Perbandingan Zoom dengan Google Meet, Mana yang Lebih Baik?

1
perbandingan zoom dengan google meet

Zoom saat ini cukup populer. Ia berhasil menggeser berbagai platform sejenis. Namun yang lain juga tak mau tinggal diam. Salah satunya Google dengan Google Meets. Lantas bagaimana perbandingan Zoom dengan Google Meet? Yang manakah yang mesti Anda pakai untuk work from home ini?

Mengenal Zoom

perbandingan zoom dengan google meet

Zoom sedang bersinar. Penggunanya melonjak cukup signifikan saat pandemi ini. Banyak orang melakukan pekerjaan mereka dari rumah memakai aplikasi ini.

Meski sempat dihadang masalah keamanan dan privasi, Zoom tetap masih dipercaya penggunanya untuk melakukan rapat secara online.

Zoom bisa berjalan di lintas platform, baik Linux, Mac, apalagi Windows. Aksesibilitas Zoom ini termasuk bisa dijalankan di ponsel pintar, sehingga dianggap cukup portabel meski dibatasi oleh tampilan. Secara umum tampilannya rapi dan tombol-tombolnya mudah ditemukan dalam satu tayangan. Mungkin ini yang membuat banyak orang suka dengan aplikasi ini.

Seperti halnya aplikasi lainnya, Zoom juga bisa menampilkan file presentasi yang bisa dikirim ke semua peserta rapat. Mereka bakal mendapatkan notifikasi ketika file tersebut berhasil dikirim.

Zoom bisa didapatkan secara gratis sejak pertama kali dirilis. Namun rapat melalui Zoom gratis ini hanya dibatasi untuk 40 menit saja. Anda juga tidak diperkenankan untuk merekam percakapan atau menyimpan file rapat. Fitur itu hanya bisa diakses oleh pelanggan premium. Namun Anda tetap bisa menampung hingga 100 peserta meskipun dengan akun gratis.

Untuk mereka yang membutuhkan aplikasi Zoom berbayar, biayanya bisa dimulai dengan $14 per host. Banyak fitur-fitur menarik seperti mendapatkan penyimpanan cloud 1 GB, merekam rapat, dan menampung peserta hingga 500 orang.

Mengenal Google Meet

perbandingan zoom dengan google meet

Google Meet merupakan aplikasi percakapan online yang dibuat oleh Google. Aplikasi ini pada mulanya hanya buat mereka yang terdaftar di G Suite, sebuah program premium dari Google.

Setiap admin yang memulai rapat bisa mendapatkan ID rapat khusus yang bisa dipakai berulang kali. Satu admin bisa menjalankan beberapa rapat sekaligus dalam satu waktu. Cukup praktis dan hemat waktu, cocok untuk operator sekolah atau admin IT perusahaan yang perlu mengatur rapat antar bagian dalam perusahaan tersebut.

Dari segi tampilan, Google Meet sedikit tidak teratur. Agak janggal dibandingkan kebiasaan Google yang kerap mendesain sesuatu dengan sesimpel mungkin dan tak banyak pernak-perniknya. Namun enaknya Google Meet, semua orang bisa tampil dalam satu waktu. Orang yang sedang berbicara bakal disorot dengan simbol speaker di videonya.

Untuk berbagi dokumen, Google Meet sangat mudah. Layar yang Anda tampilkan di Google Meet bisa diubah menjadi layar presentasi untuk menampilkan file yang perlu ditampilkan dalam semua rapat. File tersebut kemudian bisa dikirim melalui Google Drive.

Saat ini Google Meet sudah bisa diakses secara gratis oleh semua orang yang memiliki akun Google. Namun sampai akhir September 2020, bakal dibatasi hingga durasi 60 menit saja. Hal ini tentu cukup untuk sekadar melakukan rapat koordinasi singkat.

Untuk mendapatkan akses penuh seperti biasa, tentu saja Anda mesti membayar $6 per orang per bulan untuk mendapatkan akun G Suite. Anda bisa mengundang hingga 250 orang dan mendapatkan banyak tambahan aplikasi, yang salah satunya penyimpanan cloud tanpa batas.

Kesimpulan

Zoom dan Google Meet sebetulnya memiliki fitur yang hampir sama. Sebab keduanya memang dibuat untuk memudahkan para pelaku work from home, freelancer, atau siapapun yang memang memerlukan komunikasi video dengan banyak orang.

Zoom memerlukan biaya tambahan ketika seseorang bergabung dalam rapat lewat telepon. Ia tak masuk kedalam bagan video. Hal ini berbeda dengan Google Meet yang menggratiskan fitur ini. Jadi soal biaya, Google Meet lebih hemat.

Apalagi secara biaya, ketika Anda mendaftar ke Google Meet, Anda bukan hanya mendapatkan aplikasi tersebut semata namun keseluruhan G Suite yang sangat menunjang bisnis.

Kelebihan Zoom aadalah pengaturan ruang rapat yang lebih baik daripada Google Meet. Ia mudah diintegrasikan kedalam berbagai peralatan konferensi. Apalagi jumlah pesertanya bisa memuat sampai 500 orang.

Perbandingan Zoom dengan Google Meet cukup adil. Meski begitu, Anda bakal memilih yang mana? Anda memang dihadapkan pada fitur banyak tapi biayanya lebih besar. Atau Anda membutuhkan dukungan aplikasi lain daripada semata aplikasi rapat online? Selamat memilih.

Keterangan Singkat

KeteranganGoogle MeetZoom
BiayaMulai $6 perbulan$15 perbulan
Peserta maksimal250 orang500 orang
Layar yang bisa dibagi
Terhubung ke peralatan konferensi lain
Panggilan saat rapatGratisMulai dari $100/bulan
Integrasi emailGmail, OutlookOutlook

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here