terbaik tahun ini untuk Best Value SmartTV Brand.

Pengalaman TCL dalam memproduksi layar kaca juga sudah terbukti sejak 2008. Hingga akhirnya zaman smart TV, pabrikan ini membuat beragam jenis TV mulai dari DTV, ATV, FHD TV, HDTV, Android TV, 4K UHD TV, sampai 8K OLED TV yang menjadi unggulan mereka.

2. Price to Quality Brand: realme

Kategori Price to Quality Brand jatuh pada realme. Pricebook menganggap brand ini sangat aktif dalam merilis smartphone dan produk ekosistem IoT mereka di Indonesia sepanjang tahun 2021.

Popularitas realme juga bukan cuma karena mereka sering merilis smartphone, namun produk-produk yang mereka rilis juga memiliki keunggulan di kelasnya, namun dengan harga yang lebih terjangkau.

3. Best IoT Brand: Samsung

pricebook editorial choice 2021

Kategori untuk Best IoT Brand pada Pricebook Editorial Choice 2021 jatuh pada Samsung. pabrikan asal Korea ini dianggap memiliki ekosistem yang sangat lengkap. Ada smartphone flagship, smartwatch, kamera, TV, hingga perlengkapan rumah tangga yang terhubung satu sama lain.

Samsung juga punya Samsung SmartThings yang mampu mengoneksikan setiap perangkat dalam satu aplikasi saja. Bahkan perangkat kelas menengah hingga kelas entri bisa mengaksesnya secara penuh.

4. Smart Home Solution: Bardi

Agaknya pemilihan Pricebook terhadap Bardi sudah banyak ditebak. Sebabnya brand yang satu ini hadir untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan kualifikasi perangkat pintar yang terhubung satu sama lainnya.

Konektivitas perangkat Bardi juga mudah dihubungkan dengan Google Home, Alexa, Siri, hingga SmartThings milik Samsung. Bardi Smart Home juga menawarkan fitur otomatisasi menyeluruh untuk semua produknya.

5. Affordable Data Package: Tri

pricebook editorial choice 2021

Sampai saat ini, top of mind pengguna paket data menganggap Tri menjadi penyedia paket data internet yang paling murah. Dan anggapan itu benar adanya. Itulah kenapa Pricebook menacatatkannya dalam Affordable Data Package.

Paket data Tri juga cukup lengkap. Ada paket data untuk gaming hingga media sosial yang hadir dengan harga yang sangat terjangkau.

Itulah tadi daftar penerima Pricebook Editorial Choice 2021. Pemilihan tersebut memang tak lepas dari setuju maupun tidak setuju berbagai pihak. Namun hal tersebut sudah didasari atas berbagai pertimbangan yang cukup objektif dari Pricebook.