Perbedaan Google Hangouts dan Google Meet yang Wajib Diketahui

1
perbedaan google hangouts dan google meet

Pandemi COVID-19 mungkin belum berakhir, namun pemerintah mulai memberikan relaksasi terhadap kebijakan pembatasan sosial. Meski begitu banyak orang tetap memilih di rumah saja dan memanfaatkan aplikasi rapat online untuk bekerja dan bertemu kolega.

Banyak aplikasi rapat online yang berbenah. Saat Zoom begitu populer, Google pun memperbaiki layanannya dengan cara meningkatkan fitur beberapa aplikasi yang sejenis. Namun orang-orang kerap bingung dengan dua aplikasi rapat online Google. Ada Google Hangouts dan adapula Google Meet. Lantas bedanya apa?

Google Hangouts

perbedaan google hangouts dan google meet

Google Hangouts merupakan aplikasi perpesanan video yang bisa memuat peserta hingga 10 orang. Aplikasi ini cocok buat obrolan keluarga dekat dan lingkaran pertemanan. Obrolan santai dengan tema-tema ringan banyak memakai Hangouts.

Google Hangouts bisa dipakai melalui akun Gmail Anda, baik lewat ioS, Android, maupun ekstensi Chrome di Windows dan MacOS. Untuk pengguna Gmail di ponsel, Anda bisa menemukannya di sisi kiri pada deretan inbox dan seterusnya.

Untuk pengguna Chrome bisa memakai ekstensi atau langsung membuka Hangouts lewat tautan hangouts.google.com.

Secara teknis, untuk melakukan panggilan video, Hangouts memiliki cara pengoperasian yang sama. Anda hanya perlu membuka dan aplikasi atau tautan diaas kemudian klik simbol +. Masukkan nama atau email kontak Anda, kemudian klik ikon kamera untuk memulai panggilan video.

Buat Anda yang terbiasa dengan tampilan massal, atau tampilan keseluruhan peserta percakapan, rasanya Google Hangouts tidak ramah buat Anda. Di aplikasi ini hanya mereka yang sedang berbicara saja yang akan ditampilkan di layar.

Google Meet

perbedaan google hangouts dan google meet

Google Meet lebih cocok buat penggunaan korporasi. Sebab aplikasi ini bisa menampung hingga 100 peserta dalam sekali panggilan video.

Fitur-fiturnya juga lebih banyak dibandingkan Google Hangouts. Anda bisa menjadwal rapat dan membagikannya dengan orang-orang yang memiliki tautan rapat, enkripsi, kontrol host, berbagi layar, dan teks real-time.

Sebelum 30 September 2020, Google Meet bisa dipakai secara bebas tanpa durasi waktu. Namun setelahnya Anda hanya diperbolehkan memakai Google Meet selama 60 menit saja. Jika membutuhkan durasi yang lebih dari itu, silakan berlangganan.

Demikian perbedaan Google Hangouts dan Google Meet. Meski sama-sama produk dari Google dan fungsinya hampir sama, namun keduanya berbeda segmen dan penggunaan.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here